Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

elhubbyAvatar border
TS
elhubby
Survei LSJ: Demokrat dan PKS Terjun Bebas

ilustrasi survey


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Elektabilitas Partai Demokrat kembali terperosok, diikuti Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sekalipun Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melucuti otoritas Ketua Umum Anas Urbaningrum, elektabilitas Demokrat tetap turun.

"Langkah SBY mengambil alih kendali partai dari tangan ketua umumnya, diapresiasi negatif oleh publik. Citra Partai Demokrat kian terbenam, elektabilitasnya semakin terjun bebas," ujar peneliti senior Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Rendy Kurnia di Pulau Dua, Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Hasil survei LSJ yang dilakukan pada 9-15 Februari 2013, menempatkan Partai Demokrat di angka (6,9) persen, di bawah Gerindra (10,3 persen), PDI Perjuangan (16,5 persen), dan Golkar (18,5 persen).

Lalu ada NasDem (4,5 persen), PKS (2,6 persen), PAN (2,5 persen), PPP (2,4 persen), dan PKB (1,8 persen). Menurut Rendy, menurunnya elektabilitas Demokrat dan PKS merosot karena banyak persoalan seperti korupsi.

Demokrat misalnya, terjadi karena paling banyak kadernya tersangkut kasus korupsi (67,3 persen), disusul PKS (5,8 persen), menurut responden.

Fakta bertenggernya PKS di posisi kedua setelah Demokrat cukup fenomenal, mengingat dalam survei LSJ sebelumnya, dan juga suveri berbagai lembaga lainnya, posisi kedua masih ditempati Partai Golkar. Kini Partai Golkar berada di posisi ketiga (5,2 persen).

"Seandainya pemilu dilaksanakan sekarang, mereka yang mengaku akan memilih Demokrat hanya 6,9 persen, sedangkan yang memilih PKS hanya 2,6 persen. Angka ini jauh di bawah perolehan suara PKS pada Pemilu 2013 sekitar 8 persen," ulas Rendy. (*)

Sulit utk tidak percaya gan emoticon-Malu
0
975
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.