Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DonboyZAvatar border
TS
DonboyZ
Management Trainee PT. Matahari Putra Prima , Tbk
Halo agan2 sekalian! Selamat datang di thread pertama ane! Ane ingin membagikan seputar informasi buat agan dan aganwati jobseeker tentang program management trainee di sebuah perusahaan retail bernama PT. Matahari Putra Prima Tbk . Semoga gak emoticon-Repost (S) dan Semoga bermanfaat info dari ane! Cekidot!emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Malu (S)

INTRODUCTION
PT. Matahari Putra Prima , Tbk adalah sebuah perusahaan retail dari Lippo Group yang pasti agan-agan sekalian udah banyak tahu. Brand dari PT. Matahari Putra Prima, Tbk adalah Supermarket contohnya Hypermart, Boston, dan Foodmart. Perusahaan ini bergerak di bidang supermarket atau lebih hangat dikatakan RETAIL.
Baru-baru ini perusahaan ini membuka lowongan untuk para fresh graduate sebagai management trainee. Perusahaan retail memang membutuhkan banyak kandidat sebagai leader di store karena toko mereka tersebar diseluruh indonesia. Program management trainee yang dibuat oleh PT. Matahari Putra Prima, Tbk adalah program pelatihan in class dan OJT (On The Job Training) selama 1 sampai 1.5 tahun untuk menjadi minimal seorang Division Manager dari store tersebut dan maksimal menjadi GM Store. Selama 2 minggu pertama, kandidat MT akan mempelajari mengenai seluk beluk perusahaan dan materi perusahaan retail dikelas kemudian baru dilanjutkan dengan OJT ke store di JABODETABEK. Setelah melaksanakan OJT di store di JABODETABEK maka kandidat MT akan disebar ke luar pulau jawa sesuai dengan kebutuhan perusahaan mereka dan tidak bisa memilih mau di tempatin dimana. Penempatan tersebut selama 3 bulan dan setelah 3 bulan maka kandidat MT akan langsung kembali ke Jakarta untuk dilakukan assesment test.
Ada 3 nilai untuk assessment test tersebut yaitu A, B dan C dengan benefit yang berbeda-beda.
A = Nilai terbaik yang dapat diperoleh kandidat MT. Setelah 1 tahun gajinya akan menjadi 12,5 Juta dan tidak perlu menjalani program pelatihan kembali selama 1 semester dan langsung ditempatkan menjadi Store GM dengan masih OJT tentunya. Bonus yang diperoleh adalah 6-7 x gaji dibayarkan 30% pada tahun ke-2 join dan 70% pada tahun ke-3 join.
B = Nilai sedang yang dapat diperoleh kandidat MT. Setelah 1.5 tahun gajinya akan menjadi 10 Juta tetapi harus masih menjalani program pelatihan selama 1 semester lagi. Setelah selesai akan ditempatkan menjadi Division manager (1 tingkat dibawah Store GM) dengan bonus yang diperoleh 3-4x gaji dengan ketentuan sama dengan yang dapat nilai A
C = Nilai terburuk yang dapat diperoleh kandidat MT. Setelah 1.5 tahun gajinya akan menjadi 7.5 Juta dengan training selama 1.5 tahun.

Gaji awal untuk management trainee ini adalah Rp 7.000.000 untuk S1 dan Rp 8.500.000 untuk S2 (Bukan bermaksud spoiler tetapi memang ada di jobstreet) dengan potongan BPJS dan Jamsostek dari 5% ditanggung perusahaan 4.5% sisanya ditanggung kita. Penempatan diluar pulau juga akan mendapat bantuan kost tapi nominalnya saya tidak tahu gan tergantung daerah menurut ane.

Secara keseluruhan ada 3 tahapan untuk testnya.
1. Psikotest
Seperti biasa, psikotest selalu dilakukan sebagai gerbang awal memasuki sebuah perusahaannya. Testnya antara lain, test bahasa indonesia, advanced raven, test koran (tapi yang pindah kesamping bukan garis), deret angka, PAPI Kostick. Tentunya tidak ada yang perlu dibahas lagi soal psikotest ini.

2. Presentasi diri
Presentasi diri ini kita harus mempresentasikan mengenai diri kita di depan direktur,hrd dan teman-teman yang berada bersama kita di satu ruangan tersebut. Presentasi ini cuma sebentar hanya memberikan informasi mengenai nama lengkap, pendidikan terakhir, 2 kelemahan dan kelebihan, prestasi yang paling membanggakan, dan kemampuan bahasa inggris (1-10)

3. Panel Presentasi
Setelah lolos dari 2 tahap diatas, anda akan diberikan waktu kurang lebih 2 minggu untuk melakukan observasi ke store tanpa perlu melakukan wawancara kepada petugas disana ataupun survey kuisioner dan lain-lain. Anda harus membuat sebuah presentasi mengenai SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) analysis dalam bahasa inggris. Presentasinya di depan 3 orang tentunya para direktur. 2 orang dari Indonesia dan 1 lagi asli luar negeri jadi harus pakai inggris. Presentasi hanya 15 menit saja maksimum 4 slide.

