Ujungberung, wilayah penghasil Band Metal yang mendunia

Post Reply
Subscribe share: Twitter Facebook

Ujungberung, wilayah penghasil Band Metal yang mendunia

Welcome to Tagtoz ThreaD

Wilayah Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat, dikenal sebagai kampung metal. Itu karena banyak band beraliran metal di Ujung Berung. Berbagai prestasi telah ditorehkan band-band dari Ujung Berung. Sejumlah band yang rata-rata merupakan band indie ini pernah manggung di manca negara atau merilis album mereka di luar negeri.

Jasad Band lagu-lagunya sempat dirilis di Amerika oleh sebuah label di Amerika. Sedangkan Forgotten albumnya dirilis di Jerman dan Eropa Timur. Adapun Burgerkill pernah mendapat penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2004 dengan menyabet kategori Best Metal Production untuk albumnya ”Berkarat”. Album ketiga Burgerkill, ”Beyond Coma and Despair”, dinobatkan menjadi salah satu dari 150 album sepanjang masa di Indonesia versi majalah Rolling Stone.

Bagi yang tidak mengikuti dunia musik metal, mari kita berkenalan dengan band-band tersebut.
Quote:1. Burgerkill
Spoiler for Burgerkill

Burgerkill yang mengusung musik hardcore dibentuk awal tahun 1995 oleh Eben, Kimung, dan almarhum Ivan. Mereka adalah teman satu sekolah di SMA Negeri 1 Ujungberung. Sampai sekarang, personel lama yang masih ada di Burgerkill tinggal Eben.
Sempat dikontrak label besar Sony Music Indonesia, belakangan Burgerkill meninggalkan Sony karena tidak ada kesesuaian. Album-album Burgerkill kini ditangani label rekaman Revolt! yang didirikan Eben.


Quote:2. Jasad
Spoiler for Jasad

Jasad diawaki oleh Man, Ferly, Yuli, dan Dani. Selain bermusik, Dani, penabuh drum Jasad, membuka studio band kecil-kecilan di rumahnya. Dani juga memberi kursus drum di rumahnya.


Quote:3. Forgotten
Spoiler for Forgotten

Forgotten didirikan tahun 1994 dan salah satu pendirinya adalah Addy Gembel. Sampai sekarang, Forgotten sudah mengeluarkan empat album yang diproduksi sendiri. Agar karyanya bisa dinikmati orang banyak, Addy Gembel mengaku malah bekerja sama dengan para pembajak compact disc (CD). ”Semakin banyak dibajak semakin bagus. Bagi saya, ide itu gratis,” kata Addy. Selain membajak lagunya sendiri, seperti band-band lain Addy juga memasang lagu-lagunya di situs web. Dari situ lagu-lagu Forgotten bisa dengan mudah diunduh (download) oleh siapa saja yang masuk ke situs web Forgotten. Hal sama dilakukan oleh Burgerkill, Jasad, dan band-band lain.


Kalau disimak, band-band metal di Ujungberung rata-rata sudah eksis sejak belasan tahun. Selain bermain band, mereka juga bekerja sama membuka bisnis yang biasanya berlandaskan kepercayaan. Menurut Gustaf, seniman yang juga mengelola Commonroom Foundation, hal itu disebabkan karena hubungan antarpersonel band itu sudah terjalin sejak mereka masih remaja. ”Mereka punya semangat untuk maju bersama dengan teman masa kecil,” kata Gustaf.

Persahabatan Addy dengan teman-temannya di Forgotten juga terjalin semenjak mereka SMP dan SMA. Demikian juga dengan Ameng dan Abah dari Disinffected. Perusahaan sablon Melted Print yang dijalankan Ameng dan Abah semua karyawannya adalah teman-teman mereka.

Lapangan kerja yang dibuka Eben Burgerkill juga menampung teman-teman Eben di Ujungberung. Selain bermusik, Eben juga mengelola usaha sablon, dapur rekaman, studio musik, dan perusahaan periklanan.

