[share] cara cepat menjernihkan air keruh

Post Reply
6 votes, 5 average.
Subscribe share: Facebook Twitter

[share] cara cepat menjernihkan air keruh

moga aja ga salah kamar

Misi agan semuanya....
Ane mau sharing cara menjernihkan air yang keruhnya minta ampun menjadi air yang jernih dalam waktu yang relatif singkat.

Mungkin agan-agan semua yang hidupnya di kota udah hidup dengan mengandalkan air dari PDAM yang udah jernih. Tapi bagi sebagian orang yang masih menggunakan sumur bor yang airnya masih keruh sebagai sumber airnya bisa mencoba saran dari ane.

Biasanya orang-orang hanya menggunakan tawas, tapi cara ini biasanya memakan waktu yang lama untuk menjernihkan airnya, rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 12 jam hingga air keruh benar-benar mengendap.

Sebenarnya ada cara yang lebih cepat buat menjernihkan air keruh, yaitu dengan tawas + soda air. Ane akan share caranya karena kesalahan penggunaan bisa membuat airnya ga jernih-jernih.

Lets cekibrot...

Alat dan bahan

1. Tentu saja air yang keruh
2. Tempat penampungan air (kalo ane biasa make drum 200 liter)
3. Pengaduk (kalo agan bisa ngaduk pake tangan bisa lewatkam alat yang ini)
4. Tawas
5. Soda
6. Sendok detergen

cara:
1. Tampung air di tempat penampungan (drum)
Spoiler for " air keruh "

2. Taburkan tawas 1 sendok, aduk...
Spoiler for " tawas di aduk "


3. Taburkan lagi soda air 1 sendok, aduk lagi
Spoiler for " soda air di aduk "


4. Diamkan hingga endapan menggumpal
Spoiler for " endapan mengendap "

dengan cara ini maka dalam waktu satu jam air sudah jernih, untuk hasil maksimal tunggu hingga 2 jam, air bening seperti air hujan
Spoiler for " 10 menit "

Spoiler for " 20 menit "

Spoiler for " 30 menit "

Spoiler for " 60 menit "


Maaf photo kabur, cuma pake kamera hape jadul

Semoga bermanfaat

Selamat mencoba

Komeng-komeng agan sangat ane harapkan demi memperpanjang khidupan trit ane...
Thanks...

Quote:karena banyaknya yang bertanya apakah air ini bisa diminum atau tidak.... jwabannya adalah
Spoiler for jawaban
SANGAT BISA SEKALI, asalkan air tersebut direbus terlebih dahulu hingga matang


Quote:orang tua ane dari dulu udah kaya begono buat membuat air jernih gan, bahkan memakai profil tank yang besar buat nyetok air minum dari air yang di jernihkan ini

Bagi agan2 yang udah nyoba cara dari ane bisa bagi-bagi disini testinya... Biar yang laen pada percaya kalo ane ga ngeHOAX...

= UPDATE =

Banyak yang mengira ane memakai detergen. Itu bukan detergen. Itu tawas + soda air, tapi menakarnya dengan sendok detergen. Jadi yg dipake disini adalah sendoknya, bukan detergennya
Pertamax kah?
Quote:Original Posted By mikronuke20
Pertamax kah?


Selamat gan


Betul gan... cara kaya gitu jadi proses awal di pengolahan air buat air yang masuk ke boiler.
Jadi lumpur-lumpur pada ngendap semua.
diaduknya jangan kenceng2 kalo bisa, pelan n santai aja, biar lumpurnya yg udah ngiket sama tawas+soda ga pecah lagi.


ntar kalo dipake mandi ga bakal gatel gatel gan?
pake tawas ya,,ane jga pernah dengar tapi blum pernah nyobain
Airnya bahaya ak klo sampe untuk kebutuhan rumah tangga seperti mandi, cuci, atau minum jika uda kena tawas + soda air?
itu ada efek sampingnya ga gan?
ntar ga steril lagi :





DOA ANE HARI INI :
di rumah ane pernah pake tawas, airnya untuk diminum juga, bahaya ga ya ?
Air ini gak buat diminum kan gan?
kalo pake soda ma tawas bukannya malah gatel kalo dipake buat mandi gan??
cara yang lebih alami ya di saring pake biofilter lah..
itu baru mnjernihkan gan, kalo di IPA ada lagi penambahan cairan kimia untuk membunuh kuman dan bakteri utamanya bakteri E-Coli
Nice share gan.
Dulu waktu sekolah ane permah eksperimen, hasilnya kurang bersih. Hehehe.
yg boneng gan??
kayaknya nggak bisa di minum itu yach gan
btw ada efek sampingnya ga itu gan ?
tapi bisa diminum gan ?
profile picture
Kaskus Addict #18
wah itu kalo di pake sikat gigi bisa berbusa yah mulutnya

bahaya pa ga gan.?
mayan tuh buat korban banjir, minimal buat mandi dan cuci

cek sempak gans
kebetulan air di rumah lg keruh byk pasir gan

KASKUS Sign In

or Sign In with