Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bmxzzAvatar border
TS
bmxzz
Cerita Legenda dari Belitung
emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller

BELITUNGis "My Island"

emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia





SORE GAN!!!!


emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul



Kali ini saya akan berbagi cerita sedikit sejarah kuno masyarakat belitung


emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool


Tau belitung kan gan .. itu lo negeri laskar pelangi

emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller


emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul


lansung aja ya gan emoticon-Ngacirngacir

ni ceritanya !!!!

LIMPAI SI BABI RAKSASA PENGUASA TIKUNGAN "GENTING APIT" BELITUNG


Genting Apit. Genting Apit merupakan sebuah bukit yang dibelah oleh jalan untuk menuju ke Kota Manggar dari Kota Tanjungpandan dan sebaliknya. Area ini dinamakan Jalan Tengah! Genting Apit merupakan jalan dengan tikungan berbahaya yang dibuat dengan membentuk seperti huruf “S”! Genting Apit ini bisa anda temukan saat anda sudah setengah perjalanan menuju Kota Manggar dari Kota Tanjungpanan. Area ini juga dinamai Hutan Genting Apit.


ilustrasi limpai



Genting Apit sangat terkenal sekali di Belitung. Bukan hanya dikenal dengan tikungan mautnya, namun juga terkenal dengan segala keangkerannya.

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut


Masyarakat Belitung sepakat mengatakan bahwa Genting Apit adalah salah satu tempat berbahaya, angker serta misterius yang ada di Belitung, Negeri Laskar Pelangi.


TIKUNGAN GENTING APIT


Sudah tidak terhitung jumlah kecelakaan yang berujung maut pada tikungan Genting Apit ini. Sedangkan menurut beberapa kesaksian mata yang selamat dari kematian akibat kecelakaan tersebut, mereka mengatakan konsentrasi berkendara tiba-tiba buyar karena melihat sosok anomali penampakan mahluk adikodrati. Sejatinya, tikungan genting Apit ini memang sangat berbahaya, karena siapa pun yang berkendara disana, tidak bisa langsung melihat kendaran yang ada dihadapannya karena tikungan seperti yang sudah saya katakan diatas, membentuk huruf “S”!

Anomali penampakan mahluk adikodrati yang sering dilihat oleh orang-orang yang melewati tikungan maut nan angker Genting Apit adalah mahluk sejenis babi yang besarnya bisa melebihi seekor kerbau. Bagi masyarakat Belitung, mahluk adikodrati ini disebut dengan nama LIMPAI! Limpai ini, kalau muncul sering berkelompok. Pertanda kemunculan Limpai ini selalu dimulai dengan tiupan angin kencang atau angin ribut yang ganjil atau agin ribut yang tidak lazim dari biasanya.


Bukannya tidak ada rute lain, akan tetapi rute ini merupakan akses paling dekat jika kita ingin bolak balik Manggar – Tanjungpandan dan sebaliknya.

ada yang berkata bahwa : “kalau bisa, saya tidak ingin lagi melewati Genting Apit”. Dia memberikan alasan bahwa saat melewati Genting Apit, tiba-tiba melintas dihadapannya seekor kera besar berbulu emas! Wajar saja dia mengatakan demikian karena di belahan manapun di bumi ini tidak ada kera besar yang memiliki bulu berwarna emas.

Itu adalah salah satu kisah keangkeran, mautnya serta misteriusnya Genting Apit Belitung diantara sekian banyak kisah lainnya tentang Genting Apit.

(WARNING! CUKUP ANDA MENGETAHUI, JANGAN PERCAYA 100%, DAN JANGAN SAMPAI ANDA BERSENTUHAN DENGAN DUNIA INI! SANGAT BERBAHAYA BAGI DUNIA - AKHIRAT!)


Dan LIMPAI – perujudan dari mahluk adikodrati yang berbentuk Babi. Namun sebenarnya masih ada sosok lain yang tidak bisa dilepaskan dengan area Genting Apit ini. Dan sosok itu oleh masyarakat Belitong terkenal dengan nama “Kik Cuan” (dalam bahasa melayu belitong kata “Kik” artinya adalah ‘Kakek’, dengan kata lain Kik Cuan artinya Kek Cuan).

