Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

baybayardiAvatar border
TS
baybayardi
Antara Eksploitasi dan Rezeki (Topeng Monyet)
WELCOME TO MY THREAD


Antara Eksploitasi dan Rezeki (Topeng Monyet)

Perjuangan nan gigih diperlihatkan si monyet. Tampak si monyet yang telah dihiasi dengan segala bentuk pernak-pernik yang lucu agar menarik perhatian manusia sekitar. Diiringi dengan lantunan gendang, monyet yang telah dikalungi rantai dengan mengikuti alunan gendang, si monyet beraksi dengan meniru gerak-gerik kegiatan manusia. Topeng Monyet, itulah sebutannya para penonton mengidentifikasinya. Pada saat saya masih berumur 6-10 tahun, topeng monyet adalah hiburan paling menarik. Bilamana bunyinya terdengar dari penghujung komplek, saya pun berlari bergabung dengan teman-teman sebaya menghampiri arah bunyi tersebut. Perjuangan si monyet itu tidak sia-sia, si monyet dapat membuat kita tertawa bahagia, akhirnya pun kami mengeluarkan uang jajan untuk membalas jasa dari perjuangan si monyet tersebut.

Perjuangan si monyet pun begitu mulia, selain menghibur kami, si monyet merupakan tulang punggung bagi pemilik topeng monyet tersebut. Dari sepengetahuan saya, topeng monyet merupakan sumber nafkah untuk menghidupi keluarga pemilik topeng monyet tersebut. Akan tetapi, topeng monyet adalah objek ekploitasi oleh pemiliknya. Lihat saja pelatihannya, dengan cara dirantai lehernya dengan ikatan rantai diatas kepala si monyet sehingga dia hanya bisa berdiri seharian, bertujuan agar si monyet dapat berjalan berdiri. Sungguh miris melihatnya, apalagi yang biasanya kita saksikan topeng monyet di pinggir-pinggir jalan perkotaan. Tertawa, tapi meriding ketika melihat pemuda itu menarik si kera dengan sekuat tenaga, untuk menggerakkan “moge”-nya. Kalau saja si kera bisa ngomong mungkin dia akan berkata “sialan nih sakit leher ane emoticon-Marah” .

Jika kita sebagai penonton, memberi uang atas sajian hiburan itu, kita telah memberi rezeki untuk si pemilik topeng monyet dan seakan mengiyakan eksploitasi si monyet. Jika kita tidak memberikan uang, kita merasa kasihan terhadap mereka pemilik topeng monyet yang telah menyediakan hiburan kepada kita dan itu adalah sumber rezeki untuk menafkahi keluarga. Negara telah memiliki REGULASI dalam mensiasati terkait masalah kesejahteraan hewan. Komitmen memang sudah terlihat dari Undang-undang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang baru disahkan yakni UU 16/2009 yakni pasal 66 dan pasal 67. Namun, belum ada sanksi hukum terhadapnya. Bahkan saya pernah melihat di perempatan lampu merah, di situ berada pos polantas dan di sampingnya ada pertunjukkan topeng monyet. Mungkin sulit diberantas kegiatan ini dikarenakan telah terbangun kuat di masyarakat kita persepsi berupa sebuah pernyataan, ” Halah cuma monyet aja loh, hewan menjijikkan”.

Sudah saat nya kita membangun pri kehewanansejak dini. Pengertian pri kehewanan dalam konteks ini adalah kasih sayang terhadap hewan. Alangkah damainya, jika melihat monyet hidup di habitat aslinya. Bergelantungan di atas pohon, mencari kutu pasangannya dan kegiatan lainnya. Semoga pelaku usaha topeng monyet di seluruh muka bumi ini dapat menyadari akan perbuatannya yang salah. Masih banyak cara positif dalam mencari rezeki.

ane sekarang mulai bingung gan antara memberi atau tidak emoticon-Bingung
sampaii" WNA saja demo agar topeng monyet itu di hentikan
Spoiler for DEMO:

ini nih gan foto"nya ane merasa kasihan. yang seharusnya mereka bergelantungan di pohon pohon tapi malah ditaruh dikandang yang mirip kandang ayam emoticon-Mewek
Spoiler for monyet:

Spoiler for bonus gan:

jangan lupa ye gan emoticon-Rate 5 Staratau emoticon-Blue Guy Cendol (L) bagi yang sudah ISO
jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan
jangan lupa komeng juga emoticon-Ngakak
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.7K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.