Jaffar33Avatar border
TS
Jaffar33
Kembalikan Uang saya CITILINK !!!
Kembalikan Uang saya CITILINK !!!

Jum'at sore, 4 Februari lalu, saya memerlukan tiket tujuan Jakarta - Medan untuk keberangkatan hari esoknya. Melalui website resmi citilink, akhirnya saya melakukan order 2 tiket keberangkatan jakarta - medan untuk tgl sabtu, 5 februari atas nama sokarno A dan Rino P dengan menggunakan ID kaspay BCA sya a.n Fajarudin. Kemudian melalui e-banking sy pastikan bahwa dana telah ter-debet dari rekening sy ke rek Citilink

Setelah melakukan transaksi melalui kaspay BCA, saya pun menunggu-nunggu softcopy print booking ticket yang umumnya dikirimkan ke email yang dimintakan pada saat proses booking. setelah saya tunggu 1 jam lebih. Sebelumnya saya cek dahulu mulai dari inbox, sampai pada trash / bulkmail pada email saya, khawatir email dari citilink masuk ke dalam 2 folder tersebut.

Karena tak kunjung mendapatkan kode booking tiket, saya memutuskan u/ mengkonfirmasikan hal ini kepada Call Center Citilink.

Kepada CS Citilink tersebut (pada waktu itu dgn BPk Diko), sy mengkonfirmasikan hal ini. Ybs meminta waktu untuk mengecek, dan menghubungi pihak2 terkait, dan menjawab bahwa transaksi blm masuk ? dan meminta saya untuk mengecek kembali transaksi saya yang dalam seketika saya cek kembali dengan e-banking BCA saya, masih dalam posisi terdebet sebesar Rp 1.xxx.000.

Dalam kondisi seperti ini, Sdr Diko menyarankan saya untuk menghubungi pihak BCA untuk mengkonfirmasikan kondisi seperti ini, namun setelah di crosscek, bahwa memang sudah terjadi aliran dana dari dana rek pribadi saya ke rek BCA Citilink.co.id. Disampaikan lebih lanjut, bahwa tugas BANK Hanya sebagai perantara antara merchant dan buyer

Mengetahui info seperti itu, kembali sy telp CS Citilink, yang kebetulan di asistensi kembali o/ Sdr Diko.

Kemudian Sdr Diko meminta waktu untuk mengcroscek ke bagian finance, dan baru menyatakan bahwa transaksi yang terjadi gagal dikarenakan adanya kenaikan harga tiket sehingga dana saya "nyangkut". dan sdr Diko mengatakan pihak citilink akan me "refund" Dana saya. Saya tanyakan brapa lama prosesnya ?, ybs menjawab dengan terbata-bata min 3 hari, max 14 hari. Sebenarnya sy sudah duga bahwa dri cara menjawab ybs, pasti ybs sendiri tidak bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses refund.
Alhasil, saya pun legowo untuk menerima hal tersebut.

Tanggal 24 Februari, Saya kembali menelpon Call Center Citilink, karena sesuai yang disebutkan o/cs Citilink diatas, batas waktu 14 hari sudah terlalui dan setelah memeriksa account BCA saya, sampai detik ini tidak ada transfer refund.

Anehnya, ketika saya komplain, dan seperti biasa CS meminta waktu untuk mengecek ke bagian finance jawabannya seperti orang linglung. Kemudian saya diminta untuk mengirimkan bukti transfer, kode booking tiket, KTP pemesan tiket a.n Rino P dan Sokarno Ade, dan No Rekening saya, serta KTP Pentransfer yang dikirimkan ke email khusus finance citilink untuk diproses. email tsb adalah refundcitilink@yahoo.com

Pertanyaan saya kepada CS waktu itu,
1) Kenapa untuk proses refund saja, anda membutuhkan banyak keterangan ? bukankah dari no transaksi yang Terjadi yaitu "FYLMXN" anda dapat mer record transaksi tersebut ?
2) Sbg sebuah perusahaan besar,masa emailnya pake account publik YAHOO ? MIRIS BGT
3) Kenapa tidak dari awal CS sampaikan bahwa untuk proses refund, tata caranya harus mengrimkan data2 diatas ke alamat email ?

