alberterossAvatar border
TS
alberteross
Bernostalgia Dengan Album 07des Sheila on 7
Quote:


07Des - Sheila on 7



07 Des

Judulnya 07 Des. Itulah album Sheila On 7 yang ketiga. Di album ini tidak hanya Eross saja yang menciptakan lagu, tapi semua personil ikut andil. Penggarapannya sempat "tergoyang" dengan banjir yang melanda studio rekaman. Nah, "greget" apa yang ditampilkan Sheila On 7 di album terbarunya ini?

Kalau ada pelesetan Sheila On 7 berubah menjadi Sheila On Millions memang sah-sah saja. Kelima musisi asal Yogyakarta ini memang sudah mencetak jutaan kopi untuk dua album sebelumnya, yaitu
Sheila On 7 (1999) dan Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000). Kini mereka siap menggeber lagi dengan album terbarunya.


07 DES

Boleh dibilang tanggal ini menjadi tanggal keramat buat Eross (gitar), Duta (Vokal), Adam (Bass), Sakti (Gitar), dan Anton (Drum). Karena pada hari itulah, di tahun 2001 mereka mulai masuk studio rekaman untuk menggarap album ini.

Adakah yang berubah di album ini dibandingkan dua album sebelumnya?

"Bukannya berubah, tapi lebih tepatnya musik kami mengalami pergeseran dan perkembangan. Dan hal ini sangat natural, karena dari usia kita bertambah, referensi musik masing-masing personil semakin bertambah, demikian juga dengan skill kita. Itulah yang sekarang tercakup di album ini, " jelas Eross yang menulis kebanyakan lagu di albumnya.

Pergeseran ini terlihat misalnya, Duta sekarang tidak hanya bercuap-cuap sebagai vokalis, tapi juga menulis lagu. Demikian juga dengan Adam, Sakti, dan Anton, yang juga menyumbangkan lagu milik masing-masing. Untuk urusan vokal, kini tidak hanya Duta yang unjuk suara, tapi Eross, Sakti, dan Anton juga turut bernyanyi walau hanya satu bait di lagu masing-masing.

Musik yang mereka tampilkan masih mengandalkan sound-sound vintage, yang tentunya ditampilkan dengan gaya khas Sheila On 7. Mereka juga melakukan eksplorasi musik country. Beberapa lagu juga dihadirkan dengan isian string. Salah satunya adalah isian string yang diaransemen oleh Erwin Gutawa dalam lagu berjudul Seberapa Pantas, yang tak lain adalah lagu jagoan dari album ini.

"Isian string (orkestra) bukan sekedar untuk gaya-gayaan, tapi memang dibutuhkan untuk menambah "nyawa" bagi suatu lagu, " kata Duta.

Keterlibatan Erwin ini bukan pertama kali. Di album Klasik Untuk Masa Depan, Erwin menggarap string untuk lagu Shepia dan Tunjuk Satu Bintang.

Selain Erwin Gutawa sebagai musisi tamu, ada juga beberapa musisi pendukung lainnya seperti Saunine String Quartet, dan Rejoz (pemain perkusi The Groove). Permainan perkusi Rejoz ini bisa disimak dalam lagu berjudul Percayakan Padaku.

Seberapa Pantas yang diciptakan oleh Eross menceritakan tentang seorang cowok yang suka merasa sok hebat, tapi kemudian kena batunya setelah ketemu dengan seorang cewek yang membuat dirinya jatuh bangun. Yang menarik di lagu ini adalah bahwa muatan emosinya tidak bisa ketebak, bisa naik-turun. Dibuka dengan melodi bertempo lambat, kemudian disusul geberan tempo cepat pada bagian reffrain, dan kembali menurun pada bagian bridge-nya.

Duta menciptakan lagu berjudul Seandainya. Lagu ini diciptakan saat tur ke kota Padang. Ia mengaku bahwa untuk urusan menciptakan lagu ini ia meminta bantuan konsultasi Eross.

Dari segi vokal, Duta mengaku aransemennya sekarang lebih matang, baik dari segi lead maupun backing vocal. Bahkan untuk menampilkan aransemen vokal yang bagus saat manggung, mereka berencana merekrut dua orang backing vokal.

