BaseframeAvatar border
TS
Baseframe
Perbedaan TEORI dan PRAKTEK
Suatu hari seorang Murid menulis surat kepada guru Spiritual_nya yang tinggal di seberang sungai.

“Guru, kini murid sudah mencapai tingkat Ketenangan diri ‘Tidak goyah oleh goncangan hidup dan ego’. Kini jiwa murid tenang dan tegar bagai gunung, hening bagai air telaga ...."

Setelah membaca, Sang guru dengan senyum sabar membalas surat muridnya, dan setelah surat di kirim balik sang guru, si Murid dengan bangga membuka surat gurunya.

Dalam surat hanya tertulis satu kata: BOHONG !!

Si Murid langsung naik pitam,”Guru sungguh keterlaluan, selalu negative thinking, suka curiga, prejudis, prasangka buruk, aku harus segera menemui guru, ku ajak debat terbuka, akan kubuktikan kalau aku tidak bohong!”

Si Murid segera mendayung sampan menyeberang sungai. Setelah tiba di seberang sungai bergegas menuju tempat gurunya.

Baru mau mengetuk pintu tempat sang Guru, tangannya tertahan, mukanya yang merah padam berubah pucat. Kesombongannya hilang berganti rasa malu. Dengan kepala menunduk, melangkah pelan kembali ke sampannya, mendayung pulang.

Apa yang terjadi?

Di depan pintu Sang Gurunya rupanya telah menempel secarik kertas :

“Katanya tidak goyah oleh goncangan hidup, ternyata hanya dengan sebuah kata bohong saja kamu sudah terpukul dan terpelanting hingga menyeberang sungai.”

Kebenaran itu bukan hanya sekedar pemahaman, pemahaman hanyalah sebuah konsep dan konsep bukanlah kebenaran itu sendiri. Kebenaran yang hidup adalah pengalaman yg harus langsung dijiwai dan diterapkan dalam prilaku kehidupan sehari-hari.

Si Murid hanya berteori, tetapi gurunya mau dia langsung mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Si Murid hanya mengetahui sebatas teori dan pemahaman, sementara gurunya mau muridnya memasuki pengalaman langsung dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari !!


Pesan TS :
Karenanya Tuhan tidak mengatakan seseorang beriman kalau belum di berikan ujian, dan ujian hidup itulah kita mengetahui apakah kita baru sekadar berteori atau sudah mempraktekannya sehari - hari.

Begitu juga bagi adik - adik mahasiswa dan pelajar yang merasa bahwa kuliah sudah cukup dan puas kalau ujian teori di kampusnya bagus sesungguhnya kecerdasan kita diuji saat sudah berkecimpung di dunia kerja dan usaha


Semoga bermanfaat .... emoticon-Smilie
0
5.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.