Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kortikalAvatar border
TS
kortikal
[Hayo, Lebih percaya mana?] Foto CT tunjuk SBY asli apa rekayasa
Roy Suryo Akui Foto CT Tunjuk SBY Asli

Jakarta - Baru-baru ini beredar luas di microblogging Twitter, Foto yang diduga mirip pengusaha terkenal Chairul Tanjung (CT) yang nampak dalam posisi berdiri sambil mengacungkan tangannya menunjuk ke arah SBY dalam sebuah ruangan yang tidak diketahui lokasi persisnya. Di foto itu juga terlihat ekspresi kemarahan CT pada SBY.

Untuk mengkonfirmasi foto itu. Pakar telematika Roy Suryo membenarkan bahwa foto yang beredar di dunia maya yang menunjukkan Chairul Tanjung tengah "marah-marah" pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah asli, dan bukan hasil permainan grafis (editing).

Kendati itu dirinya membantah apabila raut wajah salah satu pengusaha Indonesia itu tengah emosi dan menunjuk wajah Presiden SBY. Sebab menurut Roy, arah tangan atau telunjuk daripada Chairul Tanjung tidak mengarah pada Presiden SBY.

“Ekspresi semua dalam ruangan itu masih santai-santai saja,” kata Roy saat dihubungi, Kamis (26/09/2013).

Anggota Dewan Pembina ini mengatakan bila, wajah yang ditunjukkan oleh istri presiden, Ani Yudhoyono masih tampak sangat santai. “Sangat tidak mungkin kalau memang ada yang marah-marah,” terang mantan anggota DPR itu.

Lebih jauh Roy menjelaskan jika gambar tersebut diambil di salah satu ruangan di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali untuk membahas persiapan acara Asia Pacific Economic Coorporation (APEC) yang dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan di Bali, di mana Chairul Tanjung merupakan Ketua Penyelenggara acara tersebut.

“CT sedang menjelaskan fasilitas alat-alat di sana,”tutup Menteri Pemuda dan Olahraga ini.
sumber

VERSUS

Foto Chairul Tanjung Tunjuk SBY Dipastikan Rekayasa

Liputan6.com, Jakarta : Perbincangan hangat di media sosial tentang foto dugaan pengusaha Chairul Tanjung (CT) menunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan hasil rekayasa. Dari digital forensik yang dilakukan didapat, ada rekayasa dalam pembuatan foto yang sudah beredar di dunia maya itu.
"Saya telah melakukan digital image forensic terhadap foto, dan hasilnya memang rekayasa," kata Ketua Forum Akademisi IT, Hotland Sitorus kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (26/9/2013).

Menurut Hotland, secara kasat mata dapat dipastikan foto itu hasil rekayasa. Hal itu, kata Hotland, terlihat dari ukuran tangan kiri pengusaha yang akrab disapa CT itu, yang digunakan untuk menunjuk SBY.

"Ukuran tangan CT tidak proporsional. Demikian juga posisi tangan kiri yang menunjuk ke arah sisi luar kiri, tidak tepat apabila disandingkan dengan posisi badan, terutama arah wajah CT," lanjut Hotland.

"Saya jamin kalau foto tersebut adalah hasil rekayasa, jadi itu tidak perlu dibesar-besarkan."

Selain itu, kata Hotland, presisi elemen gambar pada border lengan kiri tidak sama kualitasnya dengan elemen gambar tubuh CT. "Rekayasa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak open source gd-jpeg v1.0," imbuh Hotland Sitorus yang juga dikenal sebagai pakar Digital Forensic.
Yang mencurigakan dalam foto rekayasa, posisi mulut CT menganga lebar. Padahal, dalam gambar resmi yang diterima Liputan6.com dari Biro Pers Istana Kepresidenan, posisi mulut CT sedang merapat.

Selain itu, jepretan hasil rekayasa juga memperlihatkan jari telunjuk CT yang menunjuk. Dari gambar asli, CT menunjuk menggunakan jempol kiri.

Media sosial digegerkan dengan beredarnya foto CT yang sedang menunjuk Presiden SBY. Dalam foto yang ramai beredar di Twitter tersebut, disebutkan CT marah kepada SBY.

Foto itu merupakan jepretan Fotografer Istana, H Abror Rizki. Gambar itu mengabadikan Presiden SBY saat meninjau berbagai aspek kesiapan penyelenggaraan KTT APEC di Bali. (Ism/Mut)
sumber

Karena bukan foto bokep, ane jadi lebih percaya Ketua Forum Akademisi ITemoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
0
2.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.