Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Tablo72Avatar border
TS
Tablo72
Yuk Mari, Cari Tau Apa Itu Traction Control Di MotoGP.


Mulai dari sekitar tahun 2009, MotoGP udah nambahin alat baru pada motor mereka, yaitu Traction Control (TC) atau kontrol traksi (KT). Gak cuma motor prototype yang dipake buat balapan di MotoGP aja yang pake TC bradsis, tapi sekarang moge sport dengan kapasitas mesin di atas 500 cc juga udah banyak yang pasangin TC di motor mereka. Sebenernya, apa sih TC atau KT itu?

Anti-Selip Regulasi


Kalo diliat dari sistemnya, TC ini adalah sistem yang mampu menjaga rasio selip antara ban dengan permukaan jalan dengan cara mengontrol beberapa peralatan elektronik lainnya untuk ngasih perlawanan percepatan terhadap perubahan kondisi kontur dari jalanan atau sirkuit.

TC sendiri terbagi jadi dua lagi bradsis, pertama adalah kontrol torsi mesin yang fungsinya menjaga kondisi steady state plant, dan yang kedua adalah kontrol torsi pengereman yang fungsinya mencegah adanya torsi dengan ngasih gaya gesek yang berbeda di antara kedua roda.

Jadi, TC itu dipasang di motor untuk mencegah terjadinya wheelspin bradsis. Wheelspin sendiri adalah keadaan di mana ban motor berputar lebih cepat dari seharusnya, tapi grip ban sendiri gak mumpuni, atau kalo anak freestyle bilangnya burnout.


Komponen TC juga ada banyak bradsis, antara lain sebagai berikut:
1. Wheel Speed Sensor (WSS): Sensor ini yang ngasih informasi ke ABS untuk diterusin lagi ke ECU.
2. ECU (Electronic Control Unit): ECU nerima sinyal dari WSS, sinyal ini ngasih perintah ke kecepatan roda penggerak.
3. Hydraulic Unit.
4. Electronic Throttle Control Actuator.
5. Simplified Throttle Control Actuator.
6. Fuel Injection dan Ignition Control: Dua alat ini punya tugas untuk ngurangin pasokan bensin secara perlahan.




Sistem TC juga bisa dibilang sebagai Anti-Selip Regulasi (ASR). Alat ini biasanya dipake sebagai fungsi sekunder pada Anti-Lock Braking System (ABS) pada motor. Tugasnya mcem-macem bradsis, bisa ngurangin pasokan bahan bakar ke satu atau lebih silinder kayak yang udah dijelasin tadi di nomer 6. Pengereman juga bisa diatur sama sistem TC.

Jadi, TC ini nyambung kemana-mana bradsis, mulai dari bagian mesin, sampe ke bagian pengeremannya. Satu yang pasti, semua butuh peralatan elektronik yang mutakhir. Itu dia alasannya kenapa motor dengan sistem TC ini harganya selangit.


Source : http://www.motorexpertz.com/content/...ontrol-Traksi-

Quote:

Diubah oleh Tablo72 08-11-2013 04:24
0
12.8K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.