Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zeroboysAvatar border
TS
zeroboys
[Be Wise] KASKUS adalah perusahaan, bukan organisasi nirlaba
beberapa waktu terakhir ini, banyak kaskuser yang merasa resah dengan tampilan awal KASKUS, yang menampilkan iklan foto salah satu balon capres/cawapres RI 2014-2019, Bapak Gita Wirjawan
"]

alhasil, bermunculan thread yang mempertanyakan hal ini, bahkan langsung men-judge KASKUS telah menjadi tunggangan politik salah satu parpol tertentu dalam rangka pemilu tahun depan. jujur hal ini membuat gw kecewa. atas dasar apa kaskuser nge-judge KASKUS seperti itu?
dari beberapa thread dan komen kaskuser, gw mendapati komentar sebagai berikut:
1. Kaskus tidak terlibat politik/tergabung dengan Parpol/Organisasi politik yang ada di Indonesia.
hal ini gw tidak tahu, benar atau tidaknya. tapi setelah membaca General Rules, about kaskus di KASKUS, tidak ada satu kalimat/kata yang menegaskan bahwa KASKUS tidak berpolitik dan atau mendukung salah satu parpol/organisasi politik di Indonesia. mungkin ini butuh konfirmasi lebih dari pihak berwenang (momod, admin, dkk). setahu gw, kebebasan berpolitik di Indonesia itu adalah hak setiap warga negara, tidak terkecuali organisasi. dalam hal ini, KASKUS adalah sebuah perusahaan profesional, seandainya pun KASKUS terjun kedalam dunia politik, itu adalah hak mereka.

2. KASKUS tidak netral lagi, karena menampilkan iklan balon presiden/wapres
lagi-lagi gw bertanya, atas dasar apa kaskuser nuduh pihak kaskus tidak netral? mengutip dari general rules kaskus:
Quote:

dari kalimat diatas, kita tahu Kaskus adalah komunitas gratis yang dikelola secara professional. artinya, KASKUS mempekerjakan orang-orang dengan kapabilitas dan kompetensi tertentu untuk menangani dan mengembakan komunitas ini, simplenya mereka digajiuntuk itu. nah darimana KASKUS dapat duit untuk mendanai ini semua? KASPAY, iklan dll. sadar tidak sadar, terima ga terima, KASKUS sudah menjadi sebuah situs komersial bro. biaya besar dibutuhkan untuk menjalankan komunitas ini. cobalah memandang iklan yang ada sekarang ini sebagai murni usaha dari manajemen KASKUS untuk mencari dana/profit demi menjalankan roda usaha.

3. KASKUS memihak parpol tertentu karena banyak thread yg protes iklan balon capres/cawapres didelete momod
yup, emang bener banyak thread didelete karena mempertanyakan iklan tsb. atas dasar penghapusan ini gw sebagai kaskuser awam juga tidak tahu menahu, ini adalah kebijakan dari manajemen KASKUS dan atau keputusan pribadi moderator, CMIIW.
bisa saja thread yang terlalu banyak itu dianggap mengganggu, karena isinya kurang lebih sama, jadi untuk merapihkan forum, terpaksa kena delete.
atau bisa saja karena ada deal antara pengiklan dan manajemen KASKUS mengenai iklan ini. ini adalah urusan pribadi KASKUS, dan tidak perlu kita ketahui.

gw berharap, kedepan tidak usah lagi membuat thread yang memprotes KASKUS mengiklankan produk/icon tertentu, karena KASKUS adalah perusahaan, bukan organisasi nirlaba. semua aktivitas perusahaan/situs membutuhkan biaya.
kaskuser teriak2 KASKUS adalah komunitas yang menjunjung FREEDOM OF SPEECH, tidak terima threadnya didelete, iklan balon presiden/wapres dari parpol tertentu, tapi tidak melihat dari kacamata pihak KASKUS. secara tidak langsung kaskuser sudah mengekang "kebebasan" pihak KASKUS untuk mencari dana/profit.

akhir kata, mohon maaf klo ada salah kata. utarakan pendapat secara elegan, bukan bebas yang kebablasan.
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
0
2.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.