Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

embolisasiAvatar border
TS
embolisasi
Dulu Malu, Kenapa Jokowi Kembali Buka Impor Beras?
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kini tengah melakukan persiapan untuk melakukan impor beras. Padahal, Presiden Joko Widodo kerap mengungkit malunya dia saat ditanya Presiden Vietnam untuk membeli beras dari negara itu.Jokowi pun berjanji akan membuat Indonesia swasembada beras. Lalu, apa alasan Jokowi kini membuka keran impor lagi?

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menyatakan Presiden memang berniat untuk tidak melakukan impor beras. Namun, saat ini kondisi mengharuskan impor dilakukan."Sekarang kondisinya beras dikuasai pedagang yang tentukan harga, di situlah kita akan melakukan stabilitas," ujar Rachmat usai rapat bersama Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Gedung Bina Graha, Kamis (7/5/2015).

Sementara itu, Luhut mengungkapkan pernyataan Presiden Jokowi adalah target yang harus dicapai. Namun, untuk mencapai target itu, tidak mudah. (Baca: Akhirnya, Pemerintah Akan Impor Beras)

"Harus swasembada tak semudah membalik telapak tangan. Nah, Menteri Pertanian saya kira sudah ada programnya. Kita lihat hampir pasti, kalau tiga tahun ke depan kita tak usah impor lagi," katanya.Cerita JokowiApabila melakukan blusukan dan bertemu petani, Presiden Jokowi tak pernah lupa menceritakan soal percakapannya dengan Presiden Vietnam Truong Tan Sang saat pelaksanaan APEC di Beijing, Tiongkok beberapa waktu lalu."Saya malu saat ketemu Presiden Vietnam satu bulan lalu. Baru ketemu dia, ditanya apa coba? Presiden Jokowi, beli beras dari saya lagi kapan? Coba, malu ndak?" kata Jokowi di hadapan para petani kecamatan Bojong Jaya, Subang, Jawa Barat, Jumat (26/12/2014).

Jokowi pun merasa sangat dilukai harga dirinya. Menurut dia, Indonesia sebagai negara agraris sudah seharusnya bisa berdaulat di sektor pangan."Kita tidak mau negara kita impor beras lagi dari luar!" ucap dia. (Baca: Jokowi: Saya Malu Ketemu Presiden Vietnam, Ditanya Kapan Beli Beras Lagi?)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui impor beras yang dilakukan Indonesia saat ini lantaran tak pernah ada perbaikan di sektor irigasi. Selama 15 tahun, sebut Jokowi, pemerintah Indonesia tak pernah membangun waduk baru.  "Insyallah dengan perbaikan irigasi, pembangunan waduk, target saya ke Mentan, tiga tahun harus bisa swasembada. Tadi saya dibisiki Pak Mentan, katanya sebelum tiga tahun bisa," ucap dia.

http://nasional.kompas.com/read/2015/05/07/20402041/Dulu.Malu.Kenapa.Jokowi.Kembali.Buka.Impor.Beras.

Pdhal dulu gampang amat bacotnya, yang kelebihan disalurkan ke daerah yg kekurangan, gitu aja, ga perlu impor, malu impor dari vietnam emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Mirip dgn ngatasi banjir dan macet jakarta, ga susah2 amat emoticon-Big Grin
0
2.8K
54
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.