Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

haditriyantoAvatar border
TS
haditriyanto
Review Film: Elysium 2013
Kamis malam kemarin saya menyempatkan diri menonton film yang saya tunggu dibulan Agustus ini. Elysium. Dan mungkin karena masih weekday tempat yang kosong masih lumayan banyak. Ini adalah hari ke dua pemutaran di bioskop (Selain IMAX) dan sepertinya belum menarik perhatian penonton seperti Si Jaiger, Pahlawan Pembasmi Kaiju di film Pasific Rim.


Pada tahun 2154, orang yang sangat kaya hidup di Elysium, sebuah stasiun ruang angkasa berteknologi tinggi diatur oleh Presiden Patel (Faran Tahir), dalam pengaturan yang mencakup akses ke alat medis yang menawarkan pengobat instan, sementara orang lain hidup di bawah (bumi), yang kelebihan penduduk, penyakit, hancur dan kumuh. Mereka yang memerintah di Elysium menegakkan undang-undang anti-imigrasi dan melestarikan gaya hidup warga negara mereka, bahkan menghancurkan kapal yang mencoba untuk sampai ke sana.


Setelah kecelakaan industri yang membuat dia keracunan radiasi di pabrik pekerja, Max Da Costa (Matt Damon) hanya memiliki waktu lima hari untuk mendapatkan akses dari Los Angeles ke Elysium agar dapat disembuhkan. Max dilengkapi dengan exoskeleton (alat memperkuat tubuh) yang kuat dan berupaya menculik seorang pengusaha kaya (William Fichtner) untuk mencuri identitas dan membajak jalan ke Elysium. Dia akan melawan Mentri Pertahanan dan Keamanan Elysium, Delacourt Rhodes (Jodie Foster) dan pasukan polisi rahasianya, yang dipimpin oleh Agen Kruger (Sharlto Copley).

Spoiler for Gambar-Gambar:


Ringkasan Cerita
Seorang anak Max, memiliki teman gadis bernama Freya yang bisa membaca. Max tinggal di sebuah panti asuhan dengan biarawati ramah. Max berharap suatu hari nanti dapat pergi ke Elysium, sebuah roda seperti stasiun ruang angkasa yang menggantung di atas langit. Suster itu mengatakan kepadanya bahwa dia lahir untuk melakukan sesuatu yang hebat.

Saat dewasa, Max (Matt Damon) bangun dan pergi ke halte bus di Favela (seperti LA). Dia dihajar oleh dua robot polisi yang mematahkan lengannya. Di rumah sakit ia bertemu Freya (Alice Braga) perawat, setelah bertahun-tahun terpisah. Max juga harus pergi kantor pembebasan bersyarat dan memeriksa dengan petugas otomatis. Saat datang terlambat di pabrik, dia dimarahi oleh atasannya. Max bekerja di sebuah pabrik perakitan robot. Di bilik kaca di atas lantai pabrik, Carlyle (William Fichtner) pemilik perusahaan mengamati para pekerja dengan seksama.

Keesokan harinya Max pergi bekerja lagi, temannya Julio (Diego Luna) mencoba merayunya untuk untuk kembali melakukan kegiatan kriminal, Namun Max menghiraukannya dan langsung pergi. Di tempat kerja semua normal sampai mesin yang dia operasikan macet. Atasannya memerintahkan Max untuk masuk ke dalam, Tapi Max ragu-ragu. Saat dia masuk dan memperbaiki posisi benda yang tersangkut, tiba-tiba pintu tertutup dengan sendirinya dan Max terkena radiasi dari mesin tersebut. Ia dirawat di klinik pabrik. tapi robot yang merawatnya menyatakan ia memiliki lima hari untuk hidup, setelah menandatangani surat Max dan memberinya beberapa obat penghilang rasa sakit. Carlyle memerintahkan untuk memecat Max.

Saat tiba di rumah dalam keadaan sekarat Max bertemu Julio dan mengatakan ia harus pergi ke Elysium, ia akan melakukan apa pun untuk Spider. Mereka pun pergi ke sebuah pusat komando pemberontak berteknologi tinggi yang dipimpin oleh Spider (Wagner Moura). Max setuju untuk men-download info dari seorang pria kaya dari otak implan orang tersebut sebagai pembayaran ke Elysium. Karena Max dalam keadaan sekarat, para teknisi memasang Exoskeleton Generasi ke-3 untuk Max dan memasang perangkat implan untuk otaknya.

Delacourt bertemu diam-diam dengan Carlyle dan merencanakan kudeta dengan imbalan 200 tahun kontrak senjata. Carlyle memiliki program keamanan komputer utama.

