tagtozAvatar border
TS
tagtoz
Ujungberung, wilayah penghasil Band Metal yang mendunia
emoticon-I Love IndonesiaWelcome to Tagtoz ThreaD emoticon-I Love Indonesia


Wilayah Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat, dikenal sebagai kampung metal. Itu karena banyak band beraliran metal di Ujung Berung. Berbagai prestasi telah ditorehkan band-band dari Ujung Berung. Sejumlah band yang rata-rata merupakan band indie ini pernah manggung di manca negara atau merilis album mereka di luar negeri.

Jasad Band lagu-lagunya sempat dirilis di Amerika oleh sebuah label di Amerika. Sedangkan Forgotten albumnya dirilis di Jerman dan Eropa Timur. Adapun Burgerkill pernah mendapat penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2004 dengan menyabet kategori Best Metal Production untuk albumnya ”Berkarat”. Album ketiga Burgerkill, ”Beyond Coma and Despair”, dinobatkan menjadi salah satu dari 150 album sepanjang masa di Indonesia versi majalah Rolling Stone.

Bagi yang tidak mengikuti dunia musik metal, mari kita berkenalan dengan band-band tersebut.
Quote:


Quote:


Quote:


Kalau disimak, band-band metal di Ujungberung rata-rata sudah eksis sejak belasan tahun. Selain bermain band, mereka juga bekerja sama membuka bisnis yang biasanya berlandaskan kepercayaan. Menurut Gustaf, seniman yang juga mengelola Commonroom Foundation, hal itu disebabkan karena hubungan antarpersonel band itu sudah terjalin sejak mereka masih remaja. ”Mereka punya semangat untuk maju bersama dengan teman masa kecil,” kata Gustaf.

Persahabatan Addy dengan teman-temannya di Forgotten juga terjalin semenjak mereka SMP dan SMA. Demikian juga dengan Ameng dan Abah dari Disinffected. Perusahaan sablon Melted Print yang dijalankan Ameng dan Abah semua karyawannya adalah teman-teman mereka.

Lapangan kerja yang dibuka Eben Burgerkill juga menampung teman-teman Eben di Ujungberung. Selain bermusik, Eben juga mengelola usaha sablon, dapur rekaman, studio musik, dan perusahaan periklanan.

Terlepas dari semua itu, mereka ingin membuktikan bahwa meski band-band beraliran metal, namun tidak sampai melanggar norma yang ada. Selama ini stereotipe band metal adalah biang keonaran. Malah, ada vokalis salah satu band dari Ujung Berung yang seorang wanita dan mengenakan jilbab yakni GUGAT Band.
Spoiler for Gugat:


Sumber 1, Sumber 2, dan ane tambahin sedikit biar gampang dicerna &enak diliat. emoticon-Malu (S)

Quote:
0
14.3K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.