Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dindadetozAvatar border
TS
dindadetoz
5 Cara Efektif Supaya Kuota Internet Tidak Cepat Habis


Bukan hal baru jika kita bangun di pagi hari, kemudian misuh-misuh karena kuota internet yang semalam masih ada, ternyata sudah habis tersedot entah kemana. Menggunakan gadget pintar terkadang memang terlalu pintar, sehingga mereka bisa meng-update diri sendiri, atau berselancar sendiri pada saat kita tidur nyenyak. Hal ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Terkadang memang harus menyelam ke dalam folder-folder menu pintar dalam tablet atau ponsel pintar kamu, agar kuota internet dapat dinikmati byte demi byte-nya. Berikut adalah 5 tips untuk melakukan hal ini:

Hapus

Banyak aplikasi default yang karena terlihat lucu atau tidak penting, tidak kita hapus tapi kita benamkan ke dalam folder. Tanpa sepengetahuan kita, mereka terus meng-update diri tanpa kita sadari. Coba lihat aplikasi weather atau stock di ponsel kamu. Kecuali kita memang membutuhkan ramalan cuaca setiap waktu, jika memang tidak dipakai, ada baiknya aplikasi ini dibuang saja.

Non-aktifkan

Apabila aplikasi tersebut kadang-kadang masih dibutuhkan, biasanya ada opsi menonaktifkan update-nya. Hal ini berlaku juga untuk skala yang lebih besar: auto update di Google Play, background App Refresh di iOS, dan auto sync. Untuk iOS 7 dan Android 4 ke atas, kita dapat memilih aplikasi mana saja yang mendapat perlakuan ini. Tapi tidak semua orang tahu dan cukup rajin memilih satu per satu, dari menu mana yang aktif dan mana yang tidak. Tapi kalau cukup rajin mengecek, biasanya akan menjadi lebih hemat kuota.

Monitor paket data

Ada banyak aplikasi yang bisa memantau pemakaian internet kita. Android bahkan memiliki “in house” jasa pengingat tetang pemakaian kuota. Sedikit disiplin mengecek dan memanfaatkan aplikasi seperti My Data Manager atau Data Usage. Setidaknya kita akan mendapat peringatan, pada saat pemakaian terjadi di luar sepengetahuan kita.

Un-push

Fasilitas push email memang sangat dibutuhkan untuk kamu yang menggantungkan komunikasi dengan orang lain melalui surat elektronik. Dengan fasilitas ini, email yang masuk akan terunduh, atau ter-preview secara otomatis realtime. Tapi perlu diketahui juga bahwa pada umumnya ada banyak sekali spam email yang berseliweran di dunia maya, yang terkadang membawa attachment yang cukup besar. Pada saat-saat tertentu, istirahatkan lah push email-mu, atau minimal diatur dengan interval.

Flight mode is a safe mode

Jika keadaan tidak genting atau sedang menanti kabar penting, aktifkan flight mode pada saat bermain game atau membuka aplikasi apapun yang bisa dinikmati secara offline. Hal ini akan meniadakan iklan banner yang mengganggu, serta mencegah aplikasi tersebut menyedot kuota untuk hal-hal yang bahkan kita tidak inginkan: download extra expansion, data player lain, dan lain-lain. (AM)

Sumber
0
1.2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Internet Service & Networking
Internet Service & NetworkingKASKUS Official
21.3KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.