Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DhanaraAvatar border
TS
Dhanara
Story of tukang las
Sorry gans formatnya berantakan, cuma pakai hp soalnya.... emoticon-Hammer2


Di sini saya akan berbagi sedikit ilmu nih...
Seperti yang saya tahu, bahwa suami saya adalah seorang welder di sebuah perusahaan kitchen appliances terkemuka di negeri kangguru. Kangguru sih memang hewan khas milik australia (negara yang sedang diisukan menyadap pejabat negeri ini). Tapi ini kanggurunya berbeda, guys... Kanggurunya kali ini bermigrasi ke Indonesia. Tepatnya di Kota Surabaya. Nah, di kota itulah suami saya bekerja. Hehehe...

Yeah, welder adalah sebuah profesi yang cukup beresiko. Kalian tahu kan welder itu apa? Kalau belum, saya jelasin deh. Sekedar pengetahuan buat kalian yah, welder itu adalah sebutan untuk orang yang mengerjakan welding. Nah apakah welding itu? Welding adalah mengelas. Nah dari sini sudah paham kan ya?
Sekedar penjelas aja deh, mengelas sendiri adalah pekerjaan menyatukan dua logam yang terpisah menjadi satu (dikutip langsung dari ucapan suami saya)
Nah, sudah jelas kan ya?

Sebelumnya saya menjelaskan jika welder adalah pekerjaan yang cukup beresiko. Why? Karena because tak pernah never. Understand? Yah... itulah jawabannya... hohoho. Engga kok.
Ini nih beberapa dampak buruk pekerjaan welder.
Kegiatan welding sendiri berkaitan dengan sinar UV yang dihasilkan oleh proses penyatuan kedua logam tersebut. Selain sinar UV, bahaya kedua yang ditimbulkan adalah asap. Asap yang paling berbahaya ditimbulkan dari hasil penyatuan logam aluminium. Kenapa? Kalau yang ini, silakan googling yah...

DAMPAK DARI RADIASI SINAR UV
1. KULIT MENGELUPAS
Kalian tahu kan guys, akhir-akhir ini di kalangan kaum hawa lagi booming proses memutihkan kulit muka dengan proses pengelupasan. Kulit akan mengelupas dengan sendirinya setelah dioles krim yang konon harganya bisa mencapai ratusan ribu. Nah, suami saya ngga perlu repot-repot mengeluarkan uang mahal-mahal buat beli krim itu. Cukup dengan mengerjakan welding menggunakan gas Argon, maka efek kulit mengelupas a la pemutih masa kini pun bisa didapatkan.
Ya, begitu pulang dari kerja, suami saya kulitnya mengelupas, ibarat ular yang sedang ganti kulit alias mlungsungi.
Dan setelahnya, kulit suami saya pun menjadi lebih putih. Hehehe... hebat kan? Buat para lelaki dengan kulit gelap, bisa dicoba nih profesi satu ini.

2. IRITASI MATA
Sempat shock ketika suami saya pulang dari kerja dengan mata merah, berair serta ekspresi muka yang suram banget. Sempat terpikir di otak, apa jangan-jangan suami saya sudah dipecat ya sampai nangis kayak gitu. Sebagai istri yang baik, saya pun memberikan sedikit perhatian padanya. Maksud hati sih untuk membuatnya tenang dan gak nangis lagi.
Ternyata suami saya hanya merespon dengan "Yank, nanti dulu ya, aku lagi kena efek las nih. Mataku perih. Liat wajah kamu aja udah ngabur."
Oww, speechless lah saya.

3. TIDAK SUBUR ALIAS MANDUL
Suatu ketika saya pernah iseng-iseng sms suami saya seperti di bawah ini:
Saya: Cakcoy, katanya kalau ngelas bisa bikin mandul yah?
Suami: Iya yank. Bisa
Saya: Terus kalau sampean mandul gimana?
Suami: Kan pakai safety yank.
Saya: Safetynya kayak apa?
Suami: Itunya dikurung, terus digantung yank.
Saya: ITUNYA?
Suami: Iya. Itunya.
Saya: Itunya itu apa?
Suami: Itunya yang itu.
Saya: &&^$&^%*&(*^^&$$
Suami: hehe, gak kok yank. becanda
Saya: ow...

DAMPAK DARI ASAP HASIL PEMBAKARAN WELDING
1. PENYAKIT YANG MENYERANG PARU-PARU
Katanya sih bisa ditangkal dengan rajin-rajin minum susu. Ya buat menangkal radikal bebas aja. Pernah waktu belanja, saya minta suami saya untuk belanja susu bergambar beruang. Suami saya menolak. Lalu dia mengambil produk susu bermerek D*NC*W...
Oooh minta yang itu. Aku dan kau suka D*NC*W... Karena engkau, anak kerbau... eh.. hehe

Ya, itulah sekilas gambaran bagaimana dampak buruk dari welding. Nah, kalau udah tahu dampak-dampaknya nih, kira-kira terbayang gak, gimana model safety buat para welder?

Kayak gini nih, guys...

Helm dengan filter cahaya
Topi
Kacamata
Baju keselamatan
Celemek
Sarung tangan
Sepatu dengan cap baja
Proteksi pendengaran
Nah, kayak gitu... Yah kalau dibayangin mirip-mirip astronot mau masak lah... Hehehe...

Tapi jangan berpikir kalau welder itu profesi yang banyak resiko ya. Karena pada dasarnya semua profesi pasti ada resikonya. Tull gak???


Original post from http://bisajadi.net/207-safety-for-welder#
0
16.4K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.