herryrosadiAvatar border
TS
herryrosadi
JK Sangkal Bank Century Berdampak Sistemik


emoticon-Matabelo


JAKARTA – Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla akhirnya bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta untuk terdakwa Budi Mulya, Kamis (8/5).

Dalam kesaksiannya di persidangan, ia menegaskan bahwa Bank Century milik Robert Tantular tersebut merupakan bank kecil yang tidak mungkin berdampak besar dan sistemik.

"Bank Century adalah bank kecil. Dari laporan yang saya terima tidak ada (dampak sistemik-red)," ujarnya di persidangan.

Dari laporan yang diterimanya, Bank Century hanya mempunyai aset sekitar 0,7 persen dari total aset Bank Nasional. Artinya, Century hanya memiliki aset sebesar Rp 12 triliun, sehingga apabila ditutup pun tidak akan berdampak besar dan sistemik.

"Dari laporan tidak mengalami krisis besar, ada maslah perpindahan dana iya," tegasnya.

Sebelumnya, dalam kesaksian Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan apabila tidak segera ditangani, Bank Century bisa mengakibatkan krisis yang ditakutkan bisa berimbas kepada perbankan nasional.

Kekhawatiran dia, krisis tersebut bakal berimbas sitemik dan membesar seperti krisis yang terjadi pada tahun 1997-1998. (sar)

Sumber
Diubah oleh herryrosadi 08-05-2014 10:31
0
6K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.