Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

palmerAvatar border
TS
palmer
Indonesia lebih baik? Sangat sederhana kok gan.
Thread ini menyambung salah satu thread HT dengan judul: Indonesia lebih baik? Sederhana kok gan.

Kenapa disambung? Karena saya lihat isinya masih sangat general, tidak memberi saran nyata, atau sesuatu yang bisa dilakukan secara nyata, mudah, sekarang juga.

Nah berikut ini hal-hal yang bisa agan lakukan sekarang juga, yang langsung berkontribusi untuk negara Indonesia tercinta:
1. Jaga fasilitas umum. Fasilitas umum, misalnya kursi taman, tempat sampah umum, lampu jalan, dll., adalah milik bersama, dari bersama (dibiayai uang pajak rakyat), dan untuk digunakan/dinikmati bersama. Jangan merusak atau mencorat-coret, atau mencurinya.
2. Buanglah sampah pada tempatnya. Mulailah bertanggung-jawab terhadap sampah kita, gan, walaupun hanya bungkus permen yang kecil. Jika tidak ada tempat sampah, masukkan kantong terlebih dulu. Lingkungan sesederhana apapun, jika bersih, akan sedap dipandang.
3. Hormatilah sesama. Respek. Contohnya adalah dalam hal tidak sembarangan merokok gan. Sekarang di kota besar seperti Jakarta, sudah disediakan tempat khusus perokok. Merokoklah pada tempatnya, dengan tidak mengganggu orang lain. Contoh lainnya adalah menghentikan bullying atau ospek, gan. Ospek itu adalah bentukan penjajah untuk membentuk karakter budak, manut, dan jadi ajang balas dendam.
4. Mengantri. Banyak hal bisa dipelajari dari budaya mengantri, gan. Yang pertama adalah kesabaran. Yang kedua adalah hal bertanggung jawab pada tindakan sendiri. Jika kita datang terlambat, itu adalah salah kita sendiri. Hendaknya kita bertanggung jawab sama tindakan sendiri, gan. Yang ketiga adalah menghormati orang lain. Yang keempat adalah belajar berlaku adil.
5. Jujurlah. Berhenti mencontek gan. Tujuan ujian adalah untuk tau sejauh mana kita mengerti apa yang diajarkan, gan, bukan sekedar syarat kelulusan. Berapapun nilai kita, lebih baik jika kita memperolehnya dengan jujur, daripada jika nilai bagus tapi hasil mencontek. Jujurlah pada diri sendiri, gan. Dengan jujur, kita juga membentuk diri kita untuk tidak suka korupsi dari sejak kita muda, gan.
6. Ubahlah cara pikir agan dari cara pikir instant menjadi cara pikir pelan-pelan. Harus kita akui, di jaman ini, banyak hal bisa didapatkan dengan instant, gan. Secara ga sadar itupun menyebabkan kita terbiasa ingin mencapai hasil dengan instant. Ingin cepat lulus, ingin cepat kaya, ingin cepat memperoleh hasil. Padahal segala sesuatu yang baik itu diperoleh dengan usaha, dan pelan-pelan. Cara pikir instant juga berpotensi menimbulkan berbagai masalah, gan, seperti korupsi (ingin cepat kaya), sikut kanan sikut kiri menghalalkan segala cara dalam pekerjaan (ingin cepat memperoleh hasil).

Nah itulah hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk bikin Indonesia lebih hebat, gan. Silahkan tambahkan jika ada pemikiran-pemikiran lain. Semoga thread ini bisa dibaca lebih banyak agan/aganwati dan semoga bisa berguna, walaupun ga pake gambar-gambar; yang penting isinya gan.
Polling
0 suara
Yang mana yang sudah agan/aganwati praktekkan?
Diubah oleh palmer 05-05-2015 03:33
0
1.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.