WildanHrpAvatar border
TS
WildanHrp
Cara Menjernihkan Minyak Goreng [INFO+]
Spoiler for :





Kita sering mendengar informasi bagaimana menjernihkan minyak goreng atau jelantah yang dilakukan penjual gorengan atau pembuat kue donat. Mereka bisa memasukan plastik atau lilin ke dalam minyak goreng dengan alasan agar minyak lebih awet, minyak tak cepat hitam, dan makanan lebih renyah, meski jelas membahayakan kesehatan.
Sebenarnya, untuk menjernihkan kembali minyak jelantah kita dapat menggunakan arang aktif. Arang aktif adalah arang yang telah diproses sehingga memiliki daya serap tinggi, bisa berasal dari tempurung kelapa, kayu atau lainnya. Arang aktif menyerap berbagai kotoran dan tingkat kerusakan minyak jelantah.
Cara lain membersihkan minyak jelantah ialah dengan menggunakan perasan buah mengkudu. Tumbuklah satu buah mengkudu, ambil sarinya, campur ke minyak jelantah dan biarkan 5 - 10 menit. Kemudian, panaskan pada suhu 50 derajat (api kecil) dan saring
Bila sulit mendapatkan mengkudu, bisa juga menggunakan sekepal nasi yang di cemplungkan pada minyak jelantah yang dipanaskan. Cara terakhir ini walau bisa menjernihkan minyak, namun tidak memperbaiki struktur kimianya.


NARASUMBER
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 6 suara
cara-menjernihkan-minyak-goreng
Apakah masih baik digunakkan?
67%
Apakah masih ada zat kimianya
33%
0
10.4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.