Oke, saya pikir itu semuanya yang saya kurang lebih tahu tentang program MT nya. Sekedar info gan, Program MT ini yang biasanya tahan ijasah bertahun-tahun dan kena denda, tetapi di PT. MPP ini tidak ada tahan ijasah atau ikatan dinas jadi ya "You're free to go anytime" hanya gentle agreement saja di awal. Untuk gaji juga bisa dibilang hampir 2x lipat dari MT retail perusahaan lainnya.

Oke, ane share sedikit mengenai pengalaman ane selama mengikuti seleksi di perusahaan ini ya. Singkat cerita ane murni fresh graduate dan ane baru lulus tahun 2015, ane akhirnya melamar melalui Jobstreet.com ke perusahaan ini dan akhirnya mendapat panggilan untuk psikotest. Psikotest saya laksanakan hari senin dan hari kamisnya sore jam 5 langsung ditelepon untuk presentasi diri hari jumatnya jam 10 siang. Hari senin depannya langsung diberitahu bahwa ane lolos dan langsung disuruh bikin panel presentasi itu untuk dipresentasikan setelah lebaran! jadi ane ada waktu 2 minggu untuk observasi.
Semua berjalan lancar gan hingga pada saat ane presentasi, cukup sebentar presentasi menggunakan bahasa inggris, boleh campur indonesia sih tapi karena ane keterusan jadi ngomong inggris terus emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Setelah presentasi hasilnya bisa dibilang negatif gan karena pada bingung sama presentasi ane. Presentasi ane menggunakan metode presentasi yang gambar semua tanpa ada tulisan 1 pun. Kemudian juga ada feedback materinya kurang dalam.emoticon-Bingung (S) emoticon-Cape d... (S)
Yah itulah yang membuat ane bingung karena observasinya hanya bisa berada di store aja tanpa bisa melakukan wawancara ataupun menanyakan hal-hal lain sehingga yang ane buat jadi asumsi doang tanpa tahu sebenarnya akar masalahnya apa.emoticon-Cape d... (S)

Setelah selesai presentasi, ane dikasih tahu bahwa nanti hari senin dikabarin hasilnya gimana, tapi waktu itu selama seminggu lebih ane masih kontek-kontekan dengan kandidat yang lain tetap belum ada yang menerima kabar. Hari ini sudah lebih dari 1 bulan sejak presentasi tersebut dan ane masih belum dapat kabar emoticon-Cek PM (S) dan ane juga gak nanya sih ke mereka apakah ada yang sudah dikabarin atau belum. Mungkin ane tidak lolos emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

Ada suka dan duka yang ane sadari saat akan nantinya bekerja di retail yang mungkin bisa jadi pertimbangan teman-teman sekalian yang membaca thread ini!
Duka :
Ditempatkan jauh diluar pulau, ada yang sampai di Papua sehingga jauh dari keluarga . Kerja 7 hari selama seminggu dan tidak boleh OFF ketika hari raya. Ya iya gan kan hari raya toko lagi rame-ramenya masa jadi leader minta libur. gimana bawahan ente nanti emoticon-Bingung (S)
Libur hanya boleh di hari biasa yang sepi pelanggan dan digilir. Harus bersedia bekerja shift harus siap bangun pagi dan jika ada midnight sale harus siap pulang subuh (jam 2) emoticon-Takut (S) Tapi sekali lagi itu bergantung pada diri anda masing-masing. Apabila udah terbiasa merantau mungkin keluar pulau tidak jadi masalah, atau bagi yang workaholic kerja 7 hari seminggu harusnya juga tidak menjadi banyak masalah malah mendapatkan uang lebih.
Suka :
Tidak tahan ijasah. Gaji sangat besar. Perusahaan mana yang berani gaji 12.5 juta untuk FG dalam 1 tahun selain Oil and gas ya. Bisa liburan dan berkunjung keluar pulau secara gratis karena akomodasi dibayarin perusahaan. Pesawat ke papua aja berapa juta gan. Sabi juga pasti bisa menikmati indahnya alam indonesia yang jangan hanya pulau jawa saja yang kita fokuskan. Indonesia tidak hanya di pulau jawa. Tapi ya itu liburnya hanya bisa hari biasa jadi jalan2 juga hari biasa gan. Menurut ane, jika agan-agan ingin berkarir di bidang retail ini adalah perusahaan yang paling tepat dibandingkan dengan perusahaan saingannya.

Yah kurang lebih itu gan yang ane bisa sampaikan semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian yang nantinya akan bergabung. Menurut ane masih ada waktu jika agan dan aganwati ingin bergabung karena kelas Batch 3 akan dimulai pada tanggal 5 oktober 2015 nanti dengan kapasitas 25 sampai 30 orang.
Jika ada peserta MT batch sebelumnya yang mungkin mau berbagi cerita juga boleh!
Sekian info dari ane! Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dari ane emoticon-Malu (S)
Kalau berkenan boleh kasih ane emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
Mohon jangan di emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)
Diubah oleh DonboyZ 26-08-2015 06:24
nona212
nona212 memberi reputasi
1
17.9K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.