• Beranda
  • ...
  • Singapore
  • Tertipu (terbodohi) oleh California Fitness (Bugis) Singapore, Advice?

pinkmummyAvatar border
TS
pinkmummy
Tertipu (terbodohi) oleh California Fitness (Bugis) Singapore, Advice?
Hi, teman2 regional Singapore.

Ini cerita tentang adik saya - jadi dia di Singapore utk study dan tahun depan dia (seharusnya) bakalan lulus lalu for good ke Indo. dia cewek, umur 22 dan belum bekerja.

Selama ini dia fitness di California Fitness Bugis branch, bayar nya per bulannya 70 something sgd. no problem selama ini.

kemarin jumat dia dapat tawaran dr marketingnya disana, bhw kl join membership 2 tahun dia bisa bayar perbulannya murah, sgd 58/month

then marketingnya lobby dia ttg segala keuntungan bla bla, adik saya tanya thn depan dia for good, bisa stop gak kalo gitu? marketingnya bilang bisa SUSPEND

sampai disini, memang ini kebodohan adik saya, dia english kurang bagus juga jadi dia anggap bisa stop - which is stop itu beda sama suspend. but she didnt realize it.

(tapi kenapa si pihak CFnya kok menjawab pertanyaan stop dengan suspend, apa mau membodohi orang?)

kemudian untuk pembayaran, adik saya juga tidak tanya detail ttg pembayarannya, dia assume bayarnya perbulan seperti sebelumnya.

Saat itu ada manager & marketing di depan dia trying to convince her.

Marketing juga tidak ada nyebut pembayarannya bakal gimana,

dan alhasil kontrak di keluarkan dan adik saya disuruh sign (langsung)
tidak ada kata2 suruh baca dulu atau apa, lgs di point ke bagian tanda tangan

dan parahnya, adik saya yg polos tanda tangan. gitu aja tanpa di baca. dan kasih debit cardnya (tanpa sadar kalo yg di charge itu biaya membership 2 tahun didepan)

sampai disini, kesalahan adik saya sendiri sih kok mau sign contract tanpa dibaca. dia juga sadar itu salah dia dan sudah saya marahin abis2an & sy yakin udh jadi pelajaran buat dia.

hr ini betapa kagetnya ketika dia cek saldo di bank terpotong SGD 1400
sisa bbrp ratus sgd aja di bank, buat byr sekolah juga gak cukup. emoticon-Cape d... (S)

Jadi pihak CF itu gak ngasih tau kalo bayarnya 2 tahun dibayar dimuka. adik saya juga ga baca contract. dan CFnya juga maksa bgt buat dia join membership itu, walaupun adik saya sdh state kl tahun dpn dia for good ke indonesia. Kayaknya sengaja taktik dagang dia
(setelah saya search di google ttg hal serupa, ternyata banyak yg memang di hard-sell, dipaksa/dipojokkan sm CF untuk beli membership mereka, since 2007)

Hari ini, adik saya datang lagi ke CF untuk cancel dan complaint kenapa kmrn ga dijelasin ttg pembayaran itu, bhw kemarin dia merasa di pressurize, bilang bisa stop suspend (jg tanpa dikasih tau biaya2nya, padahal setelah di google ternyata ada biayanya SGD200 untuk pemindahan nama, dan kl suspend cm boleh max 1 thn which is percuma kalo kita mau for good) ,

dan pihak manager malah menekan balik dia, blg dont use the word pressurize ya, di tanya emang brp umur km? , emangnya km ga bisa baca contract? trs soal stop vs suspend itu di tanggapi dengan, in dictionary, stop is different than suspend. (ya iya lah! cm dia kan ga ngerti..dan sptnya pihak CF menganggap ini sbg kesempatan)

adik saya jg blg kemarin ga ada disuruh baca, ga di explain tb2 suruh tanda tangan. eh managernya malah marah bilang dont raise your voice dan bhw dia merasa adik saya ga sopan emoticon-Bingung (S) menurut saya itu spt taktik managernya untuk bikin posisi adik saya makin ga berdaya krn dibalikin semua salahnya ke adik saya. (kasarnya, bodohmu sendiri)

intinya adik saya ga pinter ngmg dan karena masih cupu juga, ga bisa negosiasi. saya juga tinggal di indo, ga bisa bantuin dia disana. adik saya ga ada temen yg bisa diandalkan juga di sana dan saya googling2 cuman bs suruh dia lapor ke Consumers Association of Singapore (CASE) - but since ini weekend kayaknya br bisa diurus senin.

Adik saya udah telpon ke bank untuk tunda pembayaran yg SGD 1400 itu, tapi bank bilang ga bisa karena uangnya udh dibayarkan ke merchant (California Fitness) cuman tinggal tunggu merchant collect aja jadi bank suruh settle sama merchant sendiri (yg mana setelah di googling, California Fitness itu ternyata buanyak reputasi buruknya mengenai penipuan2 berkaitan sama pembayaran membership) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Mad (S)

buat para temen2 di sini barangkali ada yg bisa kasih advice langkah apa yg seharusnya adik saya ambil utk masalah ini? (advice yah...kalau cuman menegaskan lagi bhw itu salahnya dia sendiri etc...saya juga udh tau..dan its not helping us)

Thank you in advance.

tambahan... sore ini kita udah terminate GIRO yg sebelumnya di pake buat bayar perbulan fitness disana, pikiran kita sih biar CF in no way bisa charge lagi biaya perbulan yg SGD 70+ itu. Dan to my shock, kok amount nya (pihak California Fitness yg dulu masukin, bukan kita yg daftarin giro nya) luar biasa besar gini. Artinya kalo CF mau ngosongin rekening kita juga bisa dong kyk gini...apa kayak gini wajar?? emoticon-Bingung (S)

Spoiler for amount nya 99999999:


dan..pihak bank masih ga bisa cancel yg SGD 1400 itu jadi tinggal nunggu gmn responnya CF abis di kirimin surat sama CASE. emoticon-Berduka (S)
semoga aja bisa di cancel..dgn cancellation fee atau apalah..
Diubah oleh pinkmummy 08-02-2014 10:13
0
3.3K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Singapore
SingaporeKASKUS Official
910Thread317Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.