Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OmotomOAvatar border
TS
OmotomO
(Bukan Hanya Mobil Murah) Pengerjaan MRT, juga Bikin Jakarta Bakal Tambah Macet
Jakarta - Pengerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang dijadwalkan akan dimulai bulan depan membawa konsekuensi terhadap arus lalu lintas di ibu kota. Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Azaz Tigor Nainggolan mengatakan pembangunan proyek tersebut bakal menimbulkan efek macet dan menyulitkan warga Jakarta dalam berlalu lintas.

"Dalam proses pembangunan konstruksinya bakal sulit mengurai kemacetan di ibu kota," kata Azaz kepada detikcom, kemarin.

Dengan segera dimulainya pengerjaan, Azaz juga mengingatkan agar pemerintah provinsi DKI tidak hanya menjadikan MRT sebagai satu-satunya andalan untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

Ia menekankan, MRT juga harus dilengkapi dengan kebijakan lain yang bisa mengurangi jumlah kendaraan pribadi seperti penerapan parkir mahal, sistem nomor kendaraan ganjil-genap, hingga sistem Electronic Road Pricing (ERP). “Kalau cuma MRT belum bisa. Harus ada kebijakan pelengkap buat kemacetan di Jakarta ini,” ujar Azaz menegaskan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami mengakui pembangunan MRT akan berpengaruh terhadap kemacetan lalu lintas. Selain pihaknya sudah memikirkan persoalan kenyamanan publik ini seperti pengalihan arus lalu lintas, juga akan dilakukan upaya pengaturan jadwal konstruksi untuk mengurangi dampak lalu lintas.

Dono menjelaskan pengaturan ini antara lain mencakup penyimpanan alat konstruksi, pengaturan jadwal mobilisasi peralatan berat, serta penempatan petugas lalu lintas yang akan disiagakan selama proses konstruksi berlangsung

“Kami katakan kalau proyek MRT Jakarta punya kompleksitas konstruksi yang tinggi, waktu lama, dan ganggu lalu lintas. Tapi, kami berusaha agar cita-cita mengurangi kemacetan Jakarta dengan pembangunan MRT bisa terwujud,” kata Dono menguraikan.

Dia menjelaskan untuk persiapan sejauh ini, sejak dua pekan lalu sudah dilakukan tes eksplorasi di dua lokasi di Jalan Sudirman. Khusus untuk groundbreaking lokasi bakal dilakukan di area Dukuh Atas. Adapun persiapan yang sudah dilakukan adalah proses clearance area seperti pemindahan dan pemotongan pohon serta pemasangan pagar.

Begitupun dari kontraktor yang sudah siap untuk mobilisasi peralatan berat serta pembuatan tanggul yang dalam proses. “Ground breaking ini adalah salah satu tahapan dalam persiapan pelaksanaan konstruksi MRT,” ujar Dono.

Soal pelaksanaan konstruksi, dia merincikan ada tiga tahap pekerjaan yang dilakukan PT MRT. Pertama, paket konstruksi layang, kedua konstruksi untuk underground, dan tahap tiga yaitu paket rolling stock/kereta.

“Pelaksanaan konstruksi MRT dilakukan secara paralel. Tahap awal konstruksi untuk bagian under ground karena pelaksanaannya kompleks dan membutuhkan proses waktu yang lama,” ujarnya.



[url]http://news.detik..com/read/2013/09/18/131623/2362087/10/2/pengerjaan-mrt-jakarta-bakal-tambah-macet[/url]

Quote:
0
2.1K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.