dBaTAvatar border
TS
dBaT
Surya Paloh Didemo, Jurnalis Dipaksa Hapus Gambar
Surya Paloh Didemo, Jurnalis Dipaksa Hapus Gambar




TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta Umar Idris mengecam kekerasan yang dilakukan oleh orang-orang yang terafiliasi dengan Partai Nasional Demokrat terhadap jurnalis dan pengunjung rasa di depan kantor bos Metro TV, Surya Paloh, di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Januari 2013.

Menurut Umar, dalam kekerasan ini, jurnalis TVRI yang meliput unjuk rasa dipaksa untuk menghapus gambar demonstrasi ini. “Jurnalis yang meliput unjuk rasa melalui BlackBerry juga diminta untuk menghapus tulisan dan foto yang tersimpan di dalam BlackBerry,” kata Umar, Rabu, 16 Januari 2013.

Sebelumnya, sebanyak 20 pengunjuk rasa dari Aliansi Melawan Topeng Restorasi (Aliansi Metro) menuntut Surya Paloh, bos Metro TV sekaligus pendiri Partai Nasional Demokrat, agar mempekerjakan kembali Luviana, jurnalis Metro TV yang di-PHK secara sepihak. Bukannya diakomodasi, para pengunjuk rasa ini malah berhadapan dengan orang-orang yang terafiliasi dengan Partai Nasional Demokrat. Menurut Umar, sekitar 30 orang dari dalam kantor Partai NasDem mengejar massa demonstrasi hingga kocar-kacir. Mereka juga sempat menghancurkan kaca mobil komando yang dibawa oleh para demonstran. Para pengunjuk rasa pun dipukul, ditendang, dan didorong oleh mereka.

Kasus Luviana mencuat awal 2012, dan hingga kini tidak ada penyelesaian. Kasus ini semakin mencuat karena Metro TV menghentikan gaji luviana sejak Juni 2012, meski belum ada putusan tetap dari pengadilan terhadap PHK. Kini, AJI Jakarta sedang mendampingi kasus ini secara litigasi dan nonlitigasi bersama LBH Pers, Aliansi Melawan Topeng Restorasi (Metro), dan Aliansi Sovi (Solidaritas Perempuan untuk Luviana).

ADITYA BUDIMAN | AFRILIA SURYANIS

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/0...a-Hapus-Gambar


Demo Anti-Surya Paloh Diserang, Ini Kronologinya


TEMPO.CO, Jakarta - Sekitar 30 orang menyerang pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Melawan Topeng Restorasi (Aliansi Metro) di depan kantor bos Metro TV, Surya Paloh, di Gondangdia, Jakarta Pusat. Saat pengunjuk rasa datang, sudah dihadang oleh Satgas Partai Nasional Demokrat yang mengenakan baju hitam-hitam.

"Aksi damai kami untuk menuntut Surya Paloh mempekerjakan lagi Luviana,” kata Winuranto, juru bicara Aliansi Metro, Rabu, 16 Januari 2013. Luviana adalah jurnalis Metro TV yang di-PHK sepihak oleh manajemen Metro TV.

Menurut Winuranto, pada pukul 13.00, sekitar 20 demonstran dari Aliansi Metro berunjuk rasa di depan kantor pendiri Partai Nasional Demokrat Surya Paloh, yang juga bos Metro TV, di Gondangdia.

Pada pukul 14.10, sekitar 30 orang keluar dari kantor Partai NasDem, menyerang massa yang sedang berorasi di depan kantor partai tersebut. Mereka mengobrak-abrik, menghancurkan mobil dan semua peralatan aksi yang ada di mobil. “Massa yang berhamburan dikejar, jurnalis yang meliput dilarang mengambil gambar, termasuk kepada siapa pun yang mengambil gambar dengan BlackBerry,” kata dia.

Peralatan unjuk rasa, seperti megaphone, alat-alat musik, tape, dan mikrofon, dihancurkan penyerang. Bahkan, kata dia, penyerang sempat akan menggulingkan dan membakar mobil komando. Namun, kata dia, polisi berhasil mencegah.

Luviana adalah jurnalis Metro TV yang telah bekerja selama 10 tahun. Dia dibebastugaskan pada 30 Februari 2012 dan di-PHK pada 27 Juni 202 tanpa keterangan yang jelas. Pada 5 Juni 2012, Luviana, yang didampingi tim litigasi dan nonlitigasi Aliansi Metro, bertemu dengan Surya Paloh. Pada pertemuan tersebut, Surya Paloh berjanji akan mempekerjakan Luviana kembali di Metro TV. Namun, pada 27 Juni 2012, Luviana justru menerima surat pemecatan.

Kini, Aliansi Jurnalis Independen Jakarta mendampingi kasus Luviana bersama LBH Pers, Aliansi Melawan Topeng Restorasi (Metro), dan Aliansi Sovi (Solidaritas Perempuan untuk Luviana).

AFRILIA SURYANIS

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/0...i-Kronologinya

gimana nih?
kasus lama dimunculkan kembali.
partai belom besar, udah banyak masalah.
padahal dah no urut 1
emoticon-Big Grin
Diubah oleh dBaT 16-01-2013 12:34
0
6.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.5KThread40.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.