WELCOME TO MY THREAD
Berbicara mengenai TOYOTA LAND CRUISER tentunya yang ada di benak kita adalah mobil jeep dengan double gardan yang pada jaman sekarang sudah memiliki banyak varian. Yang dapat memenuhi kebutuhan masing-masing, dari pekerjaan, hiburan, hobi, dan lain-lain. Namun bila dilihat dari perkembangannya, mobil FJ40 - BJ40 tetap eksis sampai sekarang. Meski TLC (TOYOTA LAND CRUISER) telah mengeluarkan sejumlah type mobil terbaru, tapi mobil lawas ini tidak kalah dari segi fungsi, kemampuan, mesin, dan lain-lain. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang merawat, membangun, atau bahkan memodifikasi mobil jenis ini. Hal ini membuktikan bahwa mobil jenis ini tangguh dan menembus segala jaman.
FJ40 - BJ40 terkenal dengan tangguh karena body baja yang solid dan dipasangkan dengan chasis baja yang sangat kokoh dengan penggerak roda-4 (4 wheel drive) yang membuat mobil ini mampu melintasi segala macam medan. Pengemudi dan penumpang juga diberi rasa aman karena ruang yang luas dan kabin yang luas. Bahkan di bagian atas dapat dipasangi roll bar untuk menambah keamanan. dan juga bisa dilengkapi dengan winch, untuk keperluan offroad.
Spoiler for no repsol:
langsung aja cekidot penjelasan dibawah ini
Quote:
Spoiler for roll bar:
Spoiler for tkp:
Besi-besi yang dipasang diatas body mobil, adalah roll bar. Fungsi roll bar adalah untuk memberikan keamanan tambahan bagi pengemudi ketika offroad. Saat offroad, kita tidak tahu apakah kita akan terguling, masuk kubangan, atau apapun itu, karena itu, jika ada roll bar, maka ketika kita terguling, kita akan tetap aman-aman saja.
Spoiler for TANGGUH & SANGAR:
Spoiler for tkp:
Mobil ini memang tangguh di medan berat, terutama ketika tahun 1976 kapasitas mesinnya dinaikkan dari 3.700 cc menjadi 4.200 cc, 6 silinder. Nyaris tidak ada tanjakan yang tidak tertaklukkan. Tidak ada medan berat yang tidak bisa dilewati.
Posisi perletakan komponen elektrik yang ditempatkan jauh di bagian atas, memungkinkan performa mobil ini nyaris tidak terganggu untuk menerjang banjir atau menyeberangi sungai. Biar pengemudinya sudah mandi (air sudah masuk kabin!), asal kap mobil masih kelihatan, mobil masih mampu melaju.
Kapasitas mesinnya yang besar, membuat akselerasi mobil ini tidak mengecewakan untuk menyalib. Stabilitas yang cukup baik (dibandingkan dengan kompetitornya) membuat mobil mampu dipacu sampai 140 km/jam.
Adanya fitur 4WD untuk kecepatan tinggi, membuat mobil dengan ‘ground clearence‘ yang cukup tinggi ini sangat stabil dikendarai di jalan basah yang licin.
Tampilan fisiknya yang sangar dan macho, membuat pengemudinya percaya diri berlebihan karena tidak bakal ada pengemudi lain yang berani coba-coba men-intimidasi mobil ini di jalan umum (kecuali pengemudi bis yang ugal-ugalan juga, tentu saja).
Spoiler for MESIN:
Spoiler for tkp:
Mesin baru dipasang diesel Toyota 2H 6 silinder inline, 3.980 cc. Mesin ini banyak dipakai Toyota Land Cruiser jenis pikup diesel di Australia. Selain lebih bertenaga, juga cukup halus getarannya. “Mirip dengan getaran mesin besin.” Mesin ini dibeli berikut dengan gardan dan isinya. Pun pemasangannya tidak ribet karena hanya menyesuaikan engine mounting.
Spoiler for GARDAN:
Spoiler for tkp:
Gardan depan masih memakai BJ40 standar. Sedangkan gardan belakang diganti milik BJ40 versi Australia yang sudah floating. Discbrake asli bawaan gardan, sehingga tinggal disesuaikan dengan sistem pengereman BJ40. Final gir terpasang 9:37. Dan yang menggemaskan, semuanya dijaga sangat bersih. Fungsi utama gardan adalah membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil sedang membelok.Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat membelok dengan baik tanpa membuat kedua ban menjadi slip atau tergelincir.
Spoiler for DASHBOARD:
Spoiler for tkp:
layout asli dari BJ40 - FJ40, hanya saja ditambah dengan mesin pendingin sehingga memberikan kenyamanan jika mobil ini diajak jalan-jalan saat siang hari. Keaslian dari dashboard ini bisa melambungkan harga jual jeep. Taukah anda kalo harga speedometer asli bisa mencapai lebihd ari 500ribu..
Spoiler for HANDLE PERSNELING & SHIFTING GEAR:
Spoiler for tkp:
anda dapat melihat persneling kecil dibawah? persneling itu yang memberikan efek 4WD.
Spoiler for KELEMAHAN:
Kinerja mesin segede gajah itu tidak dibarengi dengan sistem rem yang memadai. Menggunakan rem tromol (drum brake) pada keempat roda dengan kinerja cukup buruk, berpotensi menjadi ‘kaleng maut’ apabila harus melakukan ‘panic stop’ pada kecepatan tinggi. Kinerja rem ini bertambah buruk apabila sang roda kena air (akibat kecelup banjir atau mandi di sungai). Pengemudi yang tidak biasa akan merasakan roda yang tiba-tiba mengunci ketika mobil di rem mendadak.
Kelemahan lain timbul karena kebiasaan pengemudi yang ‘hobby’ meletakkan kaki kirinya di pedal kopling. Mesin bertenaga raksasa ini tidak akan mampu ditahan kopling secara terus menerus. Kopling akan slip atau terbakar sama sekali. Memperbaiki kopling mobil ini berarti menurunkan seluruh sistem persneling, dengan kata lain menurunkan separuh mesin. Merepotkan!
Dan ini pengalaman ane sendiri, waktu papa ane kena macet di arah Malang-Lawang, mobil jeep ane nubruk kendaraan yang ada di depannya karena kendala ini..
Sampai kini, mobil ini masih banyak berseliweran di jalan umum, dalam berbagai macam kondisi. Sebagai “collector’s item” mobil produksi tahun 1961 dan 1984 saat ini dihargai orang tidak kurang dari harga sebuah Toyota Innova terbaru!.
Desain purwarupa mobil ini yang nyaris tidak berubah sejak 1960 sampai ‘kematian’nya 1984 menjadikan penampilan mobil ini sangat klasik (seperti VW Beetle)
Quote:
Sedikit pamer dari jeep ane Jeep ane mesin diesel, double gardan, ban achilles dessert hawk 33", tinggi 2.3 meter..
Spoiler for PAMER DULU GAN:
Sekian thread ini dibuat karena TS mau berbagi ilmu & pengetahuan tentang mobil legendaris FJ40 - BJ40. Bagi agan-aganwati yang berkenan boleh bantu sundul, komeng-komeng, , atau