Cara Menjernihkan Minyak Goreng [INFO+]

Post Reply
Subscribe share: Twitter Facebook

Cara Menjernihkan Minyak Goreng [INFO+]

Spoiler for





Kita sering mendengar informasi bagaimana menjernihkan minyak goreng atau jelantah yang dilakukan penjual gorengan atau pembuat kue donat. Mereka bisa memasukan plastik atau lilin ke dalam minyak goreng dengan alasan agar minyak lebih awet, minyak tak cepat hitam, dan makanan lebih renyah, meski jelas membahayakan kesehatan.
Sebenarnya, untuk menjernihkan kembali minyak jelantah kita dapat menggunakan arang aktif. Arang aktif adalah arang yang telah diproses sehingga memiliki daya serap tinggi, bisa berasal dari tempurung kelapa, kayu atau lainnya. Arang aktif menyerap berbagai kotoran dan tingkat kerusakan minyak jelantah.
Cara lain membersihkan minyak jelantah ialah dengan menggunakan perasan buah mengkudu. Tumbuklah satu buah mengkudu, ambil sarinya, campur ke minyak jelantah dan biarkan 5 - 10 menit. Kemudian, panaskan pada suhu 50 derajat (api kecil) dan saring
Bila sulit mendapatkan mengkudu, bisa juga menggunakan sekepal nasi yang di cemplungkan pada minyak jelantah yang dipanaskan. Cara terakhir ini walau bisa menjernihkan minyak, namun tidak memperbaiki struktur kimianya.


NARASUMBER
Setelah dijernihkan,minyak itu aman gak gan kalo dipake lagi?
profile picture
Kaskus Addict #3
Quote:Original Posted By rafaeledogawa
Setelah dijernihkan,minyak itu aman gak gan kalo dipake lagi?

ngikut nyimak gan
Quote:Original Posted By rafaeledogawa
Setelah dijernihkan,minyak itu aman gak gan kalo dipake lagi?


Jika sebelum dijernihkan minyak goreng bekas mengandung FFA atau asam lemak bebas sebanyak 1,28 persen maka setelah dijernihkan kandungan FFA menjadi 0,20 persen. Kandungan peroksida yang semula 16,493 meg H2O2/kg minyak menjadi 0,7402 meg H2O2/kg. Warna minyak goreng yang semula keruh kehitaman dapat berubah menjadi jernih. Kandungan warna absobsi) yang semula 0,796 turun menjadi 0,331.

Klo menurut ane nih gan aman-aman aja
perasaan ada trit kayak gini 4 hari yg lalu.. Btw nice share lah..
Quote:Original Posted By vicario14
perasaan ada trit kayak gini 4 hari yg lalu.. Btw nice share lah..


Spoiler for Copas dari tetangga sebelah gan

http://www.widyamandala.org/news.php...n=detail&id=36
wew gitu ya caranya gan

ane pake minyak kacang buatan sendiri gan, kebetulan ada temen produksi makanan berbahan kacang. tinggal rakit mesin press dan saringan aja
Quote:Original Posted By qulil12haqqo
wew gitu ya caranya gan

ane pake minyak kacang buatan sendiri gan, kebetulan ada temen produksi makanan berbahan kacang. tinggal rakit mesin press dan saringan aja


wah lebih praktis ya gan
nice threat gan
kalo ane pernah dkasih tau ibu-ibu pake tepung gan...ambil sesendok, cemplungin biarin ampe 1 malam ntar bakalan kliatan bening lagi gan.
kotoran bakalan ngendap dibawah tinggal disaring doang katanya. kekurangan gak bisa hilangin bau bekas goreng masakannya...sory ane sendiri blom pernah praktekin gan...
# origin post by kingAnanda bisa di praktekin nih
besok cari arang ah

Quote:Original Posted By qulil12haqqo
wew gitu ya caranya gan

ane pake minyak kacang buatan sendiri gan, kebetulan ada temen produksi makanan berbahan kacang. tinggal rakit mesin press dan saringan aja

ini juga bertebaran dimari
inget soal belum solve
Wah , mantap info nya gan
wah lumayan nih bisa ngirit minyak goreng
profile picture
Aktivis Kaskus #14
nice thread gan,,
profile picture
Kaskus Addict #15
wah,,,

BTW, arang aktif bisa didapatkan dmna gan??
trus klo pake mengkudu gak bau kah minyaknya ntar??

klo pake nasi koq ane berasa aneh yah??

tapi ntar ane tes dah, lumayan buat penghematan nih,,
nice post gan
ijin mencoba deh
Quote:Original Posted By digitalwave
wah lumayan nih bisa ngirit minyak goreng


Harus hemat gan
profile picture
Kaskus Addict #19
Nice info nih. Buat emak ane
profile picture
Kaskus Addict #20
lumayan untuk anak kost wkwkwk
Kaskus Login
Or Login with :
© 2014 Kaskus – The Largest Indonesian Community