POLYGON : Anti Sepeda Abal-abal

Post Reply
8 votes, 4.88 average.
Subscribe share: Facebook Twitter
profile picture
Kaskus Addict #1

Perkembangan POLYGON : Anti Sepeda Abal-abal

Selamat datang di thread ane gan, ini thread pertama ane nih. semoga gak repost

Langsung aja:

Spoiler for Pertama-tama
Dianggap kemahalan ketika pertama kali muncul. Sekarang malah sudah buka gerai di Singapura dan Malaysia


Spoiler for BAB I
Quote:Kita boleh bangga soal scene sepeda di Indonesia. Scene kendaraan roda dua tak bermotor ini memang sudah menjadi lebih dari sekadar olahraga atau hura-hura melupakan rutinitas. Tapi sudah merupakan gaya hidup buat masyarakat kota, contohnya Car Free Day (CFD). Macam-macam niat orang naik sepeda saat hari bebas kendaraan bermotor itu ada yang niat olahraga, ada yang seru-seruan aja bareng temenm ada juga yang buar pamer sepeda.

Itu sekarang, coba kita mundur ke tahun 1997. Di mana saat itu seluruh kawasan Asia Tenggara diterpa krisis ekonomi, termasuk Indonesia. Banyak perusahaan yang gulung tikar, banyak bisnis yang bangkrut, daya beli masyarakat juga turun. Tidak terkecuali kenginan untuk membeli sepeda. Ditambah lagi, negara kita dilanda kekacauan politik di era lengsernya Presiden Soeharto tahun 1998. Situasi ekonomi pun semakin memburuk. Bahkan era keemasan sepeda tahun 1990-1994 tidak bisa membantu mengatrol keinginan masyarakat untuk memiliki sepeda baru. Alhasil, sepeda yang jadi hits di era emas itu, Federal, cepat menjadi barang usang yang banyak ditaruh di gudang.

"Sampai setelah krismon, nggak ada yang berpikir untuk membeli sepeda di atas Rp 500.000. Berat banget waktu itu menjual sepeda. Soalnya sepeda Polygon kami jual semua di atas Rp 500.000, bahkan ada yang di atas sejuta," tutur Peter Mulyadi, Manajer Promosi PT Insera Sena (IS), produsen sepeda Polygon.

Ya, Polygon memang lahir di suasana kacau balau. Beruntung, sebelum Polygon lahir pada tahun 1991, PT Insera Sena (IS) yang didirikan pada 1989 sudah mempunyai usaha ekspor sepeda. Perusahaan ini dipercaya untuk memiliki sepeda untuk beberapa merk internasionalnya di pabriknya di Sidoarjo. Merk seperti Raleigh, Scott USA, Miyata, Kona, Apollo, Mustang, Limit, dan Muddy Fox adalah produk pabrik Sidoarjo.

Dari kegiatan ekspor itulah, PT IS bisa survive dengan komposisi produksi 80% merk internasional dan 20% merk lokal. Perjuangan berikutnya malah lebih sulit lagi, yaitu bagaiman cara memasarkannya. Daya beli lemah, toko sepeda dianggap sebagai tempat servis gerobak/becak. Jelas bukan kondisi yang asik untuk berbisnis sepeda. "Dari sejak awal kami tidak memposisikan sepeda sebagai alat transportasi. Jika pola pikir awalnya begitu, tentunya masyarakat awam akan tetap memilih motor. Kredit ringan, lebih cepat di jalan raya," tukas Pak Peter.


Spoiler for BAB II
Quote:Ketika muncul pertama kali, Polygon langsung diposisikan sebagai sepeda dewasa untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup. Bisa olahraga, santai, bahkan untuk profesional. "Ketika Polygin masuk di dunia sepeda lokal, belum ada yang menggarap sepeda dewasa," lanjutnya dengan logat Surabaya yang kental.

Untuk mendukungnya, perlu ada wadah unutk berjualan. Maka didirikanlah toko sepeda Rodalink untuk menjual produk-produk sepeda Polygon. Rodalink adalah toko sepeda lifestyle pertama di Indonesia menurut Pak Peter. Pertama kali dibuka di Surabaya tahun 1997.

"Mana ada dulu toko sepeda yang bersih, pajangannya rapi, ber-AC. Orang juga seneng cuci mata di toko. Cuma ya itu, harganya pasti di atas sepeda yang beredar kebanyakan," katanya.

Itulah yang menjadi PR pertama Polygon. Yaitu bagaimana menggiring masyarakat memilih Polygon yang notabene harganya pasti lebih tinggi ketimbang sepeda kebanyakan. "Akhirnya kita muncul dengan kampanye pertama kita. 'jangan beli sepeda abal-abal'. Maksud dari kampanye ini adalah mengedukasi masyarakat agar memperlihatkan kualitas sepeda yang mereka beli. Jangan sampai tertipu merk palsu," jelas pak Peter lagi

Tantangan ini menurutnya sudah terasa manfaatnya sekarang. Orang mulai memilih produk lokal yang jelas ada layanan purna jualnya, dari pada merk luar yang ternyata cuman tempelan stiker doang.

"Sekarang sudah banyak yang fanatik sama sepeda lokal, lho. Sampai ada forum komunitasnya segala," celetuknya.

Tapi tetap ada PR jangka panjang yang belum kelar. Yaitu, menghapus anggapan sepeda merk internasional pasti lebih bagus dan bergensi. "Nah, itu yang sampai sekarang terus kami usahakan. Padahal kalau bicara kualitas, kan, kami sejak dulu sudah dipercayai memeroduksi sepeda merk internasional. Kita, kan, juga memperlajari merk-merk itu. Tapi, ya, kalau sidah bicara gengsi susah. Perlu waktu untuk bertahun-tahun untuk menanamkannya," keluhnya.

Toh, sekarang strategi pemasaran terpadu itu akhirnya berbuah hasil. Sudah ada 38 outlet Rodalink di Indonesia yang siap melayani masyarakat. Intinya, jika aksesnya mudah, orang juga senang. Makanya, IS juga tetap mempertahankan beberapa lini sepedanya dipasok di aneka hypermart supaya tetap menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Selain penjualan, pemasaran Polygon juga dilancarkan ke arah kommunitas. Mulai dari membuat sepeda khusus Bike2Work, sepeda untuk Universitas Indonesia, dan menggelar balapan untuk komunitas penggemar (non atlet). Menurut data penjualan sepeda merk lokal, Polygon sampai saat ini menguasai 70-80 persen pasar segmen itu.


Spoiler for BAB III
Quote:Satu lagi cara untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produk adalah dengan memasok sepeda ke ranah balapan. Sejak tahun 2000-an, Polygon rajin ikut serta memajukan dunia sepeda balap Indonesia. Polygon mendukung tim balap sepeda Polygon Sweet Nice (Roadbike) dan Polygon Factory Team (Downhill) dengan memasok "sepeda-sepeda tempurnya". Semuanya telah mengukir prestasi di arena nasional, maupun internasional.

Selain mempunyai program khusus untuk para pembalap Polygon sendiri macam Polygon Tour de Jakarta, Polygon MTB Jakarta Challenge, Tour de Jatim, Prakualifikasi PON, dan sebagainya, atlet Polygon juga rajin mengikuti event balap kelas internasional macam Tour de Indonesia, Tour de Thailand, Tour de Taiwan, Tour de Beijing, SEA Games, Asian Games, Asean Downhill, UCI Asian Tour, Asian XC, dll. "Para atlet itu sudah seperti brand ambassador buat kami."

Meskipun peran Polygon dalam dunia balap sepeda banyak orang yang tahu, ternyata kiprahnya di luar negeri belum banyak yang tahu. Untuk ukuran Asia Tenggara, penyebaran produknya cukup mempunyai pembeli yang loyal.

Asia Tenggara adalah negara pertama dalam rangka invasinya ke Singapura. Tim IS mengadakan survei terlebih dahulu mengenai agensi atau distributor negara itu yang layak menjual brand Polygon, sampai mencari koneksi ke pemerintahan. "Singapura itu ibaratnya windows of the world. Semua barang bagus di dunia ada di sana. Jadi tujuan utama kita adalah yang penting bisa jualan di sana saja dulu. Profit nomor dua," ujar Sarjana lulusan Universitas Petra Surabaya ini lantang.

Alhasil, sampai saat ini ada lima outlet Rodalink si Singapura dan Malaysia. Di Malaysia ceritanya malah lebih seru. Di sana Polygon malah mengambil alih merk Malaysia, Lerun menjadi bagian dari partnership Polygon dan Rodalink. "Tapi kami tak membunuh merk itu. Kami produksi dan kami tetap jual di Rodalink," ungkapnya.

Banyak rencana di tangan Polygon, satu per satu coba dipenuhi. Tujuannya hanya satu "Semoga semakin banyak orang yang sadar kalai Indonesia juga sudah bisa bikin sepeda berkualitas," tutupnya.


Spoiler for Sepeda Andalan POLYGON

Spoiler for HELIOS 900

Inilah sepeda balap (road bike) yang dipakai oleh timnas Indonesia di event SEA Games dan ASIAN games. Beratnya ringan karena sudah berbahan karbon. Harganya kurang lebih Rp 40 juta


Spoiler for COZMIC RX 3.0

Pembalap crosscountry dari timnas Singapura dan Thailand memakai sepeda berbahan karbon ini. Harganya sampai Rp 35 juta


Spoiler for SUMBER


yang udah iso saya minta ijo2nya ya gan bukan yg merah
yang belum iso cukup kasih
semoga thread saya bermanfaat buat agan2 semua

Spoiler for TAMBAHAN
Quote:Original Posted By mobilderek
Ane tambahin gan, coba buka http://www.polygonbikes.com/ww/team/...inson-ur-team1
Itu web barunya Polygon, di page itu terpampang tim internasional Polygon cabang downhill, namanya Hutchinson UR Team.
Udah ikut kejuaraan internasional dan nggak kalah sama tim2 besar lainnya
Dan yg paling penting di tim itu ada Tracey Hannah sama Holly Feniak, cakep gan!!

Dan coba cek juga channel youtube dari Polygon Bikes di http://www.youtube.com/user/PolygonBikesMedia
videonya juga keren2 kalo ente penggemar downhill
Kalau cabang road bike ane kurang begitu dapet infonya

Pejwan kalo berkenan
nice share gan
belum bisa kasi cendol
mahal bgt ya smpe puluhan juta harganya
Hmmm nice share gan tapi maaf sebenarnya ( imho ) tidak perlu ada jargon Anti Sepeda Abal-abal ... semua ada kelas-kelasnya (dari kelas yang abal-abal -menurut sebagian orang - sampai kelas yang premium) ... abal-abal sangat relatif arti dan sudut pandangnya. ... jangan lupa ada United dan WimCycle ... mereka juga anak bangsa yang membuat sepeda yang bermutu. (mungkin juga bisa disharekan juga )
Menurut ane sepeda POLYGON cukup ok kok...
Dan buatan Indonesia lagi...

Spoiler for Baju adidas 90 Rb - 130 Rb Original - NO KW

jualbyonline.com
Tampilan Baju :



profile picture
Kaskus Addict #6
nice share cerita ttg Polygonnya gan
sepeda ane waktu SD nih
Sayangnya pemerintah tidak memfasilitasi para bikers dengan fasilitas umum yg memadai... Always hope for the best
ceritanya panjang juga ya gan
profile picture
Kaskus Addict #9
speda ampe 40jt
bliin kawak ninja ajah buat turing lbh yahud deh kayanya
sudah ane bantu gan semoga ht
profile picture
Kaskus Addict #11
Quote:Original Posted By HandaruDibya
nice share gan
belum bisa kasi cendol


makasih gan, btw ente pertamax
rate aja gan

Quote:Original Posted By uenohideki
mahal bgt ya smpe puluhan juta harganya


ngalah2in harga sepeda motor gan, tp sebanding sama kualitas+gak ada polusinya gan

Quote:Original Posted By pengen_jualan
Hmmm nice share gan tapi maaf sebenarnya ( imho ) tidak perlu ada jargon Anti Sepeda Abal-abal ... semua ada kelas-kelasnya (dari kelas yang abal-abal -menurut sebagian orang - sampai kelas yang premium) ... abal-abal sangat relatif arti dan sudut pandangnya. ... jangan lupa ada United dan WimCycle ... mereka juga anak bangsa yang membuat sepeda yang bermutu. (mungkin juga bisa disharekan juga )


maksud abal-abal di sini itu polygon bkn sepeda kelas bawah gan. kalo wim cycle sepeda ane waktu kecil tuh gan
makasih gan atas masukannya, kapan2 ane bikin thread tentang united/wim cycle gan

Quote:Original Posted By naibtok
nice share cerita ttg Polygonnya gan
sepeda ane waktu SD nih


sepeda ente waktu SD yg helios 900 apa cozmix rx 3.0 gan?
profile picture
Kaskus Addict #12
Quote:Original Posted By mosimochi
Sayangnya pemerintah tidak memfasilitasi para bikers dengan fasilitas umum yg memadai... Always hope for the best


setuju gan, apalagi kalo atlet2 kita udah pada pensiun. bakalan dilupain tuh sama pemerintah

Quote:Original Posted By infra.red
ceritanya panjang juga ya gan


kalo pendek namanya cerpen gan

Quote:Original Posted By ninja.b
speda ampe 40jt
bliin kawak ninja ajah buat turing lbh yahud deh kayanya


yg cozmic rx 3.0 gak sampe segitu kok gan

Quote:Original Posted By dianisikor
sudah ane bantu gan semoga ht


makasih ya gan
wew mlebihi motor
sepeda ane waktu sd itu gan
kalo dilihat2 keren juga ya gan , tapi dirumah ane gak ada yg pake polygon nih
beliin yg 40jt dong
lanjooott bro sharingnya ...
wah sepeda ane dulu tuh merek poligoon
profile picture
Kaskus Geek #18
penuh perjuangan ya
profile picture
Kaskus Addict #19
Quote:Original Posted By e0s
wew mlebihi motor


iya gan, bedanya ini gak ngeluarin polisi

Quote:Original Posted By mahreza10
sepeda ane waktu sd itu gan


ane dulu lupa sepeda ane merknya apa gan

Quote:Original Posted By AlexCino
kalo dilihat2 keren juga ya gan , tapi dirumah ane gak ada yg pake polygon nih
beliin yg 40jt dong


jangan dilihat aja dong gan ane aja gak mampu beli itu gan

Quote:Original Posted By pengen_jualan
lanjooott bro sharingnya ...


thanks gan

Quote:Original Posted By Rudyka
penuh perjuangan ya


iya gan, itu tuh yg harus kita contoh
profile picture
Kaskus Addict #20
sepi nih

KASKUS Sign In

or Sign In with