Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

belorcryAvatar border
TS
belorcry
Keindahan Belinyu, Kepulauan Bangka Belitung
Assalamu'alaikum wr.wb.


Maaf agan2 jika thread ini dh pernah diposting ato bahkan gak bermutu. Disini ane pengen sharing tentang sebuah Kota Kecil yang terletak diutara Pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung. Keindahan alamnya gk kalah dengan BALI gan. Ane terpesona dengan keramahan, keindahan alam daerah tersebut ketika ane menginjakkan kaki pertama kali ke Belinyu. Maklum, bini ane asalnya dari Belinyu, hehee. emoticon-Malu (S)

Belinyu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Luas 546,50 km², terdiri dari 3 kelurahan dan 5 desa.

Kecamatan Belinyu terletak di wilayah Kabupaten Bangka di bagian utara Pulau Bangka. Sebagian besar berbatasan dengan perairan laut, di utara terdapat Laut Natuna, di barat Teluk Kelabat. Sementara sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kecamatan Riau Silip.

Belinyu di Bangka paling dikenal akan produk makanan laut, timah, serta lada. Sektor penting masyarakatnya adalah perdagangan, perikanan, perkebunan, pertambangan dan pariwisata. Kerupuk Belinyu beserta terasi (belacan) khas Belinyu terkenal paling enak di Bangka dan jadi oleh-oleh wisatawan. Jalan Gajah Mada merupakan kawasan khusus penjualan kerupuk dan oleh-oleh khas Belinyu.

Daerah utara yang berbatasan dengan laut merupakan daerah pantai yang jadi objek wisata, seperti Pantai Penyusuk dan Pantai Romodong. Kawasan perkotaan mempunyai bangunan-bangunan bersejarah bergaya Tionghoa yang masih asli.

Di daerah pedesaan, orang Melayu masih ada yang tinggal di rumah-rumah panggung dan mempertahankan cara hidup tradisional, namun lama-kelamaan sudah cukup berkurang. Kampung Gedong di Kelurahan Kuto Panji, komunitas warga keturunan Tionghoa Belinyu, juga masih tinggal di rumah-rumah kayu bergaya Tionghoa. Warga kampung ini adalah keturunan dari para penambang timah yang hijrah dari Tiongkok pada zaman penjajahan Belanda. Dalam varian Bahasa Hakka yang dituturkan warga Tionghoa di Bangka, Belinyu disebut Belijong (勿裡洋).
SUMBER

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Berikut ini ane kasih pemandangan pantainya yang mempesona hati :


Pantai Romodong




Pantai Penyusuk


Klo gambarnya gk bs kebuka biasa search di mbah google aja gan, hehee. Demikian thread ane gan dan berkunjunglah kesana dan agan akan terpikat oleh keindahan alamnya. Namun sayang, keindahan tersebut tidak dibarengi dng transportasi guna mempermudah akses ketujuan wisata dan kurangnya pemerintah daerah mempromosikan objek wisata mereka. Padahal menurut pandangan ane, jika dipromosikan lebih gencar maka akan menjadikan income bagi pemerintah daerah dan juga sebagai backup jika dikemudian hari timah tidak ada lagi.

Ane jg mnta dikasih
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ya gan
klo bisa dikasih

emoticon-Rate 5 Star


Wassalamu'alaikum wr.wb.


Nb : Silahkan beri masukan bagi agan2 yang mengetahui info dan gambar2 tentang Kecamatan Belinyu, Bangka. emoticon-Malu (S)
Diubah oleh belorcry 23-09-2014 02:58
chandra689
chandra689 memberi reputasi
1
5.7K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.