Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

..L.Avatar border
TS
..L.
[MUSLIM] Tuntunan Pernikahan
إِن الْحَمْدَ لِلهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيئَاتِ أَعْمَالِنَا.

مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِل لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَن مُحَمدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.

يَا أَيهَا الذِينَ آمَنُوا اتقُوا اللهَ حَق تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُن إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ.

يَا أَيهَا الناسُ اتقُوا رَبكُمُ الذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَث مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتقُوا اللهَ الذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِن اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا.

يَا أَيهَا الذِينَ آمَنُوا اتقُوا اللهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا.

أَما بَعْدُ:

فَإِن خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهِ, وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمدٍ, وَشَر الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا, وَكُل مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ, وَكُل بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ, وَكُل ضَلاَلَةٍ فِي النارِ.





Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menye-satkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-bena r takwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Ali ‘Imran: 102)

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakanmu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya, dan dari-pada keduanya Allah memperkembang-biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (menggunakan) Nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan menga-wasimu.” (QS. An-Nisaa’: 1)

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. Al-Ahzaab: 70-71)

Amma ba’du:

Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah Kitabullah (al-Qur’an) dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad (as-Sunnah). Seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan (dalam agama), setiap yang diada-adakan (dalam agama) adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah sesat, dan setiap kesesatan tempatnya di Neraka.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hasan Al-Bashri rahimahullah (wafat th. 110 H) pernah berkata:

"Wahai sekalian manusia, sungguh aku akan memberikan nasihat kepada kalian padahal AKU BUKANLAH ORANG YANG PALING SHALIH dan BUKAN YANG PALING BAIK DI ANTARA KALIAN.

Sungguh, aku memiliki banyak maksiat dan tidak mampu mengontrol dan mengekang diriku supaya selalu taat kepada Allah.

Andai seorang mukmin tidak boleh memberikan nasihat kepada saudaranya kecuali setelah mampu mengontrol dirinya, niscaya hilanglah para pemberi nasihat dan minimlah orang-orang yang mau mengingatkan." (Tafsir Qurthubi, 1/410)

Sa’id bin Jubair rahimahullah (wafat th. 95 H) berkata:

"Jika tidak boleh melakukan amar ma'ruf dan nahi munkar kecuali orang yang sempurna, niscaya tidak ada satu pun orang yang boleh melakukannya." (Tafsir Qurthubi, 1/410)

---------------
trit ini sebagai sarana sharing , diskusi ( ilmu agama islam, bukan ilmu yang lain ) yang berkaitan dengan pernikahan.

bahannya boleh copas, penggalan copasan, download-an kajian audio, ebook, artikel, kisah2 para sahabat, jadwal kajian ilmiah islami yang berkaitan dengan pernikahan dan sarana ilmu yang lain yang penting memudahkan kita untuk memahami.
nanti gw yg index gan.

tema boleh dari pra nikah, nikah, pasca nikah, nasihat untuk suami, nasihat untuk istri, ataupun doa2.

siapa saja boleh share, diskusi, tapi perlu difahami ada aturan tidak tertulis dimari , bagi2 temen2 yg belum nikah, nikah saja dulu baru memberikan advice., harap maklum.

yang mau bertanya silahkan, dengan pertanyaan yang sewajarnya..
yang mau menjawab juga silahkan, lengkapi dengan dasar..jawab dengan ilmu.

jangan panggil gw ustadz, itu sama saja dengan merendahkan gelar ustadz

dll nanti gw tambahin kalo perlu emoticon-I Love Kaskus (S)

semoga bermanfaat

index
1. pra nikah

2. nikah

3. pasca nikah

4. nasihat untuk suami istri

5. doa

6. download an

7. jadwal kajian

8. kisah teladan

-7
15.1K
241
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.7KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.