Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lazy lilyAvatar border
TS
lazy lily
Sharing Pengeluaran Untuk Jalan & Nonton Suami-Istri Perbulan
Hai gan dan sesepuh wedding, salam kenal.

Nama gw lily, usia gw 25 tahun, sedang suami 28 tahun. Kami menikah sudah 1 tahun 2 bulan, tapi hingga kini belum pintar menabung dan sulit mengatur keuangan rumah tangga. Gw boros, sedang suami kelewat irit. Tapi karena sifat boros gw yang dominan, suami yang biasanya selalu punya tabungan, beberapa bulan terakhir tabungannya jadi 0 Rupiah.

Kami sama-sama punya penghasilan, walaupun gw kerja di rumah dan suami PNS. waktu gw jadi reporter 5 bulan yang lalu suami gak suka, karena gw selalu pulang malam, dan punya banyak temen cowok. jadi gw resign. Alhamdulilah, dua bulan terakhir gw dapet kerjaan freelance di bidang yang masih terkait gajinya tetap, kerja di rumah.

Dihitung-hitung, gabungan gaji kami belum sampai 10 juta. Masih kurang lebih 8,5 juta perbulan. Kami gak ada cicilan, alhamdulilah udah punya rumah, tapi momongan belum. Kami juga gak punya cc, jadi bebas hutang. Borosnya gw gak ampe beli barang-barang bermerek, menengah. Tapi borosnya itu di makan/jalan-jalan atau nonton bioskop perbulan. Sama beli baju! *Sigh*

Kami makan ke restoran 4 kali dalam sebulan, sekali makan 200 ribu. Jadi pengeluaran maksimal 800 ribu. Nonton maksimal 2 kali sebulan, masing2 100rb, jadi 200 ribu.

Trus karena keseringan online, jadi gatel belanja barang online. Sebulan dua kali, satu barang 200rb, jadi 400rb.

Kadang dalam seminggu malas masak, jadi suami bawa pulang makanan jadi, kira2 seminggu 3 kali, harga makanan untuk berdua 50rb. Totalnya 3x4x50= 600 ribu.

Pengeluaran di atas gak termasuk kebutuhan dapur, sabun cuci, kamar mandi, perawatan muka, ongkos suami, dan kebutuhan utama lainnya.

Pertanyaannya, pengeluaran segitu normal kah? Suami selalu ngeluh karena gw boros. Ini beneran gw yang boros atau suami yang kelewat irit? Tahun ini kami berencana cicil mobil bekas, jadi harus kumpulin dp.

Sharing juga dong gan, berapa pengeluaran rata-rata rumah tangga agan untuk jajan/makan di resto/nonton setiap bulan?

berapa kali jalan/makan di luar rumah perbulan bareng istri/suami? (sama kolega, atau makan siang di kantin kantor gak dihitung)

berapa kali beli baju atau barang elektronik perbulan? maksimal pengeluarannya berapa?

Karena selalu disugesti suami gw kelewat boros, jadinya tiap ngeluarin uang gw jadi merasa bersalah. Gak bisa menikmati. Jadi pusing, gampang uring-uringan, emosional, takutnya stress cuma gw gak nyadar. Takutnya suami juga cerita ke keluarga besarnya yang terbiasa nabung, gw jadi bahan gunjingan. Padahal pingin punya anak. Gw butuh solusi dan motivasi.

Mohon bimbingannya. Makasi...emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh lazy lily 16-02-2013 20:33
0
11.8K
75
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.7KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.