Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kimagureAvatar border
TS
kimagure
Habiskan Rp36 Triliun, Amerika Belum Mampu Kalahkan ISIS


Al Ghuroba News
Amerika Serikat (AS) telah menghabiskan dana lebih dari US$2,7 miliar atau sekitar Rp36 triliun selama perang dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sejak Agustus tahun lalu. Namun, AS dan koalisinya sampai saat ini belum bisa mengalahkan ISIS.

Menurut Pentagon, biaya harian untuk menggempur ISIS rata-rata sebesar US$9 juta atau sekitar Rp119 miliar (perhari). Rincian biaya perang melawan kelompok jihad di Irak dan Suriah itu untuk pertama kalinya dirilis Pentagon, Kamis lalu.

Pentagon menyatakan, Angkatan Udara AS telah menanggung dua pertiga dari total pengeluaran, atau lebih dari US$1,8 miliar atau sekitar Rp24 triliun. Sedangkan biaya operasi pesawat mata-mata dan yang lainnya menghabiskan lebih dari US$5 juta atau sekitar Rp66 miliar per hari.

Menurut AP, Sabtu (13/6/2015), rilis dari jumlah dana itu muncul ketika diperdebatkan Kongres AS. Pihak Kongres memperdebatkan undang-undang soal pengeluaran dana yang besar untuk operasi tempur. Mereka menolak UU itu sampai parlemen mengesahkan resolusi kekuatan perang yang baru.

Biaya operasi militer AS membengkak sejak serangan udara dimulai di Irak pada bulan Agustus 2014, dan kemudian diperluas ke Suriah beberapa bulan berikutnya. Sebagian besar serangan telah diluncurkan di Irak oleh AS dan koalisinya untuk membantu pasukan Irak merebut kembali wilayahnya dari tangan ISIS.

Selain dari Angkatan Udara, dana besar untuk memerangi ISIS juga dikeluarkan untuk operasi Angkatan Laut AS sebesar US$ 438 juta. Sisanya untuk operasi Angkatan Darat yang melatih pasukan Irak, untuk amunisi serta untuk operasi intelijen.

Alih-alih AS dan koalisinya bisa mengalahkan ISIS, kelompok itu justru telah merayakan satu tahun berdirinya “khilafah” ISIS. Kelompok yang dipimpin Abu Bakar al-Baghdadi itu baru saja mempublikasikan video epik untuk menandai setahun kelompok itu beraksi setelah merebut Mosul, Irak tahun lalu.

”Itu tak terpikirkan bahwa itu akan jauh lebih besar dari yang direncanakan,” kata seorang narator dari video ISIS yang telah menyebar di media sosial.

sumber

Quote:

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
6.1K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.