delaniesAvatar border
TS
delanies
Andai Pasar-Pasar Tradisional senyaman ini....
Pasar Mayestik kini Lebih Asyik dengan Eskalator dan AC

Jakarta - Bila Anda berkunjung ke Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, pasti akan merasa betah. Saat ini, pasar tersebut lebih asyik dengan tambahan fasilitas, seperti eskalator dan pendingin ruangan.

detikcom menyambangi pasar tersebut pada Rabu (27/3/2013), terlihat aktivitas pasar sangat ramai. Tampak juga sejumlah eskalator di dalam pasar yang membuat suasana jadi lebih mewah.

"Ini emang ada penambahan AC. Ada penambahan eskalator juga. Eskalator udah ada di semua lantai, empat lantai. Tapi di basement mau ditambah satu. Kan selama ini turunnya pakai tangga biasa," kata seorang petugas keamanan, Hendrawan.

Pasar tradisional yang terletak di Jl Tebah, Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jaksel ini, sudah hadir sejak tahun 1950, namun baru diresmikan tahun 1981. Dagangan yang digelar di pasar didominasi oleh obat, kosmetik, pakaian dan kebutuhan sandang dan pangan. Dulu luasnya tak seberapa dibandingkan sekarang.

Pasar Mayestik kini memiliki luas 6.905 meter persegi. Total ada 10 lantai yang dapat menampung 2.279 tempat usaha yang terdiri dari 1.618 kios, 267 los dan 394 konter. Biaya peremajaannya ditanggung oleh PD Pasar Jaya dan PT Metroland Permai dengan biaya Rp 357,7 miliar.

Sejak pertengahan 2012, pasar ini memang sudah lebih baik dari sebelumnya dari segi kenyamanan. Dulu, kios-kios di dalam pasar tampak kumuh dan semrawut. Namun kini lebih rapi dan membuat betah para pembeli.

"Ini kan juga bangunan baru, bulan Juni tahun lalu selesai. Jadi ya emang masih bagus," terangnya.

Di lantai basement ada sayur dan sembako, lantai semi basement menjual barang pecah belah dan sepatu sandal, lantai dasar untuk fashion, lantai satu toko emas, lantai dua penjahit dan bahan kain, lantai tiga parkir, lantai empat untuk masjid.

Harga kiosnya bervariasi. Namun yang termurah bertarif Rp 3 juta per bulan dengan ukuran (1,5 meter x 2 meter). "Kalau beli harganya Rp 500 juta. Ada kios yang milik pribadi ada yang milik Metroland Permai," tambahnya.

Spoiler for sumber:


Spoiler for penting:


dari mbah google emoticon-Big Grin
Spoiler for penampakan:


Spoiler for tradisional lainnya...:


Pasar mayestik, kondisinya sekarang semakin lebih baik.
Andai pasar tradisional lainnya seperti ini, bakalan nggak kalah bersaing sama hipermarket2 yang ada... emoticon-I Love Indonesia (S)

Trims buat momod yang dah jadiin trit ane HT (HT kelima dr forum BP), juga buat para dermawan cendol dan komen2 yg positif. Semoga penggede negeri ini ikut baca dan berpihak pada keberadaan pasar tradisional...aamiin
Diubah oleh delanies 29-03-2013 10:17
0
20.4K
440
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.