Keesokan harinya Max, Julio dan dua pemberontak lainnya mendekati kompleks Carlyle, dia baru saja meng-upload program keamanan yang dimodifikasi untuk implan yang telah di enkripsi. Max menembak kapsul terbang Carlyle dengan bom kecil. Saat jatuh, Max dkkmengejar dan melawan dua robot penjaga Carlyle. Sementara Delacourt melihat apa yang terjadi dan memerintahkan Kruger kembali ditugaskan untuk menangkap Max dkk, ia dijemput oleh sebuah pesawat serbu dan mereka tiba di pertempuran. Implan yang di tanam di kepala Max digunakan untuk mengambil isi data dari Carlyle. Carlyle terluka parah dalam baku tembak, para pemberontak hanya berhasil men-download implan sebelum Kruger tiba dan menembak mereka. Max adalah satu-satunya orang yang selamat dan berhasil melarikan diri, meskipun terluka parah. Dia berhasil ke rumah sakit dan memanggil Freya saat ia dalam perjalanan pulang. Freya mebawa Max dan putrinya ke rumahnya untuk menolong Max.

Kruger dan tim serangannya meluncurkan Probe( alat pelacak) untuk mencari Max. Setelahnya Delacourt memerintahkan larangan terbang di LA agar Max tidak bisa melarikan diri. Saat Max bersiap untuk pergi, Freya mengatakan membutuhkan bantuan untuk putrinya yang memiliki penyakit agar bisa dibawa ke Elysium dan di sembuhkan. Namun Max mengatakan ia tidak bisa membantu. Karena hanya warga Elysiumlah yang bisa disembuhkan dengan alat penyembuh tersebut. Probe menemukan Max, Kruger dan krunya segera menuju ke arah Max. Kruger tiba di rumahFreya dan membawa dia dan anaknya. Spider menghubungkan komputer ke implan Max untuk melihat apa yang ada di implan tersebut, ia melihat itu adalah program utama untuk keamanan Elysium. Mereka menyadari betapa pentingnya hal itu. Max menyadari bahwa dia dapat menggunakan hal itu untuk menyembuhkannya, dia diri ke Kruger agar dapat dibawa ke Elysium. Kruger setuju dan Max datang naik ke kapal.

Agar dapat ke Elysium Delacourt membuka kembali larangan terbang LA. Spider dan kelompoknya mengikuti Max dan Kruger ke Elysium.

Saat mereka memasuki orbit stasiun ruang angkasa Elysium. Salah seorang tentara mengejek Max dan perkelahian pun terjadi, granat meledak dan melukai Kruger. Pesawat pun akhirnya jatuh. Spider dan kelompoknya pergi untuk mencari Max. Delacourt mengambil memberitahu Presiden bahwa ini sebagai tindakan perang dan dia menggantikan presiden bertanggung jawab mengahalau para pemberontak tersebut.

Max dibawa keruang teknisi Delacourt dan mulai meng-upload data dari implan Max. Lalu Delacourt pergi ke gudang senjata di mana Kruger baru saja mendapat wajah baru melalui alat yang mencangkok wajahnya. Tapi tiba-tiba dia menusuk Kruger di leher dengan sepotong pecahan kaca. Para prajurit melemparkan Delacourt ke ruang terkunci sama dengan Freya dan anaknya yang sekarat. Freya mencoba untuk membantu Delacourt tapi terlambat, dia meninggal. Kruger kini telah mengenakan Exoskeleton juga. Dia dan dua anak buahnya meninggalkan ruangan tersebut untuk mencari Max. Mereka juga melemparkan granat dan menciptakan kekacauan di pusat komando Elysium.

Max pulih dan dia menuju ke gudang senjata dan menemukan Freya. Dia berkelahi melawan salah satu anggota Kruger dan menyuruh Freya dan gadis naik lift, mengatakan kepadanya untuk menemukan medical pod. Max kemudian bertemu dengan Spider dan mereka menuju laboratorium komputer. Kruger menyerang dan membunuh beberapa pemberontak. Dalam pertarungan, Max akhirnya mengalahkan si gila Kruger, tapi sekali lagi dia terluka parah. Spider dan Max berhasil ke data center dan akan mulai untuk mengupload, namun dengan konsekuensi Max akan mati setelah data dari implan tersebut di upload. Spider memodifikasi protokol warga untuk membuat semua orang di bumi menjadi warga Elysium. Putri Freya disembuhkan dari leukemia dan robot penjaga menolak untuk mematuhi perintah Presiden Patel agar menangkap Spider. Komputer utama pun mengirimkan armada angkutan medis dengan ke bumi untuk memulai orang menyembuhkan warga bumi yang telah menjadi warga Elysium berkat Max.

Sudah ada yang menonton film ini? Menurut saya film ini sangat minim dari skeraio yang bagus dan plot yang unik. Semua terlihat biasa saja. Namun dari special efek dan teknologi lain yang di tampilkan di film ini bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan produksi yang tinggi. Well bagi penggemar action mungkin film ini menjadi tontonan yang menarik. Namun bagi penikmat film yang menginginkan plot yang menarik dan kualitas aktor yang baik, film ini belum ke arah sana.

Well not bad to try. Buat yang belum nonton film ini memang recomend untuk minggu ini karena film selain Elysium belum menarik perhatian saya. Terima kasih sudah membaca dan salam penikmat film.

- Sumber: http://hadi.triyantogroup.com/film/2...-elysium-2013/
Diubah oleh haditriyanto 24-08-2013 02:18
0
7.1K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.