Adapun Sakti menciptakan lagu berjudul Buat Aku Tersenyum, yang ia buat bangun pagi di rumahnya. Tidak sampai satu jam lagu itu berhasil ia ciptakan. Menurut gitaris ini, musik yang ditampilkan di album yang sekarang lebih bervariasi. Misalnya ada beberapa lagu yang direkam secara semi-live. Ia pribadi juga menyukai sound-sound gitar yang ada, yang menurutnya sederhana namun klasik.

Kalau Anton ceritanya lain lagi. Ia menciptakan lagu berjudul Mari Bercinta, yang inspirasinya didapat saat tur ke Brunei. Waktu itu kebetulan Eross membawa gitar dan amply, dan secara spontan ia menemukan chord-chord yang akhirnya menjadi lagu tersebut.

"Di lagu itu aku isi dengan permainan perkusi pada fill interludenya, sehingga lebih seru," kata drummer yang juga memberikan sentuhan musik piano pada lagunya. "

Anton yang pengagum Jeff Porcaro dan Simon Phillips (drummer TOTO) ini mengaku puas dengan album 07 Des, terutama tentu saja dari permainan drumnya. "Akustik dan groove permainan drum-nya dapat banget," sambungnya.

Sedangkan Adam yang sudah pengalaman menulis lagu di album sebelumnya menciptakan lagu berjudul Bapak-Bapak. Lagu dengan besutan irama rock n' roll ini isinya menceritakan tentang himbauan kepada para bapak untuk tidak menghalangi hubungan cinta anaknya. Menurut Adam, album sekarang ini lebih tegas dalam menyampaikan suatu tema. Dan setiap lagu mempunyai karakter yang kuat.

Selain lagu-lagu yang telah disebutkan diatas, album terdiri dari 14 lagu ini menyimpan lagu-lagu kuat lainnya yang patut disimak. Saat Aku Lanjut Usia, misalnya. Lagu ini diciptakan Eross setelah ia melihat sepasang suami istri berusia lanjut yang berjualan kacang di pinggir jalan, yang menurutnya pemandangan yang sungguh romantis. Lagu ini bernuasakan musik country. Lagu bernuasakan musik yang sama juga bisa didengarkan dalam lagu berjudul Pria Kesepian.

Dalam lagu berjudul Hingga Ujung Waktu, Eross berusaha memaksimalkan pemahamannya tentang lirik tersebut dan berusaha semua personil memainkan dengan interpretasi sebebas mungkin tapi tetap dalam satu alur. Dan hasilnya adalah, sebuah lagu dengan muatan emosi yang kuat, dengan modulasi progresi chord yang benar-benar baru!

18 MARET 2002
Selain tanggal 07 Des, 18 Maret juga tanggal yang tak kalah bermakna buat Sheila On 7. Karena pada tanggal tersebut, album 07 Des resmi diluncurkan. Suatu perjuangan yang lumayan berat dan sempat mengalami kendala dengan datang banjir yang menimpa studio rekaman. Untung bakal masterpiece mereka selamat, namun mereka harus memindahkan proses mixing ke tempat lain. Adapun proses mastering sendiri dilakukan di Australia.

Dengan album baru, tentunya ada harapan baru. Eross, Duta, Adam, Sakti, Anton ingin terus menyenangkan orang dengan memberikan hiburan lewat album ini. Tak hanya itu, kali ini mereka juga mengajak penikmat musiknya untuk lebih memikirkan kehidupan. Ini tercermin lewat simbol bumi yang dinaungi payung kecil.

"Payung kecil diatas bumi itu simbol alat untuk mengayomi dunia. Dengan payung kecil itu tentu saja tidak cukup memayungi bumi yang luas. Untuk itu Sheila On 7 mengajak semua orang untuk sama-sama saling melindungi dan "mendinginkan" bumi," jelas Eross.



Album 07 Des Track Listing
1. Tunjukkan Padaku
2. Hingga Ujung Waktu
3. Seberapa Pantas
4. Seandainya
5. Buat Aku Tersenyum
6. Saat Aku Lanjut Usia
7. Mari Bercinta
8. Trimakasih Bijaksana
9. Takkan Pernah Menyesal
10. Tentang Hidup
11. Bapak-Bapak
12. Percayakan Padaku
13. Pria Kesepian



Quote:


Quote:
Diubah oleh alberteross 07-12-2012 08:03
0
9.8K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.