Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TheJusticeAvatar border
TS
TheJustice
Deklarasi Koalisi PKB-PDIP Tunggu Momentum Tepat
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah menemui kata sepaham dengan PDIP soal format dan agenda pemerintahan mendatang. Deklarasi koalisi atau kerjasama politik kedua partai hanya tinggal menunggu waktu.

"Komunikasi sudah berjalan intensif tinggal menunggu momentum," kata Ketua DPP PKB, Abdul Kadir Karding saat dihubungi Republika, Senin (21/4).

Karding mengatakan seperti halnya PDIP, PKB juga ingin kerjasama politik yang dibangun antarpartai tidak didasarkan pada transaksi kekuasaan. Pemerintahan hanya akan berjalan efektif apabila didasarkan pada program, visi dan misi yang sama memecahkan persoalan bangsa. "Kami sepakat tidak mengedepankan proses dagang sapi, tapi pada kepentingan masyarakat secara umum. Orang nahdliyin dan marhaen di bawah banyak susah," ujarnya.

Mengenai penentuan posisi menteri di kabinet, Karding punya pendapat sendiri. Menurutnya posisi menteri sebaiknya diserahkan kepada presiden dan wakil presiden terpilih dengan tetap memintai pendapat partai-partai koalisi yang sudah dari awal bergabung.

Karding mencontohkan saat presiden membutuhkan menteri untuk pos tertentu, partai-partai koalisi diberikan hak menyampaikan usulan nama. Namun usulan dari masing-masing partai nantinya mesti diuji kompetensi berdasarkan kualifikasi yang dibutuhkan presiden. "Partai hanya bisa mengusulkan tapi presiden yang menentukan. Karena Indonesia menganut sistem presidensial," kata Karding.

Karding tidak memberi jawaban yang spesifik kapan koalisi PKB dan PDIP akan dideklarasikan. Dia menyatakan deklarasi itu sebaiknya diumumkan oleh pimpinan koalisi pengusung capres (PDIP).

http://www.republika.co.id/berita/pe...momentum-tepat

Yeayy...

PKB merapat ke PDIP..

PDIP-PKB-Nasdem..cukup lah itu..emoticon-Big Grin

Kasian si politikdomba yang angan2nya ingin Gerindra koalisi dengan PKB..bubarrrrrr........emoticon-Ngakak

0
3.2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.