Dan dengan penuh kekesalan, saya sudahi pembicaraan dan mengirimkan data2 tersebut ke email tersebut, namun saya terkejut saat saya baca inbox email saya, bahwasanya email tersebut tiak terkirim, saya coba lagi dan lagi, tetap sama hasilnya tidak terkirim

dari sini, saya bisa menyimpulkan, apakah benar ada alamat email "refundcitilink@yahoo.com" ?

Esok harinya, tanggal 25 Februari, kembali saya hubungi CS Citilink, dan memulai percakapan dengan baik2, saya tanyakan kembali proses dari refund bagaimana kepada salah satu csnya yaitu Bpk Reza, ybs menanyakan kembali apakah sy sudah kirim emailnya apa belum. Saya sampaikan emailnya tidak aktif, dan mengkonfirmasi balik apakah ada email refundcitilink@yahoo.com ? dan tentu saja, ybs kembali terdiam dan meminta waktu sejenak untuk mengkonfirmasi ke bagian finance. kemudian

Setelah menunggu entah sudah berapa lama, Ybs kemudian meminta waktu kembali untuk proses ke finance. dan diberikan informasi dri pihak finance tanggal 20 Feb sudah di refund. Jelalah saya kaget, dan kemudian meminta menunggu sebentar untuk cek mutasi via e-banking, dan hasilnya pun tetap sama, tidak ada trf dari pihak Citilink. sejenak saya berfikir tolol sekali saya, mau-maunya saya dibohongi, sudah jelas sblm sy konfirmasi sy selalu mengecek mutasi rekening saya. Kemudian saya jawab belum, ybs minta waktu lagi u/konfirmasi dan akhirnya menjawab ditunggu prosesnya lagi pak.

Saya tanya berapa lama waktunya, dan ybs terdiam sejenak dan menjawab "7 hari pak " ? Saya hanya bisa tertawa kecil, dan menyampaikan " kok +7 hari lagi ? klo sdh 7 hari bagaimana ? dan sudah pasti ybs hanya bisa terdiam dan mejawab dengan pernyataan normatif.

Dari kejadian ini yang membuat saya dongkol adalah ?
1) BUMN Sekelas Citilink, masa ga punya SOP penanganan masalah yang detail dalam kasus ini mengenai refund ? Saya jadi ragu perusahaan penerbangan CITILINK sudah ISO belum nya ?
2) Pun belum ada SOP yang tertulis, harusnya penanganan terhadap costumer terjaga donk. Atau jangan2 Pegawai BUMN ini cuma bisa "Minta Gaji setinggi swasta, etos kerja rendah" ? Masa saya tanya ini itu, seperti orang kebingungan ? Dalam pekerjaan, Orang menjadi bingung cuma ada 2 hal, a) Sistem kerja secara keseluruhan yang tidak jelas atau b) YBS memang tidak berkompeten.
3) Permasalahan email konfirmasi juga mengganjal, Miskin sekali CITILINK ga bisa buat account sendiri, dan menggunakan email publik ? atau ternyata banyak utang ya ?
4) Ada kiranya orang2 yang bermasalah dengan CITILINK kedepan (mudah2an kasus saya adalah yg terakhir), gunakan e-banking. Klo blm punya, buat aja gampang ko. Untung sya punya, sehingga ketika dikonfirmasikan dana sudah direfund, seketika itu juga saya bisa mengeceknya. Sakit hati rasanya di BOHONGI !!!

Apapun alasannya SEGERA kembalikan HAK SAYA, karena uang saya itu juga yang Bos2 dan karyawan2 gunakan dalam sistem penggajian, HARAM HUKUMNYA

Saya sudah banyak berkorban materi dan waktu untuk mengurusi hal ini yang harusnya digantikan kompensasi juga oleh pihak CITILINK atas ketidakbecusannya.

Fajarudin,
Email : fajarudin.utomo@lemsaneg.go.id
HP : 0857-58 100 123
No Transaksi : FYLMXN
Spoiler for transaksi:


nb :
Keluhan ini saya ditujukan kepada :
1) Pihak CITILINK (Komplain dan Aksi)
2) Pembaca (Hati2 dan berbagi pengalaman)
3) Menteri BUMN, Bpk Dahlan Iskan (Laporan)
0
15.4K
10
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.