mrs.sarahAvatar border
TS
mrs.sarah
Tips & Trick - Serba-Serbi Seputar China & Hongkong
Obrolan gue tentang Disneyland HK sama pacar dan rencana kami untuk secepatnya kembali ke sana akhirnya membuat gue membuka kembali memori gue mengenai tur gue ke China dan Hongkong pertengahan 2011 yang lalu. Dibuka dengan menyesal, sih. AHAHAHAK. Iya, jadi gue abis baca-bacain review di berbagai blog dan website tentang Disneyland Hongkong, dan ternyata apa yang sudah gue lakukan di sana itu mungkin cuma seperempatnya. *nangis histeris*

Kenapa?

Karena ramenya luar binaso, pemirsah.

Gue ke China dan HK itu pas libur Lebaran tahun 2011. Kata orang tur aja, kalo Lebaran tuh, orang Cina yang tinggal di Indonesia juga ikutan latah buat mudik. Mudik ke negara asal, which is, er-er-te (kenapa ya mamah gue baca 'C' jadi 'T'?). Setiap tahunnya, setiap Lebaran, dihitung dari seluruh tur yang ada di Indonesia, jumlah manusia yang hijrah ke Cina, mencapai angka serebu kepala. Itu yang ikut tur doangan, belum yang backpacker-an. *biro perjalanan pada mandi duit*

Jadi bisa bayangin kan? Selama di China dan HK, bukannya denger bahasa Mandarin, gue malah sering denger bahasa Endonesah. Resiko ikut tur juga sih, semua tempat wisata yang rata-rata dikunjungi berbarengan sama rombongan tur lain, jadi ya ketemunya orang Indonesia lagi, lagi, dan... lagi. *lemes*

Masih nggak papa kalo tempat wisatanya macam Forbidden City atau Great Wall. Secara gedenya sepulau Jawa, mau ada berapa ratus ribu turis Indonesia dan manca negara juga masih lega. Lah kalo kayak Disneyland? Mau nangis gue kalo inget gimana ramenya taman bermain itu waktu gue ke sana. Sanking ramenya, sampe nggak sempet foto sama satu karakter pun, padahal karakter-karakter Disney lah yang masih gue idolakan sampe sekarang. Daripada meluk Justin Timberlake, aku mah lebih milih meluk Eeyore ♥

Beberapa permainan juga terpaksa gue skip karna mau modyar liat antriannya. Udah nenek-nenek kali gue baru kebagian giliran. Untungnya (masih ada untungnya) sih, gue masih sempet nonton parade (itupun hampir telat dan ketinggalan, hiks). Parade yang gak sepanjang Disneyland di Orlando atau Tokyo atau Paris, tapi setidaknya cukup menghibur dan membuat gue jejeritan histeris sambil meremas tangan Owen sanking gemesnya.

Tapi ya itulah ya, tetep menerbitkan setitik sesal waktu gue sampe di Indonesia. Ya HK kan jauh neng, ke Disneyland tapi nggak main semua wahana, nggak foto sama sejumlah karakter, itukan sama aja ngana belom ke sana. Rugi pula duitnyaaa emoticon-Frown

Sementara, kalo Madame Tussauds Hongkong gue puas-puas aja sih, betenya waktu diburu-buru karna udah mau ke bandara aja, padahal gue masih kepingin sayang-sayangan sama Edward Cullen. Well, patung lilinnya, sik. HAHAHA.

Sekarang tentang China. Gue mengunjungi empat kota, yaitu Beijing (3 malem), Shanghai (1 malem), Guilin (2 malem), Shenzhen (1 malem). Persamaannya adalah, semuanya (bahkan sampe di HK), hotelnya muewahnya ampun-ampunan. Apalagi yang di Beijing sama HK. Gila deh, gue sampe mikir, ini tur-nya kagak bangkrut ape ya? Persamaannya lagi adalah, PERCUMA! Semuanya percuma. Sumpah deh, kita seharian keliling, pulang baru tengah malem, pagi-pagi udah cabut lagi, ngapain juga hotelnya bagusnya begindang? Kayak sempet dinikmatin aja, orang gak ada agenda gegoleran seharian. Lah wong tiap pulang tur capeknya kayak digebukin sekampung, disuruh tidur di kasur lipet juga gue ho oh aja pasti. Udah terlalu capek buat protes. :s

Mikirin duit segitu banyak bisa dipake buat beli tiket pesawat ke kota lain juga nggak menolong, yang ada malah bikin gue tambah gondok. HUFT.

