• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Saat Buruh Jadikan Keuntungan Pedagang Minuman Alasan Kenaikan UMP

rindwaAvatar border
TS
rindwa
Saat Buruh Jadikan Keuntungan Pedagang Minuman Alasan Kenaikan UMP
Jakarta - Mereka hampir pasti akan selalu ada saat para buruh berunjuk rasa. Jika Anda menebak polisi maka Anda salah, karena mereka adalah wirausahawan kecil penjaja minuman, makanan, atau hanya sekadar permen.

Bagi pengusaha kecil, kumpulan orang yang jumlahnya bisa mencapai ratusan sampai ribuan itu adalah peluang pasar yang menggiurkan. Sama-sama ingin sejahtera dan hidup berkecukupan, tetapi mereka melakukannya dengan cara berbeda.

"Masak upah kita hanya dinaikan jadi Rp 2,4 juta? Air mineral saja setengah tahun lalu di sini Rp 3.000, sekarang naik jadi Rp 5.000, naiknya lebih dari 50%. Masak upah kita tidak naik 50%?" seru salah seorang orator dari buruh di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2013).

Pengusaha kecil yang keuntungan dagangannya dicatut, dijadikan pembanding untuk menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP), tidak mempedulikannya. Dengan santainya mereka hilir mudik di antara para demonstran menjajakan dagangannya.

"Mumpung ada demo nih, kan ramai jadi pasti laris. Harga sama kok, tetap Rp 4.000, nggak dinaikin," kata Adur (21) yang berjualan air mineral.

Keterangan Adur sedikit berbeda dari yang diorasikan buruh. Tapi dia punya alasan sendiri menjual air mineralnya Rp 4.000, bukan Rp 5.000 seperti yang mungkin orator beli dari pedagang lainnya.

"Kalau kita naikin harganya, nanti nggak berkah, uangnya cepat habis. Disyukurin saja sedikit-sedikit pasti banyak juga hasilnya," tuturnya.
Seiring dengan bubarnya para buruh, Adur dan kawan-kawannya juga meninggalkan depan Balai Kota. Kenaikan UMP berapapun besarnya mungkin tidak akan berpengaruh langsung bagi pria yang tinggal di Tanah Abang itu. Karena mereka mandiri.
"Orang kita setor ke bos aja Rp 2.000 per botol. Udah lumayan kan dapetnya kalau dijual Rp 4.000?" pungkasnya.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/01/214039/2402094/10/saat-buruh-jadikan-keuntungan-pedagang-minuman-alasan-kenaikan-ump?991101mainnews[/url]

koplak banget nanloginya si buruh...emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.