Terlepas dari semua itu, mereka ingin membuktikan bahwa meski band-band beraliran metal, namun tidak sampai melanggar norma yang ada. Selama ini stereotipe band metal adalah biang keonaran. Malah, ada vokalis salah satu band dari Ujung Berung yang seorang wanita dan mengenakan jilbab yakni GUGAT Band.
Spoiler for Gugat

Saat ini, terdapat sekitar tiga ribu fans berat Gugat yang tersebar di seluruh Indonesia. Band yang diawaki Achie (vokalis wanita yang mengenakan jilbab) bersama empat personel lainnya, yakni Iman (drum), Okid (vokal), Oce (gitar), dan Bayu (bas). Achie dan Okid berperan sebagai penulis lirik lagu yang terinspirasi dari pengalaman pribadi mereka.


Sumber 1, Sumber 2, dan ane tambahin sedikit biar gampang dicerna &enak diliat.

Quote:Jadi buat agan-agan pecinta musik Indonesia yang sangat beragam, khususnya musik metal ,
jangan lupa komen dimari sambil bantu yah
Quote:Original Posted By lalawijaya50
nice info gan



Wah agan ini bikin berat load thread ane aja gan
Laen kali pakai spoiler yo gan, daripada ditimpuk sama ane ato agan yg laen. Oke gan.
bugerkill mantap gan
profile picture
Kaskus Addict #4
semoga bisa makin sukses dan bisa bersaing di blantika musik gan
home screw yang mudanya ga masuk yak
Quote:Original Posted By culekmatamu
bugerkill mantap gan

Iya gan, band metal lokal dengan segudang prestasi

Quote:Original Posted By jirolas
semoga bisa makin sukses dan bisa bersaing di blantika musik gan

Musik Indonesia sebenernya gak kalah dari musik asing gan, masih banyak band laen yg udh dikenal dunia kok gan
Quote:Original Posted By MhdIdhamBaihaqi
home screw yang mudanya ga masuk yak


Sori gan, belum masuk nih. Hehe
profile picture
Aktivis Kaskus #8
vokalis forgotten temen ane klo lg ngetrail gan
wah manteb dehhmatabelo
profile picture
Kaskus Addict #10
Forgotten keren tuh.
tapi ane masih bingung sama lagunya yg kontroversial yg judulnya"Tuhan ****h ***i" arti dari lagunya itu apa?
mantap banget emang
gak doyan sama musik metal begitu
wah keren gan, ane tinggal di ujung berung juga gan,
Quote:Original Posted By ainkrusuh
vokalis forgotten temen ane klo lg ngetrail gan


Wuidih, keren tuh gan.
Quote:Original Posted By bandy.oi
Forgotten keren tuh.
tapi ane masih bingung sama lagunya yg kontroversial yg judulnya"Tuhan ****h ***i" arti dari lagunya itu apa?


Kalo menurut ane sih maknanya malah bagus banget gan, lagu yg menggambarkan kondisi sosial masyarakat sekarang,dimana orang-orang sudah menemukan berhala-berhala baru untuk disembah dan tuhan-tuhan baru masa kini. Berhala kehormatan dan eksistensi yang bernama mode atau tren, dimana masyarakat digiring untuk beribadah ke mall, pasar, dan menjadi umat yang konsumtif.
profile picture
Kaskus Addict #16
Keren



tapi ane gak suka metal
Quote:Original Posted By zers
Keren



tapi ane gak suka metal


Hehe, gak papa gan. Lumayan buat nambah pengetahuan.
pakogah baru tau den,klo itu tempatnya lagu2 cadas,sayang pakogah kurang suka den...masih demen lagu dangdut cirebonan
profile picture
Aktivis Kaskus #19
Jokowi mesti diundang nih ke 'Kampung Metal'.. emg Bandung kota orang2 kreatif gan... alias biar kere tapi aktif gan..kek ane..hehehe
profile picture
Kaskus Addict #20
Wah nice info gan, br tau kl itu dr wilayah ujung berung bandung
Kaskus Login
Or Login with :
© 2014 Kaskus – The Largest Indonesian Community