pecelokAvatar border
TS
pecelok
Kayak Soekarno, Di Media Australia, Jokowi Ultimatum PM Australia Abbott
Presiden terpilih Joko ‘'Jokowi'' Widodo memastikan pemerintahannya nanti lebih keras dan tegas dalam melindungi kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satu komitmen ketegasan itu diucapkan Jokowi dalam wawancara eksklusif dengan Fairfax Media Australia, yang juga dimuat versi online koran The Sydney Morning Herald (SMH) edisi Sabtu (18/10) ini.

Jokowi, yang ditulis SMH dengan sebutan ‘'Mr Joko'', memperingatkan Perdana Menteri Tony Abbott agar Angkatan Laut Australia tidak seenaknya memasuki wilayah perairan Indonesia tanpa diundang, termasuk dengan dalih menghalau balik imigran ilegal maupun pencari suaka yang hendak memasuki wilayah perairannya.

PM Abbott dijadwalkan menghadiri langsung pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla pada 20 Oktober lusa. Namun, dalam wawancara langsung pertamanya dengan media Australia sejak terpilih sebagai presiden ini Jokowi benar-benar memanfaatkannya untuk mengirimkan sinyal keras dan tegas bahwa kebijakan strategis dua negara bertetangga baik ini kerap berbenturan dan tumpang tindih, khususnya menyangkut kedaulatan wilayah.

Jokowi mengatakan, pemerintahannya nanti ingin menjalin hubungan yang lebih erat dan kuat dengan Australia, termasuk hubungan militer dan intelijen. Namun, jika kedaulatan wilayah Indonesia dilanggar, Jokowi pun menegaskan bisa bersikap ‘'lebih keras'' ketimbang yang pernah digaungkan Prabowo Subianto, rivalnya saat pilpres lalu.

Jokowi memprihatinkan kebijakan Australia selama ini yang cenderung sepihak dan konfrontatif dalam menangani imigran ilegal. Ia tidak menginginkan kapal-kapal AL Australia memasuki perairan Indonesia tanpa izin sebagaimana lima kali mereka lakukan sepanjang tahun lalu.

sumber: http://goo.gl/86kYmL

mantap gannnn
0
16.6K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.