Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gigihyaudahAvatar border
TS
gigihyaudah
buat yang mau kuliah dan bingung milih jurusan nih!
Jurusan berprospek dalam 5 tahun kedepan

Harus diakui, idealisme menjadi pertimbangan paling penting dalam pemilihan jurusan.
Hanya saja, tidak salah rasanya jika kita memilih jurusan berdasarkan prospek ke depannya
Disini saya ingin coba mengungkapkan sedikit dari hasil ‘investigasi’ saya terhadap perkembangan industri dan efeknya untuk prospek jurusan.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

11.
Quote:


Quote:


Quote:


Dr semuanya saya justru merekomendasikan jurusan Geologi dan Geofisika. Prospek bagus dan tidak sekedar mendapat kerjaan. Maklum, jurusan ini bukan jurusan yang bisa dipelajari dengan pengalaman. Jadi, anda tidak ada saingan lagi.Maklum, untuk jurusan lain masih bisa dibolak-balik. banyak yang changing career. Insinyur teknik kimia bisa aja menjadi insinyur kontrol yang biasanya ditempati teknik fisika dan elektro begitu juga sebaliknya. Progammer malah lebih luas cakupannya. Design engineering juga bukan hanya bisa dikuasai teknik sipil. Rotary engineering juga bukan hanya bisa didapatkan anak teknik mesin. Jadi hampir semua bidang bisa ditukar2 profesinya. Kecuali Geologi. Hanya orang geologi dan geofisika yang ngerti. Makanya kalo ada seorang geologis mengundurkan diri dari perusahaan, perusahaan akan bingung karena sulit cari pengganti. Hal ini mungkin beda dengan bidang lain.

Tapi kalo dari sisi banyaknya lowongan, maka saya sangat merekomendasikan teknik mesin dan teknik kimia. selain banyak, jika anda masuk ugm, itb, ui, sepertinya masa depan anda akan terjamin. meskipun untuk mendapatkannya anda harus berjuang sampai berbulan2 bersaing di pasar kerja.

Selain itu, saya juga merekomendasikan Teknik Fisika. Dari segi lowongan memang tidak terlalu banyak. namun dengan jumlah lulusan yang sedikit, hal itu cukup sebanding kok.

Mungkin ‘investigasi’ saya kurang valid. Tapi kebanyakan saya dapatkan langsung dari praktisi. Bukan sekedar analisis seorang mahasiswa. Semoga bisa sedikit membantu teman2 dalam memilih jurusan untuk bidang science. Sekali lagi, ini bukan tulisan ilmiah, cuma hasil ngobrol ngalor-ngidul dengan yang sudah berpengalaman. yah, hasilnya saya tuliskan disini. Anda percaya ?? Saya harap bisa membantu. Tidak percaya ?? Jadikan sebagai bahan bacaan aja. okey !!

Ada yang mau share…??? share emoticon-Blue Guy Cendol (L)juga boleh gan,hehe asal jangan ini gan ,emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
5K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.