Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trendtalkingAvatar border
TS
trendtalking
Jangan Tidur Setelah Sahur, please!


TrendTalking.com – Kalau kamu punya kebiasaan tidur lagi setelah santap sahur selama bulan ramadhan, TrendTalking saranin lebih baik kebiasaan itu kamu hilangkan. Walaupun dalam agama islam sendiri hal itu tidak dilarang, tetapi dari sisi kesehatan dan ilmu gizi ternyata membahayakan, loh.

Seperti yang dikutip TrendTalking dari Tribunnews.com, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin, Pramono, menyatakan bahwa dampak dari tidur setelah sahur ini antara lain perut kamu bakal jadi buncit karena saat tidur tubuh tidak mengeluarkan banyak energi dan otomatis akan menimbun lemak yang ada di perut. Selain itu juga akan terjadi refluks, yaitu makanan yang belum dicerna berbalik dari lambung ke kerongkongan karena pengaruh gravitasi saat kita tidur.

“Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit,” tulis Pramono.

Normalnya, isi lambung atau maag akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi berbaring, maka proses pengosongan lambung atau maag akan terhambat atau terlambat. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanan yang kita makan.
Kebiasaan tidur setelah sahur juga meningkatkan resiko terkena stroke.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur memiliki resiko paling rendah mengalami stroke.
Nggak heran kalau banyak ulama yang berpendapat bahwa tidur setelah makan sahur lebih baik nggak dilakukan, karena ternyata banyak juga efek negatifnya.

Dalam islam, Nabi Muhammad SAW juga mencontohkan buat nggak langsung tidur setelah makan. Beliau lebih dulu melakukan aktivitas lain agar makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan dapat dicerna dengan baik.

Jadi, buat TrendTalkers yang mau ngerubah kebiasaan tidur lagi setelah santap sahur, TrendTalking saranin buat lakuin hal lain yang lebih bermanfaat kayak memperbanyak wirid (dzikir) dan tadarus setelah solat subuh di bulan ramadhan. Selain menghindari efek negatif dari kebiasaan tersebut, kamu juga bisa nambah amal ibadah selama bulan ramadhan dan tentunya menghirup udara segar yang sehat di pagi hari.

Selamat menunaikan ibadah puasa, Kaskuser !
emoticon-I Love Kaskus (S)


Sumber
0
1.9K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.