Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

n0l0ngAvatar border
TS
n0l0ng
[MINTA ADVICE] Should I leave the job and the family ?
Halo kaskuser,

Seblumnya mau kasih tau dulu, saya mau ga mau bikin acc kaskus baru tuk bisa anonymous krn ini masalah pribadi. Saya penghuni setia kaskus jg loh.

Langsung aja ya, saya punya masalah dgn istri sekarang. Sebelumnya saya mau beritahu, saya married hampir 10 tahun dan blum dikaruniai anak (ini jg challenge kami). Selama bertahun-tahun married, saya analisa istri saya punya kecenderungan over ngiri dan over khawatir. Memang saya tau wanita kebykan itu memang orangnya khawatiran, tp yg membingungkan istri saya itu khawatir bisa sampe ngiri dan hampir setiap saat cenderung melihat sesuatu itu half glass empty (dari segi negativenya).

Nah, sekarang saya bekerja di family business dgn keluarga (Dgn adik dan kakak kandung saya), istri jg unofficially bantu juga. Selama bekerja sama-sama ini, saya sering melihat gesekan (baca: masalah) yg timbul dr istri saya kebykan krn dia iri. Salah satu contoh: terkadang saya hrs kerja lbh byk drpd yg lainnya, istri saya complain knp yg lain kerjanya santai tp saya kerjanya paling cape. Tp giliran kalau adik saya yg hrs cape sekali kerja dan saya yg santai, dia ga bilang apa2 dan appreciate yg lain. Contoh lain, terkadang mama saya beri sesuatu ke cucunya dr kakak saya (krn saya blum punya anak), dia bisa iri (tdnya saya pikir krn dia sedih kita blum punya anak) dan bilang mama lebih sayang kakak saya dan adik saya, saya yg paling dicuekin. Tdnya saya pikir ini hanya iri biasa dan berangkat dr rasa khawatir yg berlebihan, tp selama bertahun-tahun saya merasa ada yg ga benar. Terkadang kalau kakak ipar saya beli sesuatu yg baru, dia jg mau ikutan atau setidaknya kelihatan sekali kalau dia itu iri.

Gesekan demi gesekan terjadi, ini menyebabkan kalau bekerja pun itungan, kerjanya ga tulus dan ga sepenuh hati. Ini sebnrnya tdnya ga masalah, krn dia hitungannya bantu, tp yg menjadi masalah mindset itu menular ke saya juga sekarang, Sedikit banyak saya jadi ikut iri jg (tp ga khawatir sih), dan itu yg menjadikan saya jg kerja ga sepenuh hati. Karena kerja ga sepenuh hati akhirnya family business ini goyang dan hidup berkeluarga jadi ackward, byk sudah fitnah/pikiran negatif saya dan istri saya ke keluarga, dan sedikit byk saya melihat keluarga saya pun mulai begitu.

Saya melihat istri saya semakin hari pun semakin aneh, dia semakin depresi, dan apa2 stress. Krn memang kita jg dr dulu mau punya anak, dan sdh coba bbrp cara, skr sdh mau masuk tahap bayi tabung. Saya melihat dia sudah lupa yg namanya passion, dia bantu kerja tp ga bisa sepenuh hati. Di rumah ada aja masalah yg buat dia stress

Sekarang saya punya pilihan:

1. Tetap kerja disini, tapi istri saya kerja di luar, ini pilihan yg saya tidak suka - karena saya masih mau idealnya kalo bisa kerja sama-sama kenapa mesti kerja pisah2. Kita ga bisa share sama2 semuanya. Dan bukan krn financial kurang, krn penghasilan dr family business ini lebih dr cukup

2. Saya keluar saja dari bisnis keluarga daripada saya jadi virus, dan ini mungkin lebih baik, dgn saya berduaan kerja dgn istri saya (tetap saya mau ideal kerja sama2), tp drawbacknya - saya itu jg orangnya aslinya khawatiran dan ga pede, saya ga pede saya bisa menghasilkan uang sebyk skr (cuma bisa menghasilkan sepersepuluh dibanding bekerja dgn family) Intinya di family business saya bisa punya potensi berpenghasilan dgn nolnya 7, kl saya sendiri saya cuma bisa berpenghasilan nolnya di hilangkan 1 jadi 6 aja krn family business ini skala bisnisnya jg sdh besar. Dan di lain pihak saya berasa sedikit konyol, ilang potensi penghasilan besar krn masalah ini.