Oh iya, waktu gue ke Forbidden City, ada yang namanya 4 stars toilet. Pas ngeliat palang di depannya, yang melintas di pikiran gue adalah, pasti toiletnya bagus, biliknya banyak, canggih, wangi, bersih, bisa nyebokin pengunjung, dan seterusnya. Tapi pas gue masuk... lah kok biasa aja ya? Kayak toilet-toilet pada umumnya di mall-mall Jakarta. Malah punya kita lebih wangi sama ada musiknya emoticon-Smilie)

Jadi gue masih clueless kenapa toilet ini mendapatkan gelar 4 stars. Tapi ternyata semesta sudah berkonspirasi untuk membuat gue mengerti, nanti.

Nah sekarang kita lanjut dulu. Sedikit tips untuk yang mau liburan ke China:
1. Bawa tisu basah dan masker, just in case harus pipis di toilet umum.
2. Kalo bisa jangan pipis di toilet umum.
3. Pokoknya jangan! Tahan aja!

Gue pernah sekali kebelet banget. Pilihannya cuma dua, ngompol di bus atau pipis di WC umum. Dari pada gue diliatin dengan tatapan benci dan jijik sama seluruh peserta tur di sepanjang sisa perjalanan menuju hotel, gue pilih yang kedua deh. Biar gimanapun kan gue punya harga diri #apeu. Akhirnya gue minta sepupu gue nemenin ke WC umum. Nanya sama pemandu, dese bilang gak jauh dari tempat bus di parkir (karna waktu itu rombongan lagi pada nyobain Sate Kalajengking. Yes you read it right, Kalajengking).

Sampe di depan toilet, masih berjarak kira-kira satu meter, bau tidak sedap sudah menyergap dasyat. Dalem hati gue ngebatin, mati nih, bener-bener aja loh mitos-mitos WC umum di China yang 'luaaar biasa'. Kotor sih menurut gue gak terlalu ya, tapi baunya itu loh. *semaput* Sumfeh, kalo ngana udah pernah pipis di toilet umum China, toilet umum di Jakarta atau Jawa tuh... wangi! Kagak ada bau-baunyeeeeh.

Pantesan toilet-yang-super-biasa-aja di Forbidden City dibilang 4 stars! Tandingannya begindang emoticon-Smilie))

Trus ya, gue gak tau deh ini emang kebiasaan yang dimaklumi sejak dulu apa gimana, anak-anak kecil di sana tuh bebas pup atau pipis di mana saja lho. Gue -dengan mata kepala sendiri- ngeliat anak cewek, cantik, pipinya bersemu kemerahan, tapi boker dengan santainya di Great Wall! I repeat, di Great Wall-NYA! Bayangin kalo lo ngeliat anak kecil boker di Borobudur. Ngamuk kan pasti? Pipis aja ngamuk. Lah ini ortunya santai bae, ketawa sambil ngobrol aja sama orang lain. Anaknya ngejogrok di situ, pup, diliatin semua orang. *ngelus dada*

Buset dah x_x

Tapi insiden gadis manis yang lagi pup itu tentu saja tidak menganggu gue untuk menikmati keindahan Great Wall. Great di sini beneran stands for... great. HAHAHA. Gue gak kebayang deh gimana proses pembuatannya. Pasti epic dan ajaib. Pantesan ya masuk ke keajaiban dunia. Heniwei kalo ke sana jangan lupa foto pake kostum cewek hausiang-hausiang ya!

Another experience yang sangat disayangkan karena tidak gue alami di China adalah... makan babi (HELOH? *manyun*). Haduoh, sekali lagi, ini deh nelangsanya ikut tur, apalagi yang dari Indonesia. Mereka mematok rata gitu, turis dari Indonesia semuanya Muslim dan gak boleh makan babi. Gue sempet tanya sama tour guide gue, dan dia ngejawab, sebagian besar tur lokal Indonesia sekarang memang memberlakukan hal tersebut, supaya yang Muslim punya kesempatan buat mengunjungi Negeri Tirai Bambu ini, tanpa perlu khawatir berlumur dosa sesudah pulang.

