Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

beta.eneloopAvatar border
TS
beta.eneloop
NOKIA X - WORTH TO BUY?


Hari ini 12 April 2014, Nokia X mulai dilaunching dan dijual untuk umum.

Harga yang ditawarkan pada saat launching mencapai Rp 1.199.000 dari harga retail RP 1.599.000.

Bagi yang belum tahu, Nokia X adalah handset pertama dari Nokia yang "menggunakan" Android, "menggunakan di sini berarti berbasis open source project Android, namun dengan fungsionalitas dan UI yang sama sekali berbeda dari UI stock Android, bahkan dari kebanyakan smartphone android dari vendor lainnya.

Spesifikasi nokia X sbb:


Melihat spek yang ditawarkan, Nokia X memang bukan dibuat untuk menyaingi HP flagship dari vendor pesaingnya. Beberapa orang juga mempertanyakan fungsionalitas Nokia X jika dibandingkan dengan smartphone Android lainnya. Fitur-fitur Google direplace dengan software racikan Nokia dan Microsoft sendiri.

Yang menjadi pertanyaan, layakkah membeli Nokia X saat ini? berikut pertimbangan anda

1. Nokia X diposisikan Nokia sebagai ponsel middle-low, yang masih termasuk dalam entry level / featurephone. Indikasinya antara lain: Desain yang menyerupai jajaran ASHA yang merupakan jajaran featurephone Nokia, Hadirnya fitur Dual SIM yang notabene dengan featurephone, serta harga yang kompetitif dibandingkan HP Android dari vendor lain. Jika anda mencari smartphone Android middle-high, silakan lirik vendor lain, atau jika anda seorang fanboy Nokia, jajaran Lumia layak dipertimbangkan.

2. Harga rilis di Indonesia pada saat launching terpaut cukup jauh dibandingkan harga launching di negara lain. India 8.599 Rupee = 1.6jtan, Malaysia 399 Ringgit = 1.4jtan

3. Dengan harga yang ditawarkan dibandingkan vendor lain (selain vendor lokal), Nokia X tergolong lebih terjangkau. Tengok HTC Desire 300 dengan spek yang hampir setara (kamera lebih unggul) yang dirilis dengan harga 2,5jtan, Samsung Galaxy Core (dengan RAM dan kamera lebih unggul) dirilis dengan harga 2,6jtan, LG L7 II Dual (dengan RAM dan kamera lebih unggul) di harga 2,5jtan

Jadi, Jika anda belum pernah menggunakan smartphone sebelumnya, alias Nokia X akan menjadi Smartphone pertama anda, YES

namun jika anda mencari Smartphone dengan spek middle-high, NO

anda bisa mempertimbangkan handset Android dari vendor lain atau Lumia (dengan harga lebih mahal), bisa juga mempertimbangkan handset dari vendor lokal (yang sayangnya purna jual yang hingga saat ini masih questionable)


zharki
zharki memberi reputasi
1
8.4K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.