vasilisiusAvatar border
TS
vasilisius
7 Tanda Kadar Gula Darah Anda Tinggi


Spoiler for bukti no repost:



Kadar gula darah merupakan jumlah gula darah yang diproduksi oleh tubuh. Kadar gula darah dikatakan tinggi jika melebihi angka 200 mg/dL. Kadar gula darah yang tinggi melampaui batas normal dapat meningkatkan resiko diabetes dan komplikasi penyakit berat seperti penyakit jantung, ginjal hingga kanker. Oleh karena itu, kadar gula darah harus selalu dikontrol agar tidak melebihi batas normal.



Kadar gula darah dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan diri ke dokter atau dengan menggunakan alat yang dapat Anda gunakan sendiri. Dengan mengetahui berapa kadar gula darah Anda, maka resiko kadar gula darah tinggi dapat ditekan. Selain itu, kadar gula darah tinggi dapat juga diketahui dari beberapa tanda yang menyertainya.

Berikut ini 7 tanda kadar gula darah Anda tinggi.



1. Sering Buang Air Kecil



Kadar gula darah yang tinggi bisa ditandai dengan seringnya buang air kecil. Hal ini dikarenakan ginjal berperan aktif dalam menyingkirkan kelebihan glukosa dalam darah. Bahkan, sering buang air kecil dapat terjadi meskipun kandung kemih dalam keadaan kosong.

2. Sering Haus




Rasa sering harus ini merupakan respon akibat seringnya buang air kecil. Tubuh yang kehilangan cairan akan memberikan respon haus untuk mengisi cairan. Selain itu, rasa sering haus juga bisa disebabkan oleh adanya glukosa dalam air liur. Jika Anda tidak segera merespon rasa haus dengan minum maka dapat berakibat pada dehidrasi.

3. Sering Lapar




Rasa sering lapar bisa menjadi tanda kadar gula darah tinggi. Hal ini dikarenakan gula tidak dapat masuk ke dalam sel untuk digunakan dalam proses metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan memberikan sinyal untuk makan guna memenuhi glukosa dalam sel.

4. Berat Badan Menurun




Tanda kadar gula darah tinggi selanjutnya adalah berat badan yang menurun. Hal ini dikarenakan hormon insulin tidak mampu mengirim glukosa ke dalam sel sebagai energi. Akibatnya, tubuh memecah protein dari otot sebagai sumber energi alternatif. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka Anda akan sering lapar, sering makan namun berat badan menurun.

5. Penglihatan Berkurang




Penglihatan akan menjadi berkurang karena kadar glukosa yang tinggi dapat mengubah bentuk lensa mata. Akibatnya, lensa mengalami penurunan kemampuan fokus pada cahaya sehingga penglihatan menjadi kabur. Namun, tanda ini bersifat sementara. Artinya dapat kembali normal jika kadar gula darah kembali normal.

6. Kesemutan Hingga Mati Rasa




Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak saraf sehingga menimbulkan rasa sakit seperti terbakar atau bengkak. Bahkan, jika kondisi ini tidak segera diatasi dengan menurunkan kadar gula darah maka dapat menyebabkan mati rasa hingga kerusakan saraf permanen.

7. Mood Terganggu




Mood juga dapat dipengaruhi oleh tingginya gula darah. Gula darah tinggi dapat menyebabkan seseorang susah berkonsentrasi. Selain itu, gula darah tinggi juga dapat menyebabkan tubuh mendadak lesu dan lelah. Akibatnya, mood akan terganggu dan tidak stabil.

Kadar gula darah tinggi memang harus dilihat dengan melakukan pemeriksaan. Jika Anda biasa merasakan 7 tanda diatas maka sebaiknya segera cek kadar gula darah Anda untuk memastikannya. Dengan demikian Anda dapat mengantisipasi dan menurunkan kadar gula darah Anda dalam batas normal.


---

Hati-hati gan buat kawula muda, biasakanlah jaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan minum menghindari manis berlebihan atau kelak ente semua bisa kena diabetes dan gagal ginjal seperti yang dialamin ama emak ane gan emoticon-Berduka (S)

Sumber thread ane gan

Sumber gambar thread ane gan

Click untuk rekomendasi thread ane jadi hot thread jika menarik gan

0
123.5K
768
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.