flinttimAvatar border
TS
flinttim
Efektifkah Belajar di Kelas Virtual di Indonesia?
Pernah dengar mengenai kelas virtual? Terus apa bedanya dengan kelas sesungguhnya yang kita tahu selama ini. Di bawah akan dijelaskan mengenai Kelas Virtual dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh kelas umum.

Kelas Virtual adalah kelas online yang memberikan akses kepada anggota (dalam hal ini guru dan siswa) dapat berkomunikasi, berinteraksi dengan konten pembelajaran dan bekerjasama dalam grup. Kelas virtual berbentuk lingkungan pembelajaran online, dimana Lingkungan kelas virtual bisa merupakan web-based yang bisa diakses melalui sebuah portal atau berdasarkan software yang perlu diinstall terlebih dahulu. Kelas virtual memanfaatkan teknologi internet sebagai penghubung guru dengan siswanya.



Sama seperti kelas sungguhan, siswa dalam virtual kelas juga berpartisipasi dan mengikuti instruksi yang diberikan guru di kelas virtual, dimana mengharuskan guru dan siswa untuk log in ke dalam lingkungan pembelajaran virtual di waktu yang sama. Kelebihan kelas virtual dari kelas umumnya adalah, guru dan murid tidak harus di satu tempat.

Banyak sekolah dan bisnis telah menerapkan kelas virtual untuk edukasi jarak jauh. Keterbatasan kelas virtual dimana guru dan siswa sedikit bisa berinteraksi seringkali dibantu dengan menggunakan teknologi komunikasi dua arah, seperti web-konfrensi, video konfrensi, live streaming dan VoIP berbasis web. Siswa tetap bisa berinteraksi secara realtime semisal menggunakan video konfrensi. Untuk mendukung proses edukasi, aplikasi kelas virtual juga menyediakan siswa dengan komunikasi seperti message board atau kemampuan chat.

Kelebihan dari kelas virtual adalah guru dan siswa tidak mesti harus di satu tempat. Sehingga jarak dan tempat bisa dijembatani dengan teknologi yang ada di kelas virtual. Untuk Indonesia yang berbentuk kepulauan, adanya kelas virtual bisa menjadi solusi ketimpangan edukasi di Indonesia.

Sumber: Kesekolah.com
Diubah oleh flinttim 26-02-2014 08:48
0
1.5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.