armageddon91Avatar border
TS
armageddon91
Mengenal Macam-macam Penyakit Syaraf
Salam sejahtera agan-agan kaskus...emoticon-Smilie, TS ingin berbagi pengetahuan nih, siapa tahu informasi ini dapat berguna bagi kita semuaemoticon-Smilie. Semoga tidak emoticon-Blue Repost, langsung saja kita simak bersamaemoticon-thumbsup
Macam-macam Penyakit Saraf :
Penyakit saraf adalah penyakit pada sistem saraf. Penyakit saraf merupakan salah satu penyakit yang paling diwaspadai apalagi dengan gejala-gejalanya yang sangat cepat. Belum lagi otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh karena berfungsi sebagai pengendali tubuh dan pikiran kita. Jika tidak ada sistem saraf di dalam otak kita maka gerakan tubuh kita tidak akan karuan. Oleh karena itu, agar tubuh bisa saling terkoordinasi maka dibutuhkan komando dari sistem saraf. Namun, sistem saraf tidak luput dari penyakit, ya, penyakit saraf bisa menyerang siapa saja. Jika sudah terserang penyakit sistem saraf maka tidak terbayangkan bagaimana cara kerja tubuh kita nantinya.

Sistem saraf sendiri terdiri dari banyak jaringan sel khusus yang dalam istilah medis disebut sebagai sel neuron. Nah, sel neuron ini berdasarkan fungsinya terbagi menjadi empat kategori, yakni sebagai berikut:

Sel sensoris memiliki fungsi sebagai pengantar rangsangan dari luar ke saraf pusat manusia yakni otak. Sebagai contoh ketika kulit kita luka maka sel sensoris mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Sel motoris yang berfungsi sebagai gerak refleks pada tubuh kita, yakni memerintahkan tubuh untuk menghindar dari bahaya secara refleks.

Sel penghubung mempunyai fungsi sebagai penghubung sel saraf yang satu dengan yang lainnya dan berada di sumsum tulang belakang manusia.

Neuron ajustor berfungsi sebagai penghubung antara sel sensoris dan sel motoris, berada di sumsum tulang belakang dan otak manusia.

Seperti yang telah disebutkan, penyakit saraf bisa menyerang siapa saja dan ada berbagai contoh penyakit saraf yang perlu kita ketahui.

Tahukah Anda bahwa penyakit saraf tidak hanya mencakup penyakit-penyakit yang jarang kita dengar atau yang jarang kita lihat langsung. Migrain dan sakit kepala juga termasuk kategori penyakit saraf karena penyakit tersebut berasal dari sistem saraf pusat manusia dan sangat berpengaruh terhadapnya. Namun, kita akan membahas beberapa contoh penyakit saraf yang termasuk kategori berbahaya.

1. Penyakit saraf – vertigo

Vertigo hampir sama dengan sakit kepala namun dalam tahap yang jauh lebih parah. Ketika sedang diserang vertigo maka penderitanya akan merasa sedang berputar-putar atau sekelilingnya yang berputar-putar sehingga mengakibatkan penderitanya tidak mampu melakukan aktivitas sama sekali.
lebih jelasnya==»

2. Penyakit saraf – Alzheimer

Alzheimer seperti sindrom dengan apoptosis sel-sel saraf pada satu waktu yang hampir bersamaan yang menyebabkan otak tampak mengerut dan mengecil. Penyakit saraf ini menyebabkan seseorang bisa lupa kepada hal yang bahkan baru saja terjadi, sering mengulang-ulang pertanyaan dan bahkan bisa tersesat di daerah yang sudah tidak asing baginya.
lebih jelasnya==»

3. Penyakit saraf – Bell’s palsy

Bell’s palsy merupakan penyakit saraf yang menyerang saraf wajah sehingga mengakibatkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Oleh karena itu, penderita mengalami kesulitan untuk menggerakkan sebagian otot wajahnya seperti meniup dan menutup mata.
lebih jelasnya==»

4. Penyakit saraf – disleksia

Disleksia merupakan ketidakmampuan seseorang untuk belajar membaca dan menulis dan bisa diakibatkan oleh kerusakan pada sistem saraf pusatnya.
lebih jelasnya==»

5. Penyakit saraf – meningitis

Meningitis merupakan radang pada selaput pelindung sistem saraf pusat manusia yang disebabkan oleh mikroorganisme, cedera, kanker atau obat-obatan tertentu – terletak di dekat otak dan tulang belakang. Ketika semakin parah maka akan mengakibatkan penderitanya tidak mampu mengendalikan gerakan, pikiran dan bisa menyebabkan kematian.
lebih jelasnya==»

6. Penyakit saraf – parkinson

Penyakit pada sistem saraf yang menyebabkan sistem pergerakan pada tubuh manusia menjadi tidak terkendali. Pada saat terserang parkinson maka penderitanya bisa mengalami getar hebat tanpa kontrol di bagian tangan dan kaki.
lebih jelasnya==»

Ada banyak lagi penyakit saraf yang berbahaya seperti Hidrosefalus, lumpuh otak, radang otak dan sebagainya. Oleh karena itu, pencegahan dan kontrol perlu dilakukan secara rutin.
sumber
Nb : yang sudah iso boleh berbagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Big Grin, yang belum iso memberi emoticon-Rate 5 Star juga bolehemoticon-Smilie, thank's be for....emoticon-Shakehand2
Diubah oleh armageddon91 12-02-2013 10:51
0
8.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.