V4PAvatar border
TS
V4P
[SEBENANRYA] PRABOWO MENANG VS. JOKOWI KALAH TELAK 2014
TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga Survei Nasional (LSN) memperkirakan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa bakal menang dalam pemilu presiden 2014. Perkiraan itu berdasarkan survei lembaga ini yang menyebut elektabilitas Prabowo-Hatta mengalahkan elektabilitas pesaingnya, yakni Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Survei kami 46,3 persen memilih Prabowo-Hatta dan 38,8 persen memilih Jokowi-JK. Sisanya 14,9 persen belum punya pilihan," kata Dipa Pradipta, peneliti LSN, saat menggelar jumpa pers di Le Meridien Hotel, Jakarta, Kamis, 12 Juni 2014. (Baca:Survei: Jokowi Unggul di 4 Kota, Prabowo di 3 Kota)

LSN digelar cukup singkat, yakni pada 1-8 Juni 2014 di 34 provinsi se-Indonesia. Survei yang melibatkan 1.070 responden itu dilakukan dengan metode wawancara dengan kuisioner. LSN mengklaim hanya memiliki tingkat kesalahan 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei itu, kata Gema Nusantara, peneliti LSN lainnya, diperoleh setelah melihat elektabilitas Jokowi-JK yang hanya menang di Jawa Tengah, daerah yang merupakan basis PDI Perjuangan, partai pengusungnya. Di daerah lainnya Jokowi-JK kalah telak. "Jawa Tengah 47,5 persen memilih Jokowi-JK dan 43,3 persen ke Prabowo-Hatta," katanya. (Baca:Cyrus: Angka Pemilih Kritis 5 Persen)

Gema mengatakan ada tiga faktor yang menyebabkan tingkat keterpilihan Jokowi-JK rendah dibanding Prabowo-Hatta. Publik dianggap jenuh terhadap figur Jokowi yang tidak berhenti diangkat oleh media massa bak manusia setengah dewa.

Kemudian, mesin partai pendukung Jokowi-JK tidak bekerja optimal mengusung mereka. Bahkan, publik dianggap mulai meragukan kapabilitas Jokowi karena menunjukkan penampilan yang tidak mengesankan. "Misalnya pada pengundian nomor urut dan deklarasi damai," ucapnya.

TRI SUHARMAN

http://pemilu.tempo.co/read/news/201...Ungguli-Jokowi



akh..sudahlah...memang gitu kenyataannya... emoticon-Kiss
0
3.6K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.5KThread40.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.