Dj.OldrichAvatar border
TS
Dj.Oldrich
""Tak Ada Koalisi Permanen dalam Politik, yang Ada Kepentingan Permanen"
SEMARANG, KOMPAS.com - Pengamat politik Universitas Diponegoro Semarang Teguh Yuwono menilai, tidak ada koalisi permanen dalam perpolitikan karena koalisi dibangun atas dasar kepentingan.

"Yang ada dalam politik itu kepentingan permanen, kepentingan mendapatkan kekuasaan. Kalau kepentingannya sama jadi kawan, kalau kepentingannya beda bisa jadi lawan," kata Teguh di Semarang, Sabtu (24/8/2014), seperti dikutip Antaranews.com.

Dengan keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak seluruh permohonan perselisihan hasil pemilu (PHPU) yang diadukan kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, kata dia, Koalisi Merah Putih yang dibangun sangat mungkin goyah.

Menurut dia, parpol-parpol yang bergabung dalam Koalisi Merah Putih tentu akan berpikir ulang untuk bertahan di luar pemerintahan atau memilih masuk ke dalam pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Meski dikatakan kalau koalisi ini (Merah Putih) permanen walau Prabowo kalah, dalam politik semua bisa saja terjadi. Beberapa parpol dalam koalisi itu bisa saja berpindah haluan," katanya.

Teguh mencontohkan, Golkar yang selama ini tidak terbiasa berada di luar pemerintahan, bisa saja memutuskan untuk merapat ke pemerintahan Jokowi-JK. Apalagi, JK sebagai wakil presiden merupakan tokoh senior Golkar.

Beberapa parpol lain yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih, kata dia, bisa memutuskan untuk merapat ke pemerintahan mendatang.

"Ya, kecuali Gerindra tentunya. Kalau Gerindra pasti tetap bersikap oposisi. Namun, parpol-parpol lain (dalam koalisinya) kan belum tentu akan mau bersikap oposisi," kata pengajar FISIP Undip itu.

Teguh menegaskan, dalam politik hanya ada kepentingan yang permanen, semisal tokoh-tokoh yang semula berseberangan, menjadi lawan politik, tiba-tiba bisa menjadi kawan karena kepentingannya sama.

"Selama kepentingannya sama, ya jadi kawan. Namun, kalau (kepentingannya) sudah berbeda, ya bisa jadi musuh. Dulu Amien Rais tahu sendiri bagaimana dengan Prabowo. Sekarang berkoalisi," pungkas Teguh.

sumur

Prabowo kalah, koalisi merah putih pecah?


foto siapa ini?emoticon-Bingung (S)


Spoiler for barbuk:



sumur
0
2.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.