jkw4pbbAvatar border
TS
jkw4pbb
Bos KAI: Daripada Kereta Cepat Rp 200 T, Mending Bangun Rel di Luar Jawa

Jakarta -Rencana pemerintah untuk membangun sarana kereta cepat Jakarta-Surabaya seperti Shinkansen di Jepang mendapat kritikan. Dana Rp 200 triliun untuk proyek itu lebih baik untuk membangun rel di luar Jawa.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan mengatakan, saat ini kondisi infrastruktur kereta api di luar masih memprihatinkan.

"Kereta cepat? Lucu saja, di luar Jawa hampir tidak ada kereta api, cuma sedikit sekali, kok mau buat kereta cepat di Jawa," ucap Jonan kepada detikFinance, Selasa (29/7/2014).

Menurut Jonan, dana pembangunan kereta cepat tersebut lebih baik untuk membangun rel ganda (double track) kereta di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

"Uang segitu (Rp 200 triliun) bisa buat membangun 8-10 ribu kilometer double track," jelas Jonan.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono sebelumnya mengatakan, pemerintah akan mendapatkan bantuan pembiayaan dari Jepang untuk pembangunan kereta cepat ini. Untuk teknologinya, pemerintah juga berencana menggunakan teknologi seperti di Jepang dan Jerman.

Apakah tarif kereta ini akan disubsidi? Bambang mengatakan, di dunia ini sangat jarang kereta cepat mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun pemerintah bisa memberikan anggaran untuk pembangunan infrastrukturnya.

Sekarang, proyek ini masih dalam tahapan pra studi. Bambang mengatakan, masih banyak studi yang perlu diperbaiki untuk pembangunan transportasi ini, dengan melihat contoh-contoh kereta cepat yang ada di sejumlah kota di dunia.

Tak hanya sistem transportasinya saja, untuk kereta cepat ini, ujar Bambang, akan dibangun konsep mal di setiap stasiunnya. Tujuannya agar bisnisnya menjadi lebih menarik.
(dnl/dnl)
http://finance.detik.com/read/2014/0...-jawa?f9911013

pemerataan, Indonesia bukan Pulau Jawa aja...
0
4.1K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.