lagienakAvatar border
TS
lagienak
Dolar Tembus Rp 13.000, BI: Turis Asing Senang ke Indonesia
Dolar Tembus Rp 13.000, BI: Turis Asing Senang ke Indonesia

Jakarta -Tren pelemahan nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih terus berlanjut. Dolar sukses perkasa terhadap rupiah hingga menembus Rp 13.000.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengatakan posisi rupiah masih cukup baik bila dibandingkan dengan mata uang negara selain AS. Seperti terhadap Euro, Yen dan Pound Sterling, dan dolar Australia.

"Hari ini rupiah menguat terhadap Australian dolar, menguat terhadap Euro, menguat terhadap Pound Sterling. Jadi, nggak harus dikhawatirkan," ujar Mirza usai rapat dengan Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Situasi ini menurut Mirza bahkan sangat menguntungkan Indonesia. Karena banyak turis yang akan senang berkunjung ke Indonesia. Alasannya nilai rupiah yang rendah membuat para turis pemegang dolar akan mendapatkan harga barang-barang yang murah di Indonesia.

"Jadi harus memperhatikan mata uang lainnya juga. Rupiah melemah terhadap dolar malah turis-turis pada senang di sini," jelas Mirza.

Seperti dikutip dari data perdagangan Reuters, Selasa (10/3/2015), pagi tadi dolar AS dibuka stagnan di Rp 13.050 sama seperti posisi pada penutupan perdagangan Senin.

Tak lama setelah pembukaan perdagangan, dolar AS sedikit melemah hingga ke kisaran Rp 13.045. Namun posisi tersebut tak bertahan lama karena jelang penutupan perdagangan, dolar AS kembali menguat.

Posisi dolar AS yang cukup tinggi ini sama dengan posisi pada masa krisis moneter (krismon) 1998. Namun situasi ekonomi Indonesia yang sekarang jauh berbeda dengan masa krismon tersebut.
(mkl/hen)

Sumur Kobokan
-------------------------

ape cuman gue doang yang ngerasa aneh emoticon-Ngakak
0
4.6K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.