3. Terus pertahankan stastus quo seperti ini. Sambil pelan2 berikan pengertian ke istri. Tp saya hopeless utk ini, sdh bertahun-tahun saya coba. Dan yg kasian dr kakak dan adik saya. Mereka sdh cukup pengertian sekali sdgkan saya cuma bisa menjadi virus disini. Skr ini jg kakak saya menyatakan mau keluar saja drpd ribut, jadi skr statusnya mungkin kalo saya keluar jg akhirnya family business itu bubar dan mgkn cuma adik saya yg menjalankan itu. Jadi kalo saya pertahankan status quo ini, berarti saya bekerja dgn adik saya saja, Saya ga yakin saya join dgn adik saya, saya bisa memberikan sumbangsih besar seperti dahulu seblum married dgn mindset saya dan isrtri saya yg seperti ini.

Bagusnya gimana ya agan2 ? What should i do ? Tried to pray to God and seems suara hati bilang saya coba tanya kaskus dulu seblum ambil keputusan. Krn skr momentnya pas utk ambil keputusan, pas krn kakak saya mau keluar, dan saya hrs mikir apakah saya ikut keluar atau saya tetap gabung dgn adik saya.

Regarding point no.2. Ada hal lain yg saya mau saya berikan pengertian ke istri saya. Saya mau berikan dia sestuatu yg dia lupakan, yaitu ketulusan dan kepenuhan hati/totalitas. Kita mau program bayi tabung - dimana itu challenge yg sangat besar. Punya duit byk aja blum tentu dikasih, sdh 3 orang teman/kerabat yg gagal, blum tekanan dr jarum, anesthesi, hormon injector, dll, jd tubuh pun harus siap, mental pun hrs siap ga boleh stress. Nah istri saya ga punya semua itu, pernah ada suatu waktu kita diskusi, saya tanya kalo ternyata kita harus jual rumah utk program bayi tabung itu, gimana ? respons dia - dia ga mau sampe jual rumah (abis2an), waktu itu saya bingung - kita punya mimpi utk punya anak tp utk meraih mimpi itu koq ga mau berkorban lebih ? Memang dgn kondisi kami skr, kamu ga sampe jual rumah utk program 1x-2x tp kalo hrs berkali2 ada kemungkinan begitu.

Nah saya sbg suami dan kepala keluarga, saya sadar akan challenge dan rintangan yg akan dihadapi begitu kita memutuskan utk fight program bayi tabung, saya berusaha utk memberi tahu istri akan hal itu, tp dia ga ngerti jg. Aturan kami sdh menjalani 3x program bayi tabung versi ringan (IUI namanya) dan gagal, itu aja udh cukup membuat badan dan hormon dia ga bener. Nah utk mau lanjut IVF (program bayi tabung yg besar) itu psati butuh effort lebih apalg sdh melihat 3 orang yg punya duit aja ga bisa dapet.

Skr ini saya cenderung ke poin 2, krn kalo kita sendiri (ga join lagi). Mungkin istri saya bisa lebih merasa sadar kl skr kita by my own, sumber penghasilan hrs menghasilkan sendiri (krn waktu join, kita ga usah takut ga ada sumber, gaji trus ngalir lbh dr cukup). Nah saya berharap sewaktu bekerja, dia bisa mendapatkan kembali apa yg namanya totalitas/kerja sepenuh hati. Jadi dia bisa sadar apa yg dihadapi oleh dia kalo kita benar2 sdh mau program bayi tabung. Krn kalo masih join, bisa dibilang praktis kita itu idupnya cuma di rumah ga ada yg penting2, bisa jalan2 tiap ari kalo mau jg.

Tp skr saya dilema, kalo saya ambil point 2 itu, saya merasa saya kehilangan potensi penghasilan dan masa depan yg baik (krn saya yakin family business saya itu bisa berpenghasilan 2-3x lipat dr skr). Saya jalanin sendiri itu family business jg ga bisa/ga mampu, sdh saya itung2 dan cermati soalnya. Sdh terlambat utk masuk ke industri ini krn entry barriernya besar sekali.

Jadi, skr saya merasa demi cuma utk membuat istri sadar, saya harus merelakan uang dan masa depan. Sebenarnya saya siap dan terima itu semua, krn saya ini kepala keluarga dan memang sdh tanggung jawab dan janji nikah saya utk hidup bersama2 dgn istri dan harus berani berkorban demi dia. Yg saya bingung dan takut, apa bener keputusan saya ini ? krn yg harus di korbankan itu adalah masa depan material yg ga sedikit dan blum tentu bisa saya dapatkan lagi seumur hidup saya. Intinya, apap bener saya harus bayar uang sekolah yg begini mahal ?

Bottom line, saya minta komentar dr agan-agan semua :
A. Opsi apa yg harus saya pilih skr ini ?

B. Apa lg yg hrs saya lakukan utk beritahu istri/membuat dia sadar kalo apa yg mau kita hadapi itu sesuatu yg besar dan butuh perjuangan/pengorbanan yg besar sehingga butuh ketulusan/kepenuhan hati utk itu ?
tata604
tata604 memberi reputasi
1
8.3K
151
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.