bonkiAvatar border
TS
bonki
Mengenal Para Dedengkot PayPal, Mafia Terkaya di Silicon Valley



Anda yang sudah menggeluti bisnis jual beli online, kemungkinan besar ingin memperluas bisnisnya dengan menghubungi beberapa pihak terkait yang berdomisili di luar negeri. Saat melakukan transaksi, Anda harus menggunakan layanan pembayaran yang mungkin tidak ada di Indonesia.

Salah satu layanan pembayaran yang cukup mendunia dan juga dipakai oleh orang Indonesia adalah paypai. Sebagian dari kita pasti tidak menyadari bahwa di balik paypai, terdapat orang-orang penting yang saat ini mungkin sudah tidak bekerja di sana.

Mereka ini ternyata menjadi pembesar dalam dunia TI, dan tidak tanggung-tanggung, total kekayaan yang dimiliki setiap individu bisa mencapai ratusan juta dolar.

Berikut 13 dedengkot paypai yang mirip seperti geng mafia.

1. Jawed Karim
Saat masih bekerja di paypai, dia merupakan orang pertama yang merancang dan menerapkan sistem anti-fraud secara real-time dan beberapa komponen bisnis yang menjadi fondasi dasar paypai. Siapa sangka, setelah keluar dari paypai, dia bersama dua kolega mendirikan situs berbagi video bernama YouTube. Di sisi lain, ia lebih memilih untuk berfokus pada studi ilmu komputer di Universitas Stanford.

Sebelum diakuisisi Google pada tahun 2006 (kemudian dia mengantongi uang senilai USD64 juta), dia bertindak sebagai penasihat untuk YouTube. Sekarang, dia menjalankan bisnis bernama Youniversity Ventures, yang membantu para pelajar dan lulusan membangun ide bisnis. Youniversity Ventures sendiri didirikan tahun 2008 silam. Total kekayaan yang dimilikinya adalah USD140 juta.

2. Jeremy Stoppelman
Jeremy adalah orang berikutnya yang bergabung dengan paypai sebagai teknisi. Dia pun dikenal dengan nama samaran X.com, sampai akhirnya dia dilantik untuk menjabat sebagai Wakil Presiden Teknis. Setelah paypai menjadi milik eBay pada tahun 2003, dia melepaskan jabatannya, sekaligus mengundurkan diri dari paypai demi kuliah di Harvard Business School.

Bersama koleganya, Rusel Simmons, Jeremy mendirikan situs Yelp pada tahun 2004, dan berhasil membujuk Kepala Teknologi paypai Max Levchin untuk memberi mereka modal sebesar USD1 juta. Pada masa itu, Steve Jobs berhasil membujuk mereka untuk menolak akuisisi dari Google pada tahun 2010 dan 2012. Perkiraan total kekayaan yang dimilikinya adalah USD111-222 juta.

3. Andrew McCormack
Bergabung tahun 2011, Andrew bekerja sebagai asisten Peter Thiel, salah satu pendiri paypai. Setelah membantu Thiel untuk membuat paypai menjadi perusahaan publik. Setelah paypai, dia juga membantu Thiel mendirikan perusahaan Clarium Capital, sebelum akhirnya mendirikan grup restoran di San Francisco. Selain itu, Andrew juga pernah menjadi tokoh penting untuk divisi pengembangan di Yahoo! Sayangnya, tidak diketahui berapakah total kekayaan yang dimilikinya.

4. Premal Shah
Premal merupakan salah satu senior di paypai karena masa pengabdiannya selama enam tahun dan menjabat sebagai manajer Produk. Setelah mundur dari paypai, dia menjadi Presiden dari organisasi non-profit Kiva, yang khusus membantu para pengusaha yang mengalami kesulitan bisnis.

Organisasi ini juga memberikan bantuan kepada pelajar yang mengalami kesulitan keuangan dalam menyelsaukan pendidikannya. Semua itu mereka lakukan pada lebih dari 70 negara, dan dilakukan melalui internet. Tidak diketahui berapakah total kekayaan miliknya.

5. Luke Nosek
Luke merupakan salah satu pendiri paypai, besama Thiel, Elon Musk, dan Ken Howery. Setelah eBay mengakuisisi paypai, dia memutuskan untuk mundur dan berkeliling dunia.

Kemudian, dia mendirikan firma Founders Firm bersama Thiel dan Howey pada tahun 2005. Ia juga juga menyebarkan secara luas mengenai keuntungan melatih otak melalui meditasi. Total kekayaan Luke adalah USD1.2 miliar.

6. Ken Howery
Menjadi salah satu pendiri paypai, Ken Howery adalah CFO (Chief Financial officer) tahun 1998-2002. Akuisisi paypai oleh eBay menjadikannya Direktur Pengembangan Perusahaan eBay setahun setelah akuisisi. Setelah itu, dia bergabung dengan Thiel pada Clarium Capital di tahun 2004.

