andipraztAvatar border
TS
andiprazt
Macam-Macam Istilah Kondisi Handphone/Barang di Pasaran
Awalnya ane merasa bingung dengan istilah2 kayak BNIB, NOS, refurbish, dll saat berada di FJB kaskus, meskipun di beberapa lapak sudah ada penjelasan singkat tentang arti istilah2 tsb. Tapi tetep aja masih penasaran, cz beberapa penjelasan ada yang memberi arti yang berbeda, ada yang nulis 99% baru disebut BNIB(brand new in box), hp BM disebut BNIB, bahkan hp seken mulus disebut BNIB emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S). Makanya ane berinisiatif mencari artinya, awalnya nyari di kaskus ternyata g nemu, taudah emang belum ada atau ane salah nulis keywordnya, akhirnya nyoba nyari di gugel ternyata ada, meski g rinci2 amat, tapi lumayanlah daripada lumayun, heheheemoticon-I Love Indonesia (S)

langsung saja:

]1. BNIB (Brand New In Box)
yaitu barang baru yang benar-benar baru (tapi banyak juga barang refurbish dibilang BNIB,emoticon-Bingung (S)) yang hanya bisa didapatkan di provider/distributor resmi.

2. MIB (Mint In Box)
Maksudnya adalah barangnya dalam kondisi 'mint' dan berada dalam kotak aslinya, kondisi 'mint' maksudnya kondisi baru tanpa goresan/kerusakan. Namun bisa saja terdapat cacat pada box-nya seperti robek/ada bekas kecakar/sobekan selotip/penyok atau lainnya. Atau mungkin seal asli dari pabriknya pernah dibuka untuk melihat isinya namun kemudian di-seal lagi. Jadi jangan marah kalau ada seller yang menjual barang dengan kondisi MIB tapi box-nya gak perfect.emoticon-Malu (S)

3. MISB (Mint In Sealed Box)
Ini grade-nya lebih tinggi dari MIB. Memiliki arti bahwa baik barang maupun box-nya berada dalam kondisi mint/perfect. Seal pertama dari pabriknya tidak pernah dibuka sama sekali.

4. NRFB (Never Removed From Box)
Sama seperti artinya, yaitu barangnya tidak pernah dikeluarkan dari box sehingga belum pernah dipegang-pegang oleh siapapun. Istilah ini jarang digunakan seller di Indonesia sih setau ane.

5. NOS (New Old Stock)
Istilah ini cukup sering ane temuin di FJB kaskus. Artinya adalah barang ini merupakan barang lama, yang karena satu atau lain hal, baru diketahui oleh seller bahwa dia memiliki barang tersebut. Jadi kondisinya baru/mint tapi box-nya bisa saja penuh debu karena merupakan barang yang sudah disimpan sejak lama.

6. BIB (Back In Box)
Sesuai artinya yang berarti dimasukan kembali ke box, biasanya si penjual hanya membuka barang ini sekali untuk dipajang beberapa saat namun setelah itu dikembalikan ke box aslinya. Biasanya untuk BIB ini hanya figurnya yang dipajang, namun aksesori masih tetap pada tempatnya. Walaupun pada dasarnya barang bekas, tapi BIB secara logika bisa dibilang kualitasnya lebih baik.
Yang mungkin sering kita temuin kalau lihat di etalase toko2 distributor yang majang contoh HP asli, bukan dummy.

7. REFURBISH
Barang rekondisi. barang second / bekas yg casing nya diganti baru dan beberapa component mesin di rubah untuk menyerupai keadaan yg baru.

8. BM (Black Market)
istilah BM itu karena barang tsb di import tdk melalui distributor resmi. ( perorangan ) dgn kualitas barang sama. dan mungkin tdk bayar bea masuk. sayang di indonesia disalahkan gunakan HP BM di indonesia banyak yang diimport dengan jenis barang bekas yang bisa dipakai.ato barang afkiran(reject) kemudian dr indonesia dikondisikan baru. misal ganti Casing/tulang/Lcd. sehingga kelihatan baru. nah dgn demikian otomatis mutunya sagat beda...
sedangkan yang garansi resmi itu memang barang bener bener baru. meski kita tdk tahu jika ada oknum yang mencampur dgn yang rekond. 8 tahun yang lalu barang BM mutunya tdk kalah dgn yang resmi.

[9. BNOB (Brand New Out Box)
Refurb+BM.. barang second yang sudah di rekondisi / refurbish + BM tapi telah di segel rapih dan memiliki box segel plastikan.

10. Loose
diartikan di bahasa Indonesia "batangan", seperti handphone dimana dijual sebagai barang bekas dan tidak pakai box atau hanya isinya saja. Kalo Istilah rokoknya: ketengan. Ya, kebanyakan seller memakai kata 'loose' dalam artian jual tanpa box.
[/list]

Sekian trid ane semoga bermanfaat


Spoiler for meskipun masih acak2an ane g nolak koq dikasih:


TS tidak menolak dikoreksi, apabila ada agan yg memiliki pengetahuan lebih ane siap nampung koq

THANKSemoticon-Ngakak
0
137.1K
269
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.