Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mikrocoolAvatar border
TS
mikrocool
Sisi lain penerbangan Indonesia - "Worst Place to be a Pilot"
Halo gan, menurut kalian gimana perkembangan dunia penerbangan Indonesia beberapa tahun belakangan ini ? Selain diisi dengan banyaknya kejadian pesawat ditunda yang menjengkelkan hehe

Menurut gambaran kalian, siapa toh pilot itu ?

Mereka yang selalu terbangin pesawat jet ? Boeing atau Airbus ?
Spoiler for Pilot:


Mereka yang dibayar mahal, kerjaanya cuma terbangin pesawat doang ?
Spoiler for Pilot:



Ternyata ada versi lain dari pilot, yang terjadi di Indonesia. Sebagian dari kita mungkin gak tau, karena ini terjadi bukan di main island-nya Indonesia. Ya, mereka pilot yang terbang di area pelosok-pelosok Indonesia, tebang di antara gunung, membawa barang-barang kebutuhan pokok, obat, cargo, penumpang ke daerah saudara-saudara kita tinggal yang tidak bisa dijangkau dengan transportasi darat dan bahkan masih jarang melalukan kontak dengan dunia luar.

Banyak cerita dari penerbangan perintis yang menjangkau daerah-daerah terpencil. Beberapa dari mereka bukan perusahaan yang baru dibangun kemarin sore. Ada yang sudah melayani selama setengah abad. Mulai dari model pesawat Cessna 185

Spoiler for C185:


Sampai sekarang yang banyak di pakai adalah Cessna Caravan, Pilatus Porter PC-6 dan PAC 750.

Spoiler for Cessna Caravan:


Spoiler for PC-6:


Spoiler for PAC750:



Medan yang susah harus dilalui dan tidak jarang ada berita kecelakaan. Pesawat jatuh karena cuaca buruk selama en route, pilot tidak menguasai medan, lapangan licin, ada orang/binatang di tengah lapangan. Dan lapangannya ? Kebanyakan hanya belandaskan rumput, gravel, atau pasir, dengan jarak yang pendek dan dengan kemiringan yang bisa dikatakan ekstrim (karena atas gunung).

Terus kenapa para pilot mau terbang di tempat seperti itu ? Kenapa gak terbang pesawat jet komersil aja yang bakal terbang ke medan yang tidak separah itu, gengsinya tinggi, gajinya pasti juga bakal lebih, bahkan ada pramugari cantik. Ada banyak alasan juga sih gan. Tapi salah satunya adalah pelayanan.
Kalau gak ada transportasi udara seperti itu, siapa yang mau antar bahan-bahak pokok ke saudara-saudara kita disana ?

Ada juga pilot yang terbang daerah pelosok dan menjadikan ini sebagai batu loncatan mereka untuk terbang di maskapai besar, karena persyaratan untuk mendaftar dengan memiliki jam terbang tertentu. Tapi pada akhirnya beberapa jatuh hati pada situasi kerja/medan terbang yang menantang dan akhirnya melanjutkan karis aviasi nya terbang melayani masyarakat yang tinggal di pelosok ini.

Beberapa bulan lalu, ane mendapat berita bahwa salah satu channel TV di UK, Channel 4 kalo gak salah, akan meliput atau membuat suatu dokumenter bagaimana penerbangan perintis yang ada di Indonesia ini.
Quote:

Mereka meliput bagaimana salah satu penerbangan perintis di Indonesia yang melayani dari pulau Sumatra sampai Papua. Cerita-cerita dari para pilot, suka duka mereka, dan bagaimana salah satu dari mereka jatuh cinta dengan tugas pelayanan ini. Dan yak, tentu saja semuanya orang dari UK.

Videonya mereka juga upload di youtube. Dan ini ane sertakan videonya.

Spoiler for Worst Place to be a Pilot- Season 1 Eps 1:


Spoiler for Worst Place to be a Pilot-Season 1 Eps 2:


Spoiler for Worst Place to be a Pilot-Season 1 Eps 3:


Spoiler for Worst Place to be a Pilot-Season 1 Eps 4:


Posisi ane sekarang lagi di flight school gan, ane bentar lagi mau selesai dan akan bergabung dengan salah satu penerbangan perintis di Papua (bukan yang di video). Ane dari kecil tinggal disana dan bapak ane juga salah satu mechanic pesawat di perusahaan tersebut, jadi ini udah impian ane dari kecil emoticon-Big Grin
bukan terbang dengan pesawat besar, pesawat jet canggih, tapi terbang bawain beras, bahan pokok lain, obat, bahan bakar ke tempat dimana saudara-saudara kita butuh emoticon-Big Grin

Ini beberapa foto yang ane ambil bulan November tahun lalu ikut terbang ke salah satu pedalaman di Papua. Nama tempatnya Pronggoli.

Spoiler for Sehabis mendarat:


Spoiler for Kondisi airstrip:


Spoiler for Masyarakat yang selalu rame kalo ada pesawat datang:


Spoiler for Radio:


Spoiler for Kondisi airstrip:


Spoiler for Lagi, rame kalo ada pesawat datang:


Spoiler for Kondisi airstrip:


Ingat gan, Indonesia bukan cuma pulau Jawa, banyak juga saudara-saudara kita di pelosok membutuhkan bantuan emoticon-Big Grinemoticon-I Love Indonesia (S)

Maaf gan kalau thread ane masih berantakan, kalau berkenan minta
Quote:

Jangan di
Quote:


Spoiler for Komeng dari kaskuser:


Makasih udah mampir ke thread ane gan emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh mikrocool 08-10-2014 20:49
0
12.4K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.