Pada tahun 2012, dia menjadi salah satu pendiri Popexpert, layanan belajar secara online yang akan mempertemukan pelajar dengan ahli-ahli terkemuka dengan cakupan jurusan yang sangat luas. Howery juga bisa ditemui pada layanan ini dengan tebusan USD100.000. Total kekayaan yang dimiliinya adalah USD1,5 miliar.

7. David Sacks
David berasal dari konsultan manajemen McKinsey & Company, dan bergabung dengan paypai untuk menjabat sebagai COO (Chief Operating Officer). Setelah diakuisisi eBay, dia meninggalkan paypai untuk memproduksi dan membiayai film yang sempat mendapatkan penghargaan Golden Globe pada tahun 2005, Thank You for Smoking.

Di tahun berikutnya, Dia mendirikan situs Geni.com. Dia juga menciptakan Yammer, jejaring sosial yang dirancang sebagai jembatan penghubung antar karyawan dalam satu perusahaan. Microsoft membeli Yammer senilai USD1,2 miliar pada Juli 2012. Dia pun diangkat sebagai Wakil Presiden Perusahaan di divisi Microsoft Office. Total kekayaan yang dimiliki tidak diketahui.

8. Peter Thiel
Peter merupakan salah satu pendiri paypai sekaligus CEO-nya. Setelah sahamnya di paypai senilai USD55 juta dibeli oleh eBay, dia segera mendirikan Clarium Capital. Melalui perusahaan ini, dia nekad berinvestasi pada salah satu jejaring sosial yang sedang mencuat, Facebook.

Dia merupakan investor pertama yang berasal dari luar tubuh Facebook sendiri. Hasilnya, dia mendapatkan keuntungan lebih dari USD1 miliar dari saham itu. Total kekayaannya adalah USD2,2 miliar.

9. Keith Rabois
Dia merupakan petinggi paypai dengan jabatan yang sangat unik, yaitu sebagai Wakil Presiden Eksekutif untuk Pengembangan Bisnis, Hubungan Pulbik dan Kebijakan selama dua tahun, 2000-2002. Setelah mengundurkan diri dari paypai, dia memegang jabatan penting di beberapa start-up, termasuk LinkedIn, Slide, dan Square.

Saat keluar dari Square, dia dituduh memiliki hubungan dengan karyawan pria saat masih bekerja di Square. Rabois saat ini menjabat sebagai salah satu direksi di Yelp dan Xoom. Total kekayaannya adalah USD1 miliar.

10. Reid Hoffman
Menjabat sebagai COO paypai setelah mundur dari SocialNet. Saat paypai dibeli oleh eBay pada tahun 2002, dia menjabat sebagai Wakil Presiden Ekeskutif. Setelah paypai, dia menjadi sosok yang disegani di Silicon Valley.

Reid menjadi salah satu pendiri jejaring sosial bisnis LinkedIn pada Desember 2002. Dia juga beberapa kali berinvestasi pada start-up, termasuk Zynga, Facebook, Flickr, Digg, dan Last.fm. Pada tahun 2010, ia bergabung dengan Greylock Partners, perusahaan yang mendukung investasi untuk start-up yang menjanjikan. Total kekayaan: USD3,9 miliar.

11. Max Levchin
Salah satu pendiri paypai sekaligus menjabat sebagai CTO (Chief Technology Office), sekaligus tokoh penting dalam pengembangan sistem anti-fraud paypai. Setelah keluar dari paypai, dia mendirikan Slide dengan uang hasil penjualan saham paypai miliknya. Google membeli Slide pada Agustus 2010. Levchin pun diangkat menjadi Wakil Presiden Teknis Google.

Setahun kemudian, Google menutup Slide dan Levchin mundur dari Google. Selama berada di bawah payung Google, dia membantu pendirian Yelp dan sempat ditunjuk menjadi direksi Evernote. Saat ini, dia menjabat sebagai salah satu direksi di Yahoo! Total kekayaan: USD300 juta.

12. Roelof Botha
Botha bergabung dengan paypai sebagai CFO (Chief Financial Officer). Dia baru saja bergabung setelah lulus dari Sekolah Bisnis Stanford. Setelah keluar dari paypai, dia dikenal sebagai salah satu sosok investor teknologi yang cukup terkenal.

Bagaimana tidak, dia pernah menjabat sebagai petinggi di 13 perusahaan, termasuk Jawbone, Evernote, Tumblr, dan Xoom. Dia juga sempat menjadi direksi YouTube sebelum dibeli oleh Google. Total kekayaannya tidak diketahui.

13. Russel Simmons
Saat di paypai, dia menjabat sebagai Lead Software Architect. Dia juga menjadi salah satu pendiri Yelp dan menjabat sebagai CTO setelah mundur dari paypai. Dia kemudian menjadi penasihat Yelp pada tahun 2010 setelah memutuskan untuk mengelilingi dunia. Dua tahun kemudian, dia mendirikan situs belanja Learnirvana. Total kekayaannya adalah USD340.


Quote:
Diubah oleh bonki 27-09-2014 16:41
0
5.1K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.