Siapa pun yang melewati Genting Apit ini, mereka percaya akan dilindungi oleh Kik Cuan, karena para mahluk gaib takut tatkala mendengar nama Kik Cuan ini.

Siapa sebenarnya Kik Cuan ini?

Zaman dulu, ada perujudan dari Jin Babi yang sering mengganggu perjalanan orang-orang yang sering melewati Genting Apit. Jin Babi ini sering menyemprotkan asap beracun sehingga menyebabkan gangguan malfungsi. Siapapun yang mernghirup asap beracun dari Jin Babi ini, akan menjadi marah dan hilang ingatan. Orang-orang menyebut Jin Babi ini dengan nama Limpai!

Dikarenakan banyak sudah orang-orang yang menjadi korban dari Jin Babi Limpai ini, sampai juga ke telinga Kik Cuan yang merupakan orang tua sakti. Nurani Kik Cuan terpanggil untuk menghabisi Limpai ini agar tidak lagi terjadi jatuh korban akibat ulah Limpai nakal tersebut. Namun bukan sebuah pekerjaan mudah bagi Kik Cuan dalam menghabisi Limpai ini, karena Limpai ini sangat pintar dan berbeda dari yang kebanyakan. Disamping itu, Limpai ini bisa mengubah bentuk menjadi setengah binatang dan setengah manusia serta meningkatkan ukuran tubuhnya hingga memiliki ketinggian beberapa meter.

Suatu malam, ketika purnama dan bersinar terang, membuat gunung, hutan dan lembah jelas terlihat. Limpai, sang Jin Babi bersembunyi di pojok gelap menunggu korbannya. Setengah jam kemudian, ia melihat seorang pria berjalan perlahan ke tempat persembunyiannya. Jin Babi agak heran bahwa orang tua tidak menunjukkan rasa takut sama sekali, mungkin dia tidak menyadari bahaya itu mendekati ke arahnya.

Tiba-tiba, Jin Babi Limpai ini menghalangi jalan orang tua itu. Dia berkata: "Hai, orang tua! Apa kau tidak tahu bahwa kau tidak terlalu jauh dari pintu neraka?" Orang tua itu yang bukan lain adalah Kik Cuan menjawab: "Hai, babi gila! Minggir dan jangan mengghalangi jalan saya, kalau tidak saya akan menghajar kau dengan beberapa tinju, jika tidak maka kau akan menyesali dari perbuatan konyolmu ini" Jin Babi Limpai lalu berkata dengan marah: "Ggrrrrr…. orang tua seperti kau tidak sepadan dengan mahluk sakti seperti saya! Kakek tua, apakah kau tidak sadar bahwa sebentar lagi kau akan aku makan?"

Karena keduanya sama-sama ngotot, maka terjadilah sebuah pertarungan yang mengerikan.

Pertarungan yang dimulai dari tengah malam dan berakhir saat fajar menyingsing, dan Kik Cuan akhirnya berhasil memenangkan pertarungan. Menurut cerita, senjata Kik Cuan melawan Limpai adalah Urak, benda tajam yang bentuknya seperti obeng. Limpai - Jin Babi kemudian melarikan diri ke hutan untuk menyembunyikan dirinya di tempat yang aman. Ratusan warga desa yang dipimpin oleh Kik Cuan pergi ke hutan untuk mencari Limpai. Mereka membunuh setiap babi hutan mereka melihat, karena mereka tidak yakin apakah itu Limpai atau bukan. Namun, mereka gagal untuk menemukan Limpai yang asli dan sejak itu penduduk mulai berburu babi hutan di hutan setiap malam.

Sekarang ini, babi hutan masih bisa ditemukan di Pulau Belitung bahkan masyarakat Belitung telah memburu Babi ini selama berabad-abad.

sumber : (kodzan.blogspot.com)

Tambahan Video Nya Gan "Jejak Misterius Trans7"

Spoiler for Video jejak Misterius :



Spoiler for pantai tanjung tinggi gan:



emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Diubah oleh bmxzz 28-10-2015 20:59
nona212
demontaik
demontaik dan nona212 memberi reputasi
2
11.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.