Tapi kan, mana afdol kalo ke China nggak makan babi? Kan? Kan? *dijejelin dendeng Bee Cheng Hiang*

Move to another tips, kalo mau liburan ke China, ekstra hati-hati ya teman-teman. Copet-copet dan penipu di sana malah lebih canggih dari di Jakarta. Kalo di Singapore lo bisa pake tas yang tidak ber-restleting, di China bisa juga. Tapi sejam kemudian hp dompet dan passpor lo raib semueh. emoticon-Smilie)

Kata om gue sebelum berangkat, di sana itu, 80% orangnya penipu semua, dari kelas Kakap sampe kelas Hiu. Gue menarik nafas lega, seenggaknya 20%-nya orang baik-baik lah ya. Tapi trus om gue melanjutkan,

"20%-nya lagi masih belajar... buat jadi penipu."
Brengsek. emoticon-Smilie)))

Itu bercandaan doang sih, tapi sedikit banyak tersirat, "Hati-hati. China bukan negara aman tentram sejahtera sentosa kayak Singapore." Jadi, hati-hati ya sekali lagi. Watch your belongings, dan harus aware sama orang-orang sekitar yang gerak-geriknya mencurigakan. Mendingan mencegah daripada mengobati kan? Kalo passpor / dompet / hp udah ilang, dijamin susah deh ngembaliin mood buat nikmatin liburan.

Satu lagi fakta yang agak menyusahkan selama gue trip adalah, baik di HK dan China, nggak banyak orang yang bisa berbahasa Inggris. Kalaupun bisa, mereka ngomongnya tetep dengan logat galak dan cepetnya itu. Jadilah... gue cuma bisa bengong trus nangis dalam hati, putus asa mikirin gimana caranya gue bisa nanya atau berkomunikasi sama orang-orang asli sana. Yaudahlah, kalo kebetulan nggak ada tour guide lokal yang bisa bantu nerjemahin, terpaksa gue kembali ke metoda awal dan paling primitif... bahasa Tarzan.

Tips terakhir yang bisa gue kasih kalo ada yang mau jalan-jalan ke China adalah:

Kalo elo masih kuat, muda, dan sehat, jalan sendiri ajeh. Kagak usah ikut tour.

Keuntungannya :
1. Elo bebas ke mana aja. Ngendon di hotel? Boleeeh. Nginep di emperan toko? Bebaaas, asal gak ketauan pulisi. Mandi di WC umum? Silahkeun, kalo kuat mah.
2. Kagak ada waktu yang terbuang sia-sia. Gue tanya, lo mau ngapain nungguin orang makan Sate Kalajengking? Mendingan belenji dan jalan-jalan ke tempat laen (-_-)
3. Kagak ada uang yang terbuang sia-sia. Liat cerita hotel mewah di atas.
4. Bisa makan apa aja. Liat cerita babi di atas.
5. Bisa berlama-lama di tempat yang lo suka, dan cepet-cepet di tempat yang lo gak suka. Kalo ikut tur, smuanya kudu ikutin jadwal. Masih mau belanja padahal skedul udah nyuruh pindah destinasi? Silahkan pulang sendiri, karna ngana bakal ditinggal sama bus, atau paling nggak, diliatin dengan tatapan sinis oleh peserta tur lain.
6. Kalo udah capek, bisa istirahat. Sedangkan di dalam skedul tur yang padat bin kejam? Kagak bisa. Atau paling banter, ngendon di bus aja sementara yang lain lagi jalan-jalan.
7. Nyobaiin alat transportasi di sana. Gue selama tur naik buuus mulu. Bosyen. Lagian bentukannya bus kayak apaan sih? Udah pada tau kan? Kalo subway-nya atau bajaj-nya (emang ada?) kan belom tau emoticon-Frown

Kelemahannya :

1. Menjadi agak susah karena orang China / HK dikit banget yang bisa berbahasa Inggris. Jadi kalo nggak ada yang bisa bahasa Mandarin, agak-agak refot deh. Tapi bisa kok. Cuma agak capek aja. Hidup bahasa Tarzan!

2. Lo harus bisa baca peta. Ability ini berguna banget deh sebenernya kalo lo suka ngeloyor sendirian dan nyobain tempat-tempat baru. Kalo model yang baca peta MRT Singapore aja ngos-ngosan kayak gue mah... no hope.

3. Kalo elo orangnya rempong (mau liburan) tapi males (nyari info) (kayak gue), tour suits you perfect, karena elo tinggal duduk manis aja, semua diaturin, smua disiapin. Unless lo punya pacar yang dengan sukarela ngaturin semua-muanya -baca : Virgo tulen- (kayak gue), boleh deh jalan sendiri. Intinya elo tetep tinggal duduk-duduk manis sambil teteup berpartisipasi untuk refot tapi dikiiit.

Begitulah kira-kira tips and trick dari akoh. Gue aja berencana balik ke sana tapinya jalan sendiri aja. Nggak mau ikut tur lagi ah. Selain bisa saving lebih banyak, kali aja ada bule yang naksir trus gue dibonyong kimpoi ke negaranya, kan? Kan? *disembur api sama Roy*

Like this post?

kindly visit : sarahpuspita.com emoticon-Kiss (S)
0
3.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.