Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mata007hatiAvatar border
TS
mata007hati
Jenderal Pramono Edhie : Tak Ada Bukti Keterlibatan TNI di Cebongan
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal Pramono Edhie Wibowo mengklaim tidak ada bukti yang jelas dan cukup mengenai keterlibatan anggota TNI dalam penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Hal ini menjadi alasan TNI belum mau menduga-duga anggotanya turut dalam pembunuhan empat tersangka penusuk anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Sersan Satu Santoso.


Pramono menyatakan, kasus LP Sleman berbeda dengan penyerangan Markas Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) yang cepat ditanggapi dan diproses TNI. Menurut dia, dalam penyerangan dan pembakaran Mapolres OKU, secara jelas terlihat dan ada bukti kuat anak buahnya terlibat serta menjadi pelaku.


"Di OKU, saya kirimkan langsung tim investigasi karena memang terlihat anak buah saya," kata Pramono saat ditemui di Istana Negara, Senin, 25 Maret 2013.


Sedangkan pada kasus LP Sleman, menurut dia, TNI tidak mengetahui karena tidak ada saksi dan bukti rekaman yang jelas. Selain saksi dari sipir penjara dan tahanan lain, saksi kuat yaitu korban dinyatakan meninggal semua sehingga tidak dapat memberikan petunjuk.


Demikian pula soal dugaan senjata, Pramono enggan memberikan pendapat bahwa senjata pelaku memang pernah digunakan pasukan TNI. Kepolisian Daerah Yogyakarta sebelumnya sudah merilis bahwa senjata yang digunakan adalah senjata api dengan peluru kaliber 7,62 milimeter. Kepastian ini didapat berdasarkan 31 selongsong peluru di tempat kejadian. "Saya tidak boleh mendahului, nanti jadi tuduhan, dong," kata Pramono.

Memang kita sebagai negara hukum, prihatin dengan adanya aksi misterius yang melakukan penembakan di LP Cebongan dan berimbas pada tewasnya tersangka pembunuhan. Namun demikian, dari kacamata yang lebih dalam kita bisa menilai inilah akibatnya dari tidak kuatnya lembaga peradilan dan Polri dalam menegakkan hukum.

Tentu saja, kasus-kasus ini memberikan noda hitam dalam penegakan hukum. Namun yang pasti kita haruslah berpikiran dengan jernih dan jelas, bahwasanya tak ada keterlibatan TNI di LP Cebongan itu.

linknya : http://www.tempo.co/read/news/2013/0...terlibatan-TNI